Memenuhi seluruh nutrisi yang dibutuhkan dalam setiap harinya menjadi hal yang teramat sangat penting. Dengan demikian, maka tubuh akan bisa bertenaga dan menjalankan aktivitas pun pastinya akan menyenangkan. Namun hal ini kadang berbeda dengan kondisi seseorang ketika melakukan diet. Banyak sekali pelaku diet yang berusaha untuk memangkas asupan makannya sehingga asupan nutrisi pun terbatas, termasuk karbohidrat.

 

Perlu diketahui jika karbohidrat untuk tubuh memberikan manfaat untuk menyediakan energi dalam beraktivitas. Karbohidrat juga bisa membantu mencegah penyakit menyerang, menjaga berat badan dan masih banyak lagi. Untuk wanita, standar konsumsi karbohidrat adalah 300-320 gram per hari dan sedangkan pria adalah 350-390 gram perhari.

 

Efek kurangnya karbohidrat

Ketika tubuh memberikan tanda bahwa kamu kekurangan karbohidrat, maka ini bisa menjadi sebab banyak gangguan kesehatan lho mulai dari kepala terasa pusing, tubuh yang lemah sampai rentan pada penyakit. Dampaknya sendiri bisa jangka pendek dirasakan dan bahkan jangka panjang, seperti:

  • Dampak jangka pendek

Kekurangan karbohidrat dalam jangka pendek bisa menjadi sebab ketosis yakni tubuh yang memanfaatkan lemak untuk sumber energi. Jika dilihat dari pandangan pelaku diet maka ini tentunya akan bagus sehingga lemak terpangkas. Namun, kamu juga akan merasakan lemas, sakit kepala, mudah emosi, pusing, mual dan dehidrasi. Jika ini terus terjadi, maka senyawa keton di tubuh akan menumpuk sehingga memungkinkan asidosis, koma hingga kematian di jangka panjang nantinya.

  • Dampak jangka panjang

Jika kamu mempertahankan terus menerus kebiasaan makan sampai kekurangan karbohidrat, maka dampak jangka panjang pun juga bisa mengancam. Beberapa dampak jangka panjangnya yakni kurangnya nutrisi tubuh, kolesterol yang justru tinggi, rusaknya pembuluh darah, risiko kanker meningkat dan bahkan berat badan justru tidak stabil. Ternyata diet dengan menghilangkan karbohidrat dari menumu bukan jawaban yang tepat untuk tubuhmu lho.

 

Mengatasi kekurangan karbohidrat

Jika kamu memang merasa mengalami kondisi kekurangan karbohidrat, maka pastikan mulai sekarang untuk memenuhi kebutuhan karbohidratmu. Berikut ini beberapa tips mengatasi kurang karbohidrat secara sehat:

  • Konsumsilah sayur dan buah segar. Kandungan serat di dalamnya akan membantu kamu untuk bisa tetap kenyang dalam waktu yang lebih lama.
  • Konsumsi ragam makanan yang sehat dan gizi seimbang. Maksudnya tentu makanan yang kamu makan harus mengandung karbohidrat yang kompleks, lemak yang sehat, serat, cairan dan pastinya vitamin serta mineral cukup.
  • Konsumsi susu dan berbagai produk olahan lainnya juga bisa jadi sumber karbohidrat yang baik lho. Bahkan susu dan turunannya juga mengandung vitamin, protein dan kalsium.
  • Yang tak boleh lupa adalah dengan membatasi juga asupan karbohidrat sederhana misalnya makanan manis.

 

Untuk mengetahui keluhan yang kamu rasakan itu merupakan kondisi kekurangam karbohidrat atau bukan, maka bisa juga dengan pergi ke dokter. Dokter akan melihat kondisi gizi kamu dan menyesuaikan dengan kondisi tubuh. Jika memang fix kamu kekurangan karbohidrat, maka nantinya kamu bisa juga diberikan suplemen dan obat tertentu. Diet itu tidak perlu menyiksa kok, yang penting adalah penerapan pola hidup yang sehat ladies.

 

Baca Juga :

Ternyata, Ini Loh Manfaat Jika Kamu Ganti Karbohidrat Kamu Dengan Oatmeal

Berapa Banyak Karbohidrat yang Harus Di Makan Satu Hari Untuk Menurunkan Berat Badan? Ini Dia Jawabannya

Makanan Sehat tapi Kaya Karbohidrat Ini Harus Kamu Jauhi Kalau Kamu Memilih Diet Keto

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ternyata Olahraga Berlebihan Itu Tidak Baik, Yuk Atur Lagi Jadwal Olahraga Untuk Dietmu

Olahraga rutin tentu sangat penting untuk rencana diet