Selamat datang di tahun 2020 di mana masker menjadi kebutuhan pokok yang sangat penting dan juga sangat langka. Harga masker sekali pakai melonjak sangat tinggi hingga berkali-kali lipat. Hal ini pun membuat banyak orang memilih untuk menggunakan masker kain yang jauh lebih murah dan bisa digunakan kembali.

Pada dasarnya, mengenakan masker dapat membantu membatasi penyebaran droplets  dari napas seperti ludah saat berbicara atau saat bersin. Dengan membatasi penyebaran droplets kamu pun akan membantu menghentikan penyebaran virus COVID-19.

Menjadi cerita yang berbeda ketika kamu menggunakan masker setiap hari tapi kamu tidak mencucinya dengan benar. Alih-alih mencegah penyebaran virus, masker kamu bisa jadi justru menjadi sarang kuman dan virus.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencuci masker kain dengan baik dan benar sehingga masker kamu tetap bersih dan aman untuk dipakai lagi :

Langkah 1 :

Lepaskan Masker Kamu dengan Hati-hati dan Letakkan di Tempat yang Aman

Ketika kamu melepas masker, kamu harus ekstra hati-hati dan jangan sampai kamu  menyentuh mata, hidung atau mulut kamu karena virus bisa saja menempel di luar masker kamu. Setelah melepaskan masker, kamu harus meletakkannya di tempat khusus yang tertutup dan amankan masker bekas tersebut sampai kamu bisa mencucinya. Tentu kamu tidak ingin anggota keluarga kamu menyentuhnya bukan? Apalagi sampai salah mengira dan tidak bisa membedakan antara masker bersih dan masker kotor. Oleh karena itu, kamu sangat perlu menyiapkan tempat khusus untuk masker kotor. 

Setelah menyimpan masker bekas di tempat yang aman, langkah selanjutnya yang sangat penting adalah… Cuci Tangan. Kamu harus mencuci tangan dengan sabun setelah menyentuh masker bekas yang kotor.

Langkah 2 :

Cuci Masker dengan Sabun Sampai Benar-benar Bersih

Di saat seperti ini, bisa jadi kamu menjadi paranoid dan takut, apakah masker kamu sudah benar-benar bersih dan bebas virus atau tidak. Banyak orang yang kemudian mulai mencuci dengan air panas dengan tujuan untuk membunuh virus yang menempel di masker.

Sebenarnya, kamu cukup mempersiapkan air biasa dan sabun saja. Kamu tidak perlu repot-repot mencuci dengan air panas atau bahkan merebus masker bekas untuk menghilangkan kuman dan virus.

Seberapa sering masker harus dicuci?

Kamu perlu mencuci masker kamu sekali sehari dengan catatan hanya jika kamu benar-benar memakainya di luar rumah. Jadi, kamu bisa menggunakan masker yang sama sepanjang hari, kemudian di hari berikutnya kamu bisa memakai masker baru selagi masker bekas dicuci. Tapi apabila masker kamu jatuh atau terkena kotoran, tentu kamu harus segera ganti.

Untuk mengantisipasi kehabisan masker, satu orang setidaknya memiliki beberapa masker. Sekurang-kurangnya kamu harus punya tiga masker. Satu untuk dipakai, satu dicuci dan satu dijemur. Akan jauh lebih baik jika kamu memiliki lebih dari tiga masker untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan seperti masker terkena tumpahan air, kehujanan atau jatuh ke dalam kotoran.

Itulah tips mencuci masker kain dengan baik dan benar. Pastikan kamu selalu menggunakan masker saat keluar rumah, ya!

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/cegah-penyebaran-virus-covid-19-gunakan-masker-setiap-keluar-rumah/

http://www.tampilcantik.com/cara-mudah-membuat-masker-kain-di-rumah/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Otak Kamu Bisa Menyusut Karena Stres, Tetapi Kamu Bisa Menghentikannya

Kamu mungkin secara fisik tidak lemas di bawah