Kolagen adalah suatu jenis protein penting yang ada di jaringan ikat, tendon, darah, tulang rawan hingga kulit di tubuh. Kolagen sendiri memiliki fungsi untuk bisa mempertahankan elastisitas dari kulit, membentuk struktur di sendi dan juga tendon hingga melindungi organ yang ada di tubuh sampai dengan menyatukan bagian tubuh yakni tulang dan otot. Agar bisa menjadikan produksi kolagen di tubuh senantiasa terjaga, maka konsumsi makanan dengan kandungan kolagen akan sangat baik dilakukan.

 

Namun, seiring dengan bertambahnya usia maka kemampuan tubuh dalam produksi kolagen bisa menjadi berkurang. Apabila sudah terjadi seperti ini, maka kulit bisa menjadi kendur, muncul garis dan kerutan hingga tulang rawan di sendi pun jadi lebih lemah. Nah, jika kamu ingin mempunyai kulit lembut, halus, kenyal dan selalu awet muda, maka makanan sehat dengan kolagen tinggi akan bisa membantu. Inilah beberapa makanan yang direkomendasikan.

 

Vitamin A

Vitamin yang satu ini adalah jenis antioksidan dimana bisa merangsang produksi dari kolagen serta mampu tangkal efek buruk dari paparan sinar matahari. Vitamin A sendiri bisa didapatkan dengan konsumsi sayur hijau, wortel, tomat, mangga, hingga produk susu, udang, ikan dan lainnya.

 

Vitamin C

Sama halnya dengan vitamin A, vitamin C pun bisa merangsang produksi dari kolagen di tubuh serta mampu lindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Vitamin C pun juga bisa cegah kulit kering dan membantu melambatkan tanda penuaan hingga keriput. Vitamin ini pun bisa ditemukan di jeruk, pepaya, stroberi, brokoli dan sayur daun hijau.

 

Antosianin

Selain vitamin A dan C, zat antosianin pun diketahui bisa tingkatkan produksi dari kolagen. Antosianin merupakan pigmen warna yang ada di buah dan sayur. Makanan dengan kandungan antosianin yang bisa kamu santap yakni anggur, buah beri, delima, tomat hingga kacang merah.

 

Protein

Asupan protein yang dimakan oleh tubuh akan bisa menjadi asam amino. Nah, asam amino inilah yang kemudian dipakai dalam membentuk jaringan kolagen di tubuh. Protein sangat mudah didapat karena bisa dikonsumsi dari susu, telur, daging, yogurt hingga keju dan lainnya.

 

AHA

AHA merupakan kelompok asam alami dimana bisa ditemukan di makanan. AHAs bisa membantu untuk tingkatkan produksi kolagen dengan cara menghancurkan serat dari kolagen lama dan kemudian membuat yang baru. AHA bisa ditemukan dalam jeruk, anggur, apel, tomat, lemon dan tebu.

 

Mineral

Zat mineral mulai dari selenium, tembaga dan zinc mempunyai fungsi yang sangat penting dalam produksi kolagen. Zat ini pun berfungsi menjadi penangkal radikal bebas lho sehingga bisa bantu kulit lawan bakteri hingga hasilkan kolagen.

 

Ternyata banyak sekali makanan yang bisa menjadi sumber produksi kolagen di sekitar kita bukan? Kamu bisa berganti-ganti makanan sehingga tidak akan bosan untuk menyantapnya. Namun, jika memang asupan kolagen dari ragam makanan tersebut masih belum cukup dalam memenuhi kebutuhan kolagen kamu, maka kamu juga bisa menambah konsumsi dengan suplemen kolagen. Tapi ingat, kamu harus konsumsi suplemen kolagen atas saran dari dokter.

 

Baca Juga :

Kaya kolagen, Gelatin Terbukti Dapat Membantu Memerangi Penuaan Dini. Ikuti DIY Masker Gelatin Ini!

Ingin Kulit Kenyal dan Nampak Awet Muda? Konsumsi Makanan Kaya Kolagen Berikut

Konsumsilah Makanan Ini untuk Mendapatkan Sendi Sehat & Untuk Meningkatkan Produksi Kolagen

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Membuat Salad Berkualitas Dan Menyehatkan, Cocok Untuk Diet Lho

Sebagai pejuang diet, kamu tentu harus memperhatikan benar