Di seluruh dunia, orang memiliki cara mereka sendiri dalam melakukan sesuatu. Tidak mengherankan bahwa hal-hal tertentu yang biasanya tidak kamu perhatikan, bahkan hal-hal sederhana yang kamu lakukan saat pergi ke restoran atau berbelanja, dapat dianggap aneh di negara lain. Bahkan, beberapa hal yang kamu anggap menyinggung, seperti berteriak atau mengamuk di depan umum, mungkin dianggap sopan atau normal di negara lain.

Berikut adalah kebiasaan unik dari berbagai negara yang mungkin belum kamu ketahui :

  • Memberi Tip 

Memberikan tip kepada pekerja layanan, seperti pelayan restoran, sopir taksi, penata rambut di salon, dsb., bisa terkesan dermawan tapi bisa juga terkesan menghina. Semua itu tergantung di mana kamu berada.

Di Barat, umumnya, kamu diharapkan memberi tip. Seorang pekerja layanan bahkan mungkin tersinggung jika mereka percaya bahwa mereka diberi terlalu sedikit dan banyak tempat bahkan memberlakukan tip pada pesta besar. Tapi, pekerja di makanan cepat saji biasanya merupakan pengecualian dari aturan ini dan bahkan mungkin dihukum karena menerima tip. Di banyak negara Eropa, biaya layanan sudah ditambahkan ke tagihan kamu, tetapi tip tambahan terkadang diharapkan juga. 

Di Asia, seperti Korea Selatan, Cina, atau Jepang, memberi tip tidaklah umum, bahkan dapat dianggap menghina pekerja, dan harus dihindari. Konon, beberapa negara tersebut mungkin menyiasatinya dengan mengenakan biaya jasa sebelum pekerjaan dilakukan.

  • Berbagi meja di Restoran

Di Barat, duduk di meja dengan kursi gratis saat keluarga sudah berada di sana akan dianggap tidak sopan, dan meskipun ada beberapa restoran yang memiliki meja bersama, hal itu sering dianggap sebagai pelanggaran privasi. 

Di Jepang, bagaimanapun, menempatkan orang asing di meja yang sama sering dilakukan di restoran yang sibuk dan dipandang sebagai cara yang efisien untuk menyajikan makanan untuk pelanggan secepat mungkin.

  • Ciuman di pipi

Di negara-negara Amerika Latin, sering kali ciuman di pipi merupakan sapaan antara teman lawan jenis atau antara dua orang wanita. Pria yang mencium teman pria di pipi sebagai sapaan, biasanya dianggap tidak pantas.

Di beberapa negara Timur Tengah, Afrika Utara, Israel dan Mesir, pria yang mencium teman pria adalah sapaan yang umum, tetapi pria dan wanita yang berciuman di depan umum justru dianggap tidak pantas dan bahkan dapat melanggar hukum. Ada beberapa pengecualian, seperti Lebanon dan Tunisia, di mana pria yang mencium teman wanita dianggap sebagai “persaudaraan”.

Di Eropa Selatan, ini sering kali merupakan sapaan antar teman. Apakah ada hal yang tabu menurut jenis kelamin tergantung pada negaranya. Pria akan mencium teman pria di Italia dan Prancis, tetapi hanya mencium teman wanita di Spanyol atau Portugal.

Di negara-negara Asia Timur, berciuman di depan umum dianggap tidak pantas. Beberapa pengecualian di mana ciuman pipi biasa terjadi termasuk di Filipina, Timor Leste, dan sebagian wilayah Indonesia.

  • Berbagi peralatan makan

Beberapa negara, seperti Korea Utara dan Korea Selatan, memiliki semacam budaya berbagi. Saat makan di luar bersama teman, sering kali ada hidangan besar yang dibagikan semua orang di meja dan orang-orang bahkan mungkin menggunakan peralatan yang sama untuk berbagi makanan. Mereka biasa menyuapi teman dengan alat makan mereka. Sebaliknya, di Barat, berbagi peralatan makan bisa dianggap mencelupkan dua kali dan dianggap najis, bahkan untuk keluarga sekalipun.

  • Berteriak

Di China, berteriak di depan umum adalah hal yang normal. Misalnya, saat kamu pergi makan, berteriak kepada pelayan dianggap sebagai cara untuk menarik perhatian mereka, karena bagaimanapun juga kamu tidak dapat mengharapkan pelayan membaca pikiran kamu dan mengetahui apa yang kamu inginkan. 

Di Barat, bagaimanapun, ini dianggap tidak sopan dan tidak menghormati karyawan. Orang biasanya hanya menunggu pelayan mereka datang ke meja mereka.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/7-kebiasaan-baik-yang-harus-dilakukan-untuk-kulit-cantik-dan-sehat/

https://www.tampilcantik.com/6-kebiasaan-makan-yang-membuat-wanita-jepang-tetap-langsing/

https://www.tampilcantik.com/inilah-5-cara-jitu-menghentikan-kebiasaan-buruk/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Menurut Para Chef, 6 Hal Ini Bisa Membedakan Restoran Baik dan Buruk

Makan di rumah memang paling hemat dan nikmat,