Tahukah kamu? Pewarna rambut mengandung lebih dari 5.000 bahan kimia untuk memungkinkan kamu mencapai hasil yang sempurna. Mewarnai adalah proses invasif dan bertentangan dengan sifat rambut kamu, yang berarti kamu harus ekstra hati-hati sebelum mewarnai rambut, selama mewarnai rambut, dan setelah kamu mewarnai rambut. Warna-warna terang seperti platinum atau warna pastel mungkin terlihat bagus untuk kamu tetapi proses untuk membuatnya hingga bagaimana menjaga rambut kamu tetap sehat, adalah perkara yang tidak mudah.  

Berikut adalah 5 Hal yang dapat membantu kamu mempertahankan warna rambut impian agar tetap awet dalam waktu yang lama :

  • Setelah mewarnai rambut kamu, tunda keramas selama yang kamu bisa

Setelah mewarnai rambut kamu, ada baiknya mencoba menunggu setidaknya 2 hari sebelum kamu keramas untuk pertama kali. Mengapa demikian? Ini karena rambut masih sangat sensitif setelah proses pewarnaan dan jika kamu mencucinya, warna rambut kamu bisa memudar lebih cepat.

  • Gunakan masker rambut yang tepat

Jangan lupa untuk mengenakan masker rambut atau hair mask. Masker rambut akan membantu memperkuat dan memelihara rambut kamu dan mempersiapkannya supaya siap dan sehat jika kamu harus mewarnainya lagi di masa depan.

  • Gunakan perlindungan UV dan jauhkan rambut kamu dari sinar matahari

Gunakan produk perlindungan UV karena matahari dapat menjadi musuh terburuk kamu dan panas dapat membuat warna kamu hilang lebih cepat. Kamu bisa menggunakan topi ketika beraktivitas di luar ruang.

  • Bilas rambut kamu dengan air dingin

Membilas rambut dengan air dingin akan membuatnya tetap sehat dan berkilau. Mencucinya dengan air panas justru akan membuka kutikula rambut kamu, membuat rambut kering dan membuat warna pudar. Jadi usahakan untuk selalu mencuci rambut dengan air dingin.

  • Gunakan sampo kering untuk menghindari keramas

Setelah kamu mewarnai rambut, kamu sebaiknya tidak sering-sering keramas. Jika kamu terlalu sering keramas, maka kamu akan memudarkan warna rambut kamu. Kamu mungkin bisa melihat warna rambut keluar di air saat kamu mencucinya. Daripada keramas, kamu bisa menggunakan sampo kering yang aman untuk warna rambut karena akan membantu menjaga rambut kamu tetap bagus dan berkilau.

Berikut adalah kebiasaan yang dapat merusak atau memudarkan warna rambut cantik kamu, sebaiknya kamu hindari hal-hal berikut ini :

  • Malas menggunakan kondisioner

Kondisioner adalah suatu keharusan setelah kamu mewarnai rambut. Mengapa? Itu karena kunci kamu kehilangan banyak kelembaban selama proses pewarnaan. Jika kamu tidak menggunakan kondisioner, rambut kamu akan menjadi kering dan kehilangan kilau dan warnanya.

  • Sering styling rambut

Jika kamu sudah mewarnai rambut kamu dan kamu masih ingin meluruskannya  dengan alat penata panas… itu bukanlah kombinasi yang baik. Alat yang dipanaskan akan membuat warna rambut kamu memudar. Bahkan hanya perlu 5 detik penggunaan alat dan kamu dapat melihat perubahan warna pada rambut. Hal ini terjadi karena suhu tinggi seperti itu langsung memengaruhi warna kamu dan dapat menurunkan rambut kamu menjadi warna yang lebih terang.

  • Berenang di kolam renang yang mengandung klorin

Pewarna rambut dibuat dengan banyak sekali bahan kimia sehingga mereka dapat  bereaksi dengan bahan kimia lain seperti klorin yang ada di kolam renang. Klorin dapat bekerja sebagai zat pemutih dan membuat warna kamu berubah menjadi warna yang lebih terang, dan akhirnya, warna rambut kamu akan memudar.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/8-tips-dan-trik-mewarnai-rambut-di-rumah/

https://www.tampilcantik.com/suka-mewarnai-rambut-ternyata-ini-hal-penting-yang-wajib-diketahui-setelah-rambut-diwarnai/

https://www.tampilcantik.com/perawatan-yang-perlu-kamu-lakukan-setelah-mewarnai-rambut-kamu-supaya-tidak-patah-dan-kering/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Rambut Halus pada Wajah

Apakah kamu pernah merasa tidak nyaman dengan tumbuhnya