Masyarakat modern seharusnya dipenuhi oleh orang-orang yang berpikiran terbuka dan senantiasa berkembang. Namun pada kenyataannya, banyak orang yang tidak terlalu menyukai dan belum bisa menerima perkembangan zaman. Sebut saja, masih banyak orang yang kolot di luar sana.

Orang-orang kolot semacam ini adalah orang-orang yang merasa masih berhak untuk mengatakan hal-hal seperti, “Astaga, gadis itu sudah berusia 30 tahun dan dia masih belum punya menikah” dan masih ada banyak hal lainnya. Orang senang sekali menghakimi tanpa menerima kemungkinan lain dan pemikiran lain. Mereka masih terjebak pada aturan zaman dahulu yang kini sudah tidak berlaku lagi.

Berikut adalah daftar hal-hal normal yang tidak perlu kamu khawatirkan : 

  1. Seorang Ibu dan Smartphone

Masyarakat masih mempercayai bahwa seorang ibu harus mengawasi anak selama 24 jam penuh dan tidak etis ketika Ibu memainkan smartphone saat sedang menjaga anak. Tapi, tunggu dulu… Hal ini sangat tergantung dengan situasi dan kondisi. 

Seorang Ibu tidak hanya bermain-main saja dengan smartphone, tetapi juga menggunakannya untuk berbagai tugas. Ibu yang bijaksana akan tahu betul kapan dia harus fokus menjaga buah hati dan kapan dia bisa multi-tasking mengerjakan hal lain dengan smartphone-nya

Dengan smartphone, seorang Ibu dapat memantau tugas anak di sekolah, membayar berbagai tagihan, membuat janji dengan dokter, mencari info-info kesehatan, memeriksa email pekerjaan, belanja, dan masih banyak lagi. Ini adalah hal yang sangat normal dan seorang ibu berhak menggunakan smartphone.

  1. Memakai pakaian bagus di rumah

Banyak orang terbiasa berdandan hanya untuk terlihat bagus di mata orang lain saat berada di luar rumah. Kemudian, ketika berada di rumah, orang akan mengenakan pakaian rumahan yang sudah usang, di mana pasangan mereka selalu melihatnya. Tentu pakaian rumahan sangat nyaman dan kamu tidak akan khawatir jika pakaian itu kotor saat memasak atau saat membersihkan kebun.

Tapi, tidak masalah kok jika kamu ingin tampil cantik di rumah. Apalagi ingin tampil cantik di depan pasangan kamu dan orang-orang yang kamu cintai. Terlebih, di masa pandemi ini, tidak banyak kesempatan untuk keluar rumah, kan? Kamu boleh berdandan dan menampilkan citra terbaikmu untuk diri kamu sendiri dan orang tercinta di rumah.

  1. Mempertahankan hak kamu sendiri

Kamu adalah seorang pribadi yang memiliki hak atas diri kamu sendiri. Kamu boleh menerapkan aturan-aturan dalam hidup kamu sendiri. Aturan inilah yang akan mengajarkan kepada orang lain tentang bagaimana mereka harus memperlakukan kamu.

Misalnya saja, kamu tidak suka kerja lembur karena itu melanggar kontrak yang ada, maka kamu bisa mempertahankan pendirian ini. Kerja lembur tanpa dibayar adalah pencurian waktu, dan jika kamu tidak mau, maka katakan tidak. Jangan melakukan hal yang terpaksa hanya karena kamu haus akan pujian. Tentu akan lebih baik menjadi orang yang haknya dihormati daripada menjadi orang yang sering dipuji karena kerja seperti kuda. 

  1. Tidak ingin orang datang ke rumah

Kamu berhak atas kenyamanan di tempat tinggal kamu. Jika kamu memang tidak sedang dalam mood untuk menerima tamu, maka kamu bisa menolak kedatangan tamu. Atau ketika saudara jauh tiba-tiba ingin menumpang, dan kamu merasa tidak nyaman, kamu bisa menolak dengan baik.

Tidak perlu berpura-pura untuk terlihat seperti malaikat tapi justru menyiksa diri sendiri. Jujurlah pada diri kamu sendiri dan juga kepada orang lain, supaya kamu bisa hidup tanpa beban yang tak berarti. Kamu memiliki hak atas kenyamanan diri kamu dan hal itu sepenuhnya normal. Tidak perlu merasa tidak enak hati hanya karena kamu jujur pada diri sendiri. 

  1. Tidak memedulikan standar kecantikan

Standar kecantikan seperti seorang wanita hendaknya bertubuh langsing dan berkulit putih mulus tanpa cela, adalah standar kuno yang sudah tidak relevan lagi di dunia modern. Jika kamu menolak standar kecantikan ini dan mulai menerima diri kamu apa adanya dan mencintai diri kamu, maka kamu telah menang melawan beauty standard yang kuno itu.  

Tidak perlu berkulit putih, berbadan langsing, dengan rambut panjang terurai bagai putri dongeng. Semua wanita itu cantik dan unik dengan caranya sendiri. Semuanya bisa menarik ketika mereka bersungguh-sungguh menjaga dan mencintai dirinya. 

Baca Juga :

9 Jenis Perubahan Bentuk Payudara yang Normal dan Berbahaya

Bosan Ke Pasangan Itu Normal, Yuk Atasi Dengan Cara Ini

Kok Jadi Gini Sih Setelah Facial? Yuk Cari Tahu Batasan Kondisi Normal Kulit Usai Melakukan Facial

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Aktivitas yang Sebaiknya Kamu Hindari Setelah Makan

Setiap orang memiliki rutinitas makan masing-masing. Ada yang