Pernahkah kamu merasa rumah kamu penuh sesak seperti tidak ada ruang lagi untuk barang baru? Nah, itu mungkin pertanda bahwa selama ini kamu menyimpan banyak sampah di dalam rumah. Sampah-sampah tersebut adalah barang yang sudah tidak berharga dan sudah tidak berguna yang masih berserakan di dalam rumah. Barang-barang ini bisa menghuni dan memenuhi rumah kamu selama bertahun-tahun jika kamu tidak segera menyingkirkannya.

Berikut adalah daftar barang-barang tidak berguna yang seharusnya kamu buang dari rumah kamu :

  1. Barang yang kedaluwarsa

Periksa kulkas kamu, meja rias, dan tempat-tempat di mana kamu menyimpan barang-barang lama. Bahan makanan, obat-obatan, kosmetik, detergen, dan barang lain yang sudah kadaluwarsa harus segera kamu pisahkan dan kamu buang. Tentu kamu tidak ingin mengonsumsi barang yang sudah lewat tanggal kadaluwarsanya, bukan?

  1. Seprai dan handuk tua

Seprai tempat tidur tidak hanya mempengaruhi desain interior kamar tidur, tetapi juga memengaruhi kualitas tidur kamu. Kamu mungkin sudah terbiasa dengan seprai kamu saat ini, tetapi kamu harus perhatikan. Jika sudah pudar atau jika memiliki beberapa lubang, inilah saatnya untuk membuang seprai dan menggantinya dengan yang baru.  Hal ini berlaku juga untuk handuk kamu.

  1. Barang yang pasangannya sudah hilang
5 Cara Menemukan Barang yang Hilang Paling Efektif. Cari di Sini!

Tidak peduli apakah itu adalah sepatu favorit, kaos kaki favorit, sarung tangan favorit atau apa pun, jika pasangannya sudah hilang dan tidak memungkinkan untuk digunakan lagi, kamu perlu membuangnya. Jika kamu memiliki alternatif untuk menggunakan barang tersebut, maka kamu masih bisa menyimpannya.

  1. Kartu-kartu yang sudah tidak berguna

Entah itu kartu ATM lama, kartu pengenal lama, kartu nama, atau bahkan kupon-kupon yang kamu dapat dari toko, jika sudah tidak terpakai, kamu bisa membuangnya. Jangan sampai kartu tidak berguna memenuhi meja kerja kamu, memenuhi dompet atau rak pernak-pernik. 

  1. Pakaian dalam lama

Meskipun kamu satu-satunya orang yang mungkin akan melihat pakaian dalam kamu, jangan kenakan pakaian dalam lama. Bra dan celana dalam biasa hanya berlaku untuk 6 bulan hingga 1 tahun. Setelah lebih dari 1 tahun, pakaian dalam akan kehilangan kualitasnya dan sudah tidak layak untuk dipakai lagi.

  1. Kotak kosong

Agak sulit untuk menjelaskan mengapa banyak dari kita masih menyimpan kotak yang di dalam rumah. Entah itu kotak kardus bekas TV, kulkas, atau barang-barang yang dibeli online. Sebaiknya, kamu kumpulkan kotak-kotak ini dan kamu buang ke tempat sampah. Jangan membuat rumah kamu penuh sesak dengan kotak kosong yang tidak berguna.  

  1. Baju dan sepatu yang sudah tidak perlu

Style setiap orang bisa selalu berkembang dan ukuran tubuh pun berubah-ubah seiring berjalannya waktu. Mungkin kamu dulu suka rok mini atau celana-celana super pendek untuk hangout, dan sekarang kamu sudah lebih berumur dan style kamu sudah berubah. Nah, inilah saatnya untuk memisahkan pakaian yang sudah bukan style kamu, dan menyingkirkannya dari lemari. Saya dulu suka memakai rok pendek dan gaun. Kamu bisa menjual pakaian yang masih bagus.

  1. Kabel dan casing handphone lama

Setiap ganti handphone, kamu pasti akan menyisakan sampah-sampah aksesoris dari handphone lama kamu. Entah itu kabel data, charger, casing, dan aksesoris lainnya. Kamu mungkin berpikir mungkin barang-barang itu akan berguna di kemudian hari. Tapi, jika kamu tidak juga menggunakannya dalam jangka waktu 1 tahun, maka kamu bisa membuang barang itu.

Baca Juga :

7 Barang yang Harus Dibuang Tapi Masih Banyak Digunakan Orang

Rumah Kamu Sesak? 7 Barang Ini Bisa Kamu Buang!

Jangan Memencet Jerawat Sembarangan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Tips Untuk Menjaga Agar Makanan Tetap Segar Lebih Lama

Semua orang menginginkan makanan terbaik yang masih segar