Tahukah kamu bahwa para selebriti Hollywood seperti Kim Kardashian dan Anna Wintour memiliki kebiasaan yang sama? Ya, mereka memiliki kebiasaan tidur lebih awal. Mereka selalu tidur sekitar pukul 10 malam. Bagaimana dengan kamu? Pukul berapa kamu biasa tidur di malam hari?

Jika kamu sering begadang, kamu akan kehilangan berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu tidur lebih awal, loh. Tidur lebih awal saat malam hari akan memberikan efek positif bagi tubuh dan pikiran kamu. Itulah mengapa banyak selebriti yang membiasakan diri untuk tidak begadang di malam hari. 

Berikut adalah berbagai manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu tidur lebih awal :

  1. Kamu mendapatkan hasil istirahat yang maksimal

Istirahat saat tidur dibagi menjadi 90 menit siklus tidur berat dan ringan, kemudian tidur dalam dengan gerakan mata non-cepat (non-REM) hingga tidur dengan gerakan mata cepat (REM). Bagian terdalam dan paling nyenyak dari tidur kamu adalah antara jam 10 malam dan jam 2 pagi. Artinya, agar dapat beristirahat sepenuhnya, kamu harus mulai tidur di awal siklus, yaitu pukul 10 malam.

Selain itu, sebuah penelitian menyebutkan bahwa tidur lebih awal dan lebih lama akan membantu kamu menghentikan pikiran negatif yang mungkin membuat kamu terjaga di malam hari.

  1. Tubuh kamu akan kembali ke bentuk semula

Saat kamu berada dalam siklus tidur nyenyak, tubuh kamu akan menyembuhkan dirinya sendiri dengan memproduksi hormon pertumbuhan dan perbaikan. Kegiatan yang sangat penting ini akan memastikan kamu akan berada dalam kondisi terbaik di keesokan harinya.

  1. Tingkat stres kamu akan menurun

Kurang tidur dapat membuat kamu menjadi semakin stres karena kadar hormon stres kortisol yang sangat tinggi dalam tubuh. Terlalu banyak kortisol bisa membuat kamu merasa cemas dan hal ini akan mempengaruhi kesehatan kamu. Tapi begitu kamu mulai tidur lebih awal, kamu bisa mendapatkan tidur nyenyak yang lebih lama, sehingga kortisol kamu akan terkontrol.

  1. Risiko terkena penyakit akan lebih kecil

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur lebih awal cenderung lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang bekerja shift malam atau night owl (orang yang hobi begadang). Orang yang gagal tidur nyenyak memiliki peluang lebih tinggi untuk terkena penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan hipertensi.

Fase tidur nyenyak antara pukul 10 malam dan 2 pagi sangat penting untuk sel-sel kekebalan tubuh. Orang yang tidak tidur nyenyak memiliki respons antibodi virus yang lebih rendah, sehingga mereka bisa lebih mudah sakit.

  1. Kamu dapat mengendalikan emosi kamu dengan lebih baik

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki jam tidur yang cukup umumnya lebih bahagia. Ketika kamu tidak cukup tidur, emosi kamu bisa semakin tidak stabil karena kamu kesulitan untuk mengendalikannya. Selain itu, tidur lebih awal bisa membuat kamu bangun lebih awal, sehingga memungkinkan kamu untuk mendapat banyak sinar matahari pagi yang bermanfaat bagi tubuh.  

Baca Juga :

Lupain Kebiasaan Bergadang Kalau Mau Hidup Sehat! Tidurlah Lebih Awal Dengan 4 Cara Ini.

Memang Kedengarannya Sangat Sepele, Tapi Coba Deh Kamu Tidur Sejam Lebih Awal!

5 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Terkesan “Baik” Tapi Sebenarnya 5 Benda Ini Berbahaya, Loh

Ketika sudah terbiasa dengan beberapa produk atau barang