Rumah yang berantakan bisa membuat kita merasa stres. Banyaknya pernak-pernik di rak, koleksi kartu pos, banyak mug, baju bekas, bahkan kosmetik bisa memenuhi pikiran kita. Banyaknya barang-barang, apalagi barang yang berantakan, akan memaksa indra visual, sentuhan, dan indra lainnya untuk terus bekerja, hingga tidak ada waktu untuk beristirahat.

Jika kamu mendambakan kenyamanan di rumah kamu, kamu bisa mulai memilah dan membuang barang-barang berikut ini :

  • Kabel bekas
Terjual Kabel Bekas | KASKUS

Dewasa ini, setiap rumah cenderung memiliki banyak gadget. Bertambahnya gadget juga membuat kabel-kabel charger atau headset menjadi semakin banyak.  Seiring berjalannya waktu, kita biasanya tidak menyingkirkan kabel-kabel yang sudah tidak digunakan. Mungkin kamu berpikir dan berharap kabel tersebut akan berguna di masa depan, padahal nyatanya tidak! Kabel-kabel bekas hanya akan menumpuk di laci atau terurai di lantai begitu saja. Lebih baik kamu pilah mana yang benar-benar kamu gunakan sehari-hari dan buang yang sudah tidak digunakan.

  • Kosmetik Kadaluwarsa

Kosmetik-kosmetik lawas, biasanya masih tersimpan di rak atau di meja rias. Mungkin botol-botol kosmetik yang masih sisa sedikit tetapi sudah kadaluwarsa, masih ada di meja rias kamu. Entah kamu lupa membuangnya, atau kamu merasa sayang untuk dibuang. Sebaiknya urungkan niat kamu untuk menyimpan botol-botol yang sudah tidak kamu pakai dan segera buang supaya tidak memenuhi meja rias kamu.

  • Majalah, buku, bukti transfer, dan kupon-kupon lama
Majalah Bekas di Lapak Plaza Official Store | Bukalapak

Semua produk kertas yang tidak perlu  hanya akan mengacaukan rumah kita. Kecuali jika kertas itu adalah tanda terima penting yang mungkin kamu perlukan datanya, sebaiknya kamu menjual atau mendaur ulang sampah kertas di rumah kamu. Pisahkan dokumen penting dari sampah-sampah, kemudian simpan di tempat yang aman. Sisanya bisa kamu jual atau kamu daur ulang.

  • Stok alat tulis dan perlengkapan kantor

Pulpen, spidol, penggaris, sticky notes, selotip, kalkulator, kamu mungkin masih menyimpan barang-barang itu di rumah. Entah itu barang yang kamu beli sendiri, atau barang hadiah yang kamu terima. Kamu menyimpan semua itu dengan harapan kamu akan menggunakannya nanti. Jika kamu memiliki hal-hal tersebut dan kamu belum menggunakannya selama lebih dari satu tahun, maka lebih baik kamu berikan kepada orang yang lebih membutuhkan atau kamu sumbangkan, daripada kamu simpan dan memenuh rumah.

  • Pakaian dalam lama

Jika bra atau pakaian dalam kamu sudah terlalu sempit atau sudah kehilangan bentuk dan elastisitasnya, kamu tidak boleh menyimpannya. Hal yang sama berlaku untuk pakaian apa pun yang kamu punya. Tidak peduli apakah pakaian kamu masih bagus atau tidak, tapi jika kamu sudah tidak menggunakannya, sebaiknya kamu segera menyingkirkan pakaian tersebut dari lemari kamu. Kamu bisa menyumbangkan pakaian yang masih bagus ke panti asuhan atau korban bencana alam.

  • Bumbu rempah yang sudah lama
Amankah Pakai Rempah/Dedaunan Aromatik Kering Yang Sudah Lama Disimpan?

Rempah-rempah memiliki masa kadaluwarsa sekitar 2 – 3 tahun. Jadi, membersihkan laci bumbu adalah suatu hal yang harus kamu lakukan. Kamu juga dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengatur bumbu kamu dalam toples yang bagus, sembari  menuliskan nama dan tanggal pembelian di masing-masing toples. Hal ini juga berlaku untuk berbagai stok makanan dan bumbu yang ada di dalam kulkas. Kamu perlu membuang bumbu-bumbu dan stok makanan yang sudah lama.

  • Mug dan alat makan yang terlalu banyak

Mug adalah hadiah yang cukup populer beberapa tahun lalu, bahkan sampai sekarang mug dan alat makan masih menjadi souvenir yang populer. Seiring waktu, secara tidak sadar kamu mungkin akan menyimpan banyak sekali alat makan. Faktanya, begitu banyak alat makan yang bahkan tidak kamu gunakan sehari-hari. Alat makan hanya menjadi koleksi yang memenuhi rumah kamu.  Mungkin kamu bisa mulai memilahnya dan menyumbangkan yang masih bagus kepada orang yang lebih membutuhkan.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/awas-jangan-sampai-kamu-membuang-barang-barang-ini-ke-dalam-toilet/

https://www.tampilcantik.com/jangan-berburuk-sangka-mungkin-ini-alasan-mengapa-kekasihmu-masih-menyimpan-barang-pemberian-sang-mantan/

https://www.tampilcantik.com/8-tips-bersih-bersih-rumah-anti-capek/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Kebiasaan Ayah yang Tanpa Sadar Dapat Menghancurkan Putranya

Sebagai orang tua, kita cenderung percaya bahwa kita