Barang-barang rumah tangga memang pada umumnya dapat bertahan selama bertahun-tahun, bahkan ada yang sampai puluhan tahun. Sebut saja lemari, televisi, kulkas, pisau dapur, ember, dsb.

Tapi tahukah kamu, ada beberapa barang rumah tangga yang sebenarnya tidak layak untuk kita simpan dalam waktu yang lama. Kita harus mengganti barang-barang tersebut meskipun cukup mahal atau meskipun kita enggan menggantinya.

Berikut adalah daftar barang rumah tangga yang harus dibuang atau diganti demi kesehatan : 

  1. Wadah Plastik

Penelitian modern menunjukkan bahwa ternyata wadah plastik masih saja berbahaya bagi kesehatan. Bahkan wadah plastik yang sudah mendapat sertifikat “Free BAP” pun masih melepaskan bahan kimia seperti estrogen, yang dapat membahayakan kesehatan. Terlebih, ketika kita memanaskan makanan di dalam microwave, wadah plastik dapat menimbulkan pelepasan zat beracun. 

Alih-alih menggunakan wadah plastik, lebih aman dan lebih sehat jika kita menggunakan wadah kaca. Apabila kamu masih ingin menggunakan wadah plastik yang tidak akan pecah saat jatuh, maka kamu harus mengganti wadah plastik setidaknya setahun sekali. Jangan sampai kamu memakai wadah plastik yang sudah berubah bentuk atau berubah warna karena pemakaian berlebihan. 

  1. Talenan Plastik

Tahukah kamu? Talenan dari bahan apa pun, entah itu talenan plastik atau talenan kayu, memiliki banyak celah di mana mikroba dan bakteri bisa menumpuk. Apalagi ketika kamu menggunakan talenan setiap hari untuk memotong sayur dan daging.  

Agar tidak membahayakan kesehatan anggota keluarga, sebaiknya kamu mengganti talenan dapur kamu setahun sekali. 

  1. Alat Pengupas

Sama seperti penggunaan talenan, sebaiknya kamu mengganti alat pengupas setahun sekali. Karena tanpa kamu sadari, alat pengupas sangat cepat kusam, pudar, dan berkarat. Selain lebih bersih dan sehat, proses memasak kamu pun jadi lebih mudah dengan alat pengupas baru.

  1. Minyak Zaitun dan Minyak Kelapa

Setelah tanggal kedaluwarsa berakhir, banyak minyak berubah rasa menjadi pahit dan kehilangan khasiatnya. Ini juga berlaku untuk minyak zaitun dan minyak kelapa. Umur simpan minyak zaitun dan minyak kelapa dibatasi hingga 12 bulan saja. Jadi, jangan menyimpan minyak lebih dari 1 tahun, ya.

  1. Sisir Rambut

Bahkan setelah dicuci bersih, sisi rambut masih menyimpan partikel kecil yang membuat rambut jadi lebih cepat kotor. Kotoran pada sisir ini juga akan membuat sisir jadi rapuh.  Tumpukan mikroba dan bakteri yang hidup di sela-sela sisir akan menyebabkan masalah ketombe, kulit kepala gatal, dll. 

Untuk melakukan perawatan sisir rambut, cucilah sisir rambut kamu setidaknya seminggu sekali dan ganti sisir rambut kamu setidaknya setahun sekali.

  1. Cat Kuku

Umur simpan cat kuku adalah 1 – 1½ tahun. Ingat, kamu juga tidak boleh menyimpan botol cat kuku di dekat sumber panas dan cahaya secara langsung. Ini dapat menyebabkan penebalan, perubahan warna, dan akibatnya, cat kuku kamu akan lebih cepat kadaluwarsa. 

  1. Menstrual Cup

Bagi kamu yang menggunakan menstrual cup selama periode menstruasi, kamu harus mencatat kapan kamu membeli produk menstrual cup. Taati aturan pakai yang tertera di deskripsi produk yang kamu beli. Gantilah menstrual cup kamu ketika sudah waktunya. Ada menstrual cup yang dapat digunakan 3 tahun, 5 tahun sampai 10 tahun.

Selain itu, jika menstrual cup kamu sudah berubah bentuk, berubah warna dan berbau, kamu juga harus menggantinya untuk menghindari masalah kesehatan yang tidak diinginkan.

Baca Juga :

7 Barang yang Harus Dibuang Tapi Masih Banyak Digunakan Orang

8 Barang Tak Berguna yang Memenuhi Rumah

Rumah Kamu Sesak? 7 Barang Ini Bisa Kamu Buang!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Kesalahan Pertolongan Pertama yang Perlu Kita Ketahui

Di dunia ini, ada momen-momen tak terdua yang