Menjadi seorang ibu untuk pertama kalinya, akan membangkitkan banyak emosi, termasuk perasaan cinta tanpa syarat untuk bayi kamu. Menyandang status sebagai seorang ibu sama sekali bukan pekerjaan yang mudah, dan ada hal-hal yang dapat membuat kamu kewalahan. Berikut adalah beberapa hal tak terduga yang mungkin akan kamu alami selama perjalanan kamu menjadi seorang ibu :

  • Proses menyusui tidak selalu datang secara alami

Meskipun tampaknya kegiatan menyusui adalah salah satu hal yang paling alami, banyak wanita tidak memenuhi harapan mereka dalam hal menyusui. Pada kenyataannya, kamu dapat mengalami masa-masa sulit dalam keseluruhan proses. Mungkin sebagian wanita mengalami kekurangan susu atau mengalami kondisi seperti mastitis yang dapat mengganggu proses menyusui.

  • Kamu tidak akan lagi memedulikan penampilan

Sebelum memiliki anak, mungkin kamu tidak akan membayangkan bahwa kamu tidak keberatan ketika ada muntahan seseorang di pakaian kamu. Sebelum menjadi seorang ibu, mungkin kamu bahkan tidak suka jika ada yang mengusik ketenanganmu saat menikmati secangkir kopi, atau ada yang mengganggu kamu saat sedang mengerjakan tugas penting. Kamu juga mungkin tipe orang yang selalu menjaga penampilan dan tidak bisa keluar rumah tanpa make up. Tapi ketika kamu mulai menjadi seorang ibu, semua itu akan berubah. Meskipun mungkin, semua kegiatan tadi akan kembali normal segera setelah anak kamu cukup besar. Mungkin…

  • Kamu akan terus mengatakan “tidak”, saat orang lain mengatakan “ya”

Suka atau tidak, kamu akan menjadi orang yang paling tegas dalam kehidupan anak kamu. Setiap orang yang mengagumi anak kamu yang imut dan menggemaskan mungkin akan memanjakan anak kamu dengan membiarkannya melakukan apa pun yang ia inginkan. Tapi di sisi lain, kamu akan memegang kendali atas itu dan melarang anak kamu untuk melakukan sesuatu.

  • Orang lain akan berkomentar tentang segala hal yang kamu lakukan

Segera setelah kamu menjadi ibu, kamu akan menyadari bahwa tidak ada yang akan membuat kamu marah lebih dari hal ini. Semua orang di sekitar kamu, mulai dari ibu, sepupu, mertua, teman, tetangga dan bahkan orang asing tidak akan pernah melewatkan kesempatan untuk memberi kamu nasihat.

Semua orang akan berkomentar dan menasihati kamu tentang apa saja. Mulai dari cara kamu mendandani anak kamu, apa yang kamu berikan kepada anak kamu, bagaimana kamu mengganti popok, bagaimana kamu menggendong anak kamu, dll. Semuanya akan dikomentari dan dikritik hingga kamu mungkin akan muak dengan nasihat mereka.

Tentu saja tidak ada yang menyukai nasihat yang tidak diminta. Menjadi seorang ibu bisa membuat kamu makin membenci nasihat-nasihat itu, karena kamu tahu, tidak ada yang lebih memahami kebutuhan anak kamu daripada kamu. Hei! Kamu telah mengandung anak kamu di dalam perut kamu sendiri selama 9 bulan!

  • Kamu akan menekan diri kamu sendiri
Tanda-tanda Seseorang Terlalu Keras Terhadap Dirinya Sendiri - Lifestyle  Fimela.com

Rasa bersalah ibu adalah sesuatu yang sangat nyata dan kamu memahaminya segera setelah si kecil lahir. Kamu ingin menjadi sempurna dalam semua hal, dan jika sesuatu tidak berjalan semulus yang kamu rencanakan, itu dapat membuat kamu merasa tertekan dan merasa bersalah. Ingatlah, di dalam hidup ini ada hari baik dan ada hari buruk. Lebih baik untuk tidak membebani diri sendiri, tetapi menikmati setiap momen yang ada di depan kamu.

  • Pernikahan kamu akan berubah

Ada momen di mana kamu akan membenci suami kamu karena ia tidur begitu nyenyak, padahal kamu harus bangun jam 4 pagi untuk memberi makan anak kamu, atau kamu harus bangun di tengah malam karena anak kamu tidak bisa tidur, dsb. Namun, di sisi lain para ibu juga mengatakan bahwa ketika kamu melihat suami kamu menjadi ayah yang perhatian untuk bayi kamu, ada perasaan haru dan bahagia yang akan menghapus rasa lelah kamu.  

Menjadi orang tua adalah tingkat hubungan yang benar-benar baru ketika kamu harus membesarkan anak bersama, dan itu mungkin membuat pernikahan kamu menjadi  lebih kuat. Hati kamu akan meleleh setiap kali kamu melihat suami kamu memeluk anak-anak.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/jangan-dibuang-ini-tips-menjadikan-baju-kekecilan-tetap-bisa-di-pakai/

https://www.tampilcantik.com/kulit-menjadi-hitam-karena-berlibur-yuk-atasi-dengan-beberapa-cara-ini/

https://www.tampilcantik.com/bayi-ini-menjadi-korban-bully-dan-respon-ibunya-sangat-luar-biasa/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Hal yang Tidak Perlu Dilakukan untuk Menyenangkan Orang Lain

Agar disukai dan diterima di mana pun berada,