Percayalah, setiap kebiasaan buruk itu bisa dihentikan dan dihilangkan dari hidup kamu. bisa dihilangkan, kata psikolog.  Mungkin kamu berpikir dan bertanya-tanya, “Ya, ngomong sih gampang, tapi susah dijalani!”. Nah, berikut ini ada 6 cara mudah yang akan membantu kamu untuk pelan-pelan menghentikan kebiasaan burukmu :

  • Langkah pertama adalah jujur pada diri sendiri

Sebelum kamu menghentikan kebiasaan buruk, kamu harus tahu dulu apa kebiasaan buruk kamu. Semakin kamu jujur ​​ dengan diri sendiri tentang kebiasaan buruk kamu, semakin besar kemungkinan kamu akan mengubahnya. Orang-orang terdekat kamu yang peduli padamu bisa menjadi cermin yang kana memberi tahu kamu apakah kamu memiliki masalah (kebiasaan buruk) atau tidak. 

Jika seseorang terus-menerus mengatakan bahwa kamu memiliki kebiasaan buruk seperti selalu menjulurkan kepala, selalu menatap sinis, atau selalu berbicara dengan ketus, maka mungkin itu pertanda kamu memang memiliki kebiasaan buruk.

  • Langkah kedua, tuliskan kebiasaan buruk kamu di dalam buku catatan
9 Cara Hentikan Kebiasaan Buruk Supaya Hidup Semakin Produktif

Seorang psikolog klinis menyarankan untuk menganalisis sendiri kebiasaan buruk kamu. Bagaimana caranya? Kamu cukup menyiapkan buku catatan dan sebuah pulpen. Tuliskan semua kebiasaan buruk kamu di dalam buku catatan. Misalnya, kamu mungkin memiliki kebiasaan meretakkan jari atau menggigit kuku.  Nah, mulailah membuat catatan saat kamu melakukannya, mengidentifikasi hal-hal seperti perasaan yang kamu rasakan ketika mulai melakukannya, serta pro dan kontra dari kebiasaan tersebut.  Dengan cara ini, kamu bisa menjadi lebih sadar akan kebiasaan buruk kamu.

  • Langkah ketika, coba manipulasi kebiasaan buruk kamu

Bagaimana cara memanipulasinya? Misalnya, kamu mungkin menyadari bahwa kamu memiliki kebiasaan buruk yaitu selalu datang terlambat.  Nah, setelah dilakukan analisis melalui proses pencatatan (Langkah No. 2) kamu mendapatkan data bahwa kamu menyukai perhatian saat kamu menjadi orang terakhir yang datang dan kamu menikmati perhatian itu. Sederhananya, kebiasaan buruk ini bisa memberi kamu adrenalin dan membuat hidup kamu terasa seperti petualangan.

Jika ini yang terjadi, sekarang cobalah untuk mendapatkan kepuasan yang sama dari sesuatu yang lain, sesuatu yang baik, sesuatu yang sehat.  Sesuatu itu bisa dalam bentuk latihan fisik, misalnya.  Temukan saja sesuatu yang menyenangkan yang dapat membawa emosi yang sama ke dalam hidup kamu dan tinggalkan kebiasaan buruk untuk datang terlambat.  

  • Bersikaplah realistis dan jangan terburu-buru

Ada kemungkinan bahwa kamu telah hidup dengan kebiasaan buruk kamu selama bertahun-tahun.  Lebih baik kamu berpikir realistis dan tidak menuntut terlalu banyak dari diri kamu. Semua perubahan memerlukan proses. Sadarilah hal itu. Jangan membuat diri kamu menjadi stres, tetapi nikmati prosesnya.  Tetapkan tujuan yang masuk akal. Jika kamu selalu terlambat dan sering terlambat 30 menit, pertama-tama tetapkan tujuan untuk setidaknya terlambat 10 menit.  Kemudian, secara perlahan kurangi dan kurangi sampai kamu tidak terlambat lagi.

  • Langkah terakhir, cari dukungan tambahan

Hubungi anggota keluarga, teman, atau bahkan klub khusus untuk mendapatkan dukungan tambahan.  Misalnya, jika kamu ingin menurunkan berat badan, kamu bisa menurunkan berat badan bersama-sama dengan teman agar semakin termotivasi.  Buatlah kesepakatan bahwa kamu akan saling mendukung dan saling mengingatkan.  

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/awas-ini-berbagai-kebiasaan-buruk-yang-mengancam-gol-kebugaran-yang-kamu-targetkan/

https://www.tampilcantik.com/hindari-kebiasaan-buruk-ini-untuk-menjaga-kadar-kolesterol-kamu/

https://www.tampilcantik.com/tips-mempertahankan-warna-rambut-dan-kebiasaan-buruk-yang-dapat-merusaknya/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Jenis Tata Krama yang Wajib Diketahui Para Wanita Sejati

Tata krama atau aturan etiket bisa berbeda di