Secara umum, orang-orang tidak pernah ragu untuk membuang produk makanan yang sudah busuk atau kadaluwarsa, karena semua orang tahu bahwa produk makanan kadaluwarsa dapat membahayakan kesehatan. Tapi nyatanya, tanpa kita sadari, rumah kita penuh dengan benda-benda lain yang sebenarnya harus segera dibuang. 

Berikut adalah daftar barang-barang yang yang harus dibuang namun masih saja banyak disimpan di rumah :

  • Maskara

Tahukah kamu? Produk riasan mata memiliki umur simpan terpendek. Saat maskara dioleskan, bakteri dari bulu mata akan berhamburan di sikat maskara, dan setiap kita gunakan, bakteri tersebut akan menjadi semakin banyak. Para ahli menyarankan untuk mengganti maskara setiap 3 bulan, sekali. Jika terlalu lama digunakan, maskara bisa memicu infeksi pada mata.

  • Foundation

Rata-rata, produk alas bedak atau foundation dapat digunakan selama sekitar 1 tahun, dan kita harus mempertimbangkan kondisi penyimpanan dan komposisi produk. Tetapi foundation dalam wadah yang seharusnya diaplikasikan dengan spons, atau bahkan dengan jari, bisa jadi tidak lagi layak pakai setelah 6 bulan. Hal ini terjadi karena saat kamu mengaplikasikannya dengan cara ini, kuman masuk ke dalam produk dan dapat menimbulkan jerawat dan masalah kulit lainnya.

  • Ikat rambut

Ikatan rambut kain dapat merusak rambut kamu jika kamu menggunakannya terlalu lama. Jika karet gelang sedikit meregang atau integritasnya rusak, bagian karet dapat terbuka, melekat pada rambut, dan rambut bisa patah.

  • Tisu basah

Tisu basah desinfektan umumnya dapat disimpan hingga satu tahun setelah dibuka, meskipun mungkin tergantung pada mereknya. Setelah itu, produk ini akan kehilangan sifat antibakterinya. Namun, jika tidak disimpan dengan benar, kamu harus membuangnya lebih awal. Bahan pengawet dalam produk ini akan rusak jika disimpan dalam kondisi yang terlalu panas atau terlalu dingin. Kamu juga perlu ingat, bahwa ada kalanya tisu terkontaminasi bakteri atau jamur.

  • Detergen

Detergen gel mempertahankan khasiatnya selama 6 bulan botol dibuka. Sedangkan detergen bubuk bisa bertahan lebih lama jika tidak terkena kelembapan. Kamu harus hati-hati dan harus selalu memperhatikan usia pakai detergen agar tidak teriritasi.

  • Spons pencuci piring

Spons busa dapat menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri dan jamur. Spons dengan serat kecil harus diganti lebih sering, sebaiknya kamu mengganti spons setiap 1 minggu sekali. Sedangkan spons dengan serat yang besar bisa diganti setiap 2 minggu sekali, karena spons berventilasi lebih baik dan lebih cepat kering.

  • Pakaian dalam

Coba perhatikan, berapa lama kamu menggunakan celana dalam yang sama. Kamu disarankan untuk membuang celana dalam setelah celana dalammu berlubang atau mengeluarkan bau. 

Mengapa? Karena ternyata, bakteri seperti E.coli, dapat tetap hidup bahkan pada celana dalam yang sudah dicuci sekalipun. Dalam kebanyakan kasus, hal ini tidak akan menyebabkan masalah kesehatan, tetapi tetap lebih higienis untuk memperbarui pakaian dalam kamu setidaknya 1  tahun sekali. 

Apakah kamu masih menyimpan produk-produk yang tidak lagi layak pakai? Segeralah membuangnya demi kesehatan dan kebersihan ya!

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/rumah-kamu-sesak-7-barang-ini-bisa-kamu-buang/

https://www.tampilcantik.com/7-cara-mengontrol-kandung-kemih-saat-tidak-ada-kamar-mandi-untuk-buang-air-kecil/

https://www.tampilcantik.com/ooh-ternyata-ini-penyebab-sulit-menahan-buang-air-usai-melahirkan/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jangan Taruh 6 Benda Ini Sembarangan Jika Tidak Ingin Tamu yang Datang Jadi Canggung

Ketika kita sudah akrab dengan seseorang, kita akan