Apakah kamu suka minum susu? Kapan kamu biasa minum susu? Apakah kamu biasa minum susu di pagi hari? Atau kamu lebih suka minum susu di malam hari? Nah, kabar baik bagi kamu, ternyata minum susu di malam hari sebelum tidur dapat membawa banyak manfaat kesehatan, loh.

Susu merupakan produk makanan yang kaya akan nutrisi yang sangat baik dan sehat untuk tulang kamu. Susu akan memiliki lebih banyak manfaat jika kamu mengonsumsinya sebelum tidur.  Susu akan membantu kamu tidur lebih cepat, membuat kamu tidur nyenyak tanpa terbangun di tengah malam, dan bahkan membantu proses penurunan berat badan! Menarik, bukan?

Berikut adalah daftar manfaat mengonsumsi susu sebelum tidur :

  • Susu memiliki senyawa yang dapat meningkatkan kualitas tidur

Beberapa penelitian pada manusia dan hewan menunjukkan bahwa minum susu dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak.  Susu mengandung triptofan dan melatonin, yang dapat membantu kamu tidur lebih mudah dan lebih cepat dari biasanya.  Triptofan memiliki peran penting dalam memproduksi serotonin, yang mampu meningkatkan suasana hati kamu, membantu kamu rileks, dan juga bertindak sebagai pendahulu dari melatonin.

Melatonin akan membantu mengatur ritme sirkadian kamu dan mempersiapkan kamu untuk tidur. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen melatonin dan triptofan dapat mengurangi kecemasan dan depresi yang umumnya bisa memburuk di malam hari.

  • Susu adalah sumber protein yang baik bagi tubuh

Jika kamu makan malam terlalu awal (makan di sore hari), kamu mungkin akan mengalami masalah tidur sepanjang malam.  Jika kamu tidak ingin bangun di tengah malam karena perut kamu keroncongan, cobalah untuk minum susu sebelum tidur. Ini akan membantu kamu tidur lebih nyenyak.

  • Terdapat aspek psikologis ketika kamu minum susu sebelum tidur

Sampai batas tertentu, meminum susu sebelum tidur dapat membantu kamu tertidur karena ini merupakan ritual malam hari yang membantu kamu rileks.  Teori lain adalah susu hangat dapat mengingatkan kamu tentang kenangan masa kecil saat kamu minum susu sebelum tidur. Kenangan minum susu sebelum tidur dapat mengembalikan memori indah dan memiliki efek menenangkan. Inilah yang membuat kamu bisa lebih cepat tidur setelah meminum susu.

  • Minum susu sebelum tidur dapat membantu kamu menurunkan berat badan

Jika kamu menjadikan minum susu sebagai ritual untuk membantu kamu tertidur di malam hari dan ternyata berhasil, maka kamu juga bisa mendapat manfaat lainnya. Minum susu sebelum tidur dapat membantu kamu menurunkan berat badan, loh. Kok bisa?

Tahukah kamu? Kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan penambahan berat badan. Oleh karena itu, meningkatkan kualitas tidur dapat membantu kamu kembali ke berat badan normal. Karena susu juga dikemas dengan protein yang bergizi, maka susu akan menjadi pengganti supaya kamu tidak ngemil larut malam. Tentu saja makan besar atau ngemil larut malam akan memicu kenaikan berat badan.

  • Susu dapat meningkatkan massa otot tanpa lemak

Susu mengandung protein yang disebut kasein dan whey. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kasein dan protein whey di malam hari dapat meningkatkan sintesis protein otot dalam semalam.

Meskipun minum susu kaya akan manfaat, namun kamu tetap perlu waspada. Bisa jadi tubuh kamu tidak toleran terhadap laktosa tanpa kamu menyadarinya. Beberapa gejala yang menunjukkan bahwa tubuh kamu tidak toleran terhadap laktosa adalah kamu mengalami kembung dan bahkan kram setelah meminum susu.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/manfaat-menakjubkan-minum-susu-hangat-dengan-kayu-manis/

https://www.tampilcantik.com/manfaat-mengejutkan-minum-susu-kunyit-setiap-hari/

https://www.tampilcantik.com/sudah-konsumsi-segelas-susu-hari-ini-berikut-manfaatnya-jika-kamu-rutin-minum-susu/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Jenis Tata Krama yang Wajib Diketahui Para Wanita Sejati

Tata krama atau aturan etiket bisa berbeda di