Jika kamu bertanya-tanya mengapa nampaknya gol kebugaran yang kamu targetkan seolah semakin lama semakin susah dicapai, mungkin bahkan tak ada hubungannya dengan seberapa keras kamu berusaha mengangkat beban atau seberapa lama kamu berlari. Ternyata, bisa jadi sealama ini penyebabnya adalah kebiasaan buruk terkait kebugaran yang malah mengancam gol kebugaran yang kamu milik.

Apa saja kebiasaan buruk tersebut dan bagaimana pengaruhnya dengan berbagai gol kebugaran yang sudah kamu targetkan?

Olahraga waktu perut kosong

Banyak ahli yang merekomendasikan agar kamu mengisi perutmu dan tubuhmu dulu sebelum kamu mulai olahraga. Dan, ini bukannya tanpa alasan ketika kamu ingin meraih berbagai gol kebugaranmu. Sebenarnya, berdasarkan salah satu ahli kebugaran, melakukan kardio ketika perutmu masih kosong pada pagi hari bisa berdampak buruk maupun baik bagi tubuhmu. Namun, yang jelas, pola latihan ini tidak bisa berkelanjutan.

Karena itu, sebelumnya, coba kamu mengisi glukosa dulu sebelum olahraga. Ini karena ketika gula darahmu rendah, tubuhmu akan mengekstrak glikogen dari jaringan otot ketika caddangan glikogen yang tersedianya sudah habis. Dan apa artinya ini? Artinya, jika kamu kurang glukosa, maka kamu bisa-bisa malah mengalami penyusutan otot, bukannya malah jad berotot.  Selain itu, gula darah rendah juga bisa menyebabkan kamu pening dan lemah saat berolahraga. Jadi, makan saja pisang, beri-berian, atau yogurt rendah lemak 45 menit sebelum berolahraga.

Terlalu banyak Kardio

Kardio bisa membakar banyak sekali kalori, namun terlalu banyak melakukannya bisa meminimalsir kekuatan, membuat ototmu jadi lemah, dan bahkan membuatmu berada pada stagnansi penurunan lemak, yang memuat gol kebugaran jadi tak tercapai. Dan tentu saja, kalau kamu sedang diet ketat tetapi mengkombinasikannya dengan overdosis latihan kardio, maka ototmu yang bisa menderiita dan akhirnya akan menysut. Karena itu, fokuslah sebaiknya pada latihan beban dan pertmbangkan untuk memperbaiki kebiasaanmu dalam makan. Tak ada latihan yang sukses tanpa diet sehat.

Kelaparan atau makan makanan yang salah

Banyak orang yang berpikir bahwa tidak makan bisa membantu mereka mengalami penurunan berat badan, namun ini jauh dari kenyataan. Kamu akan harus butuh makan setiap kali habis berolahraga, karena itu, kamu butuh makan dengan benar. Jika tidak, maka tubuhmu akan memecahkan otot menjadi asam amino untuk diubah jadi glukosa. Selain itu, hentikan pula mengonsumsi makanan yang berbahaya seperti makanan terproses atau yang terlalu banyak diolah, konsumsi karbohidrat, protein, dan lemak sehat dengan jumlah yang seimbang.

Kurang tidur

Tidur yang cukup membantu otot-ototmu jadi sembuh. Tanpa tidur cukup, kamu tak bisa berolahraga pada intensitas penuh dan pada akhirnya tak bisa meraih gol kebugaran yang kamu target dulu. Untuk menangani ini, tidurlah 7-9 jam sehari.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Pentingnya Memeluk Anak Secara Teratur

Sudahkah kamu memeluk anak kamu hari ini? Tentu