Untuk sebagian besar orang Indonesia, pasti merasakan belum makan ketika belum konsumsi nasi. Ya, ini karena nasi memang menjadi makanan pokok utama di sebagian besar daerah di Indonesia. Meski sudah makan bakso, pizza, burger dan lainnya, tetap saja belum dirasa makan jika belum melahap nasi. Ini juga yang menjadikan pelaku diet kerapkali sulit untuk meninggalkan nasi dalam perjalanan dietnya.

 

Kandungan nutrisi di dalam nasi

Makan nasi memang menjadikan makan makin nikmat serta mengenyangkan. Selain itu, nutrisi di dalam nasi juga amat sangat banyak lho. Di 100 gram beras, ada 1.527 kJ energi, 0,12 gram gula, 80 gram karbohidrat, 1,3 gram serat, 0,66 gram lemak, 7,13 gram protein dan 11,61 gram air. Beras pun juga mengandung mineral dan vitamin dimana berguna sekali untuk tubuh mulai dari vitamin B kompleks, zat besi, kalsium, fosfor, zinc dan lain sebagainya.

 

Mengenal multi grain rice

Beras pun bukan hanya semata beras putih yang umum dikonsumsi saja karena banyak sekali variannya. Tapi memang untuk beras yang paling banyak dikonsumsi adalah beras putih. Namun sayang sekali karena nasi putih bisa menjadikan risiko untuk diabetes tipe 2 lho. Itulah mengapa kini cukup banyak orang yang beralih dari nasi putih ke nasi merah. Bahkan banyak juga yang mencampurkan ragam beras, biji, kacang, gandum hingga polong dalam konsumsinya. Salah satunya adalah multi grain rice atau banyak dikenal kongbap.

 

Multi grain rice merupakan makanan sehat dimana terdiri dari beras, biji-bijian dan gandum. Isiannya bisa bervariasi sekali mulai dari beras putih dan kacang polong saja, gabungan dari beras coklat, beras merah dan kacang polong serta campuran lainnya sesuai selera. Masing-masing biji-bijian yang ada di multi grain rice pastinya punya kandungan gizi serta manfaatnya tersendiri bagi tubuh. Contohnya saja jika menggunakan beras hitam dengan kandungan antioksidan antosianin untuk lawan penyakit jantung dan kanker. Terlebih ketika kamu menambahkan jenis beras dan biji-bijian kaya manfaat lainnya.

 

Pilihan biji-bijian untuk campuran multi grain rice

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya jika kongbap ini terdiri dari beragam beras, kacang hingga biji. Nah, untuk yang paling umum dicampurkan di kongbap diantaranya:

  • Barley: mengandung vitamin B1, mineral dan serat sehingga sangat baik untuk tingkatkan daya tahan tubuh serta menstabilkan tekanan di darah.
  • Kacang hijau: mengandung antioksidan tinggi serta bisa membantu pertumbuhan gigi dan tulang.
  • Millet: mengandung protein, kalsium dan antioksidan tinggi. Millet efektif sekali untuk memberi rasa kenyang lama di perut dan bisa bantu seimbangkan kadar gula di darah.
  • Basil: bermanfaat untuk kontrol gula darah dan membantu mengatasi sembelit.
  • Wijen: berguna untuk kurangi kolesterol, menjaga kesehatan kulit dan menurunkan gula serta tekanan darah.

 

Dengan banyaknya kandungan nutrisi di dalam multi grain rice, maka kamu yang sedang diet pun bisa memilihnya. Kamu akan mendapatkan keuntungan untuk tetap kenyang dalam waktu lama karena kandungan serat dari kongbap yang begitu tinggi. Tambah lauk pauk dan sayur juga boleh banget lho sehingga makin nikmat.

 

Baca Juga :

Hati-hati !!! Kombinasi Makanan Ini Ternyata Beracun

Apakah Telur Dan Susu Kombinasi yang Sehat? Yuk Kita Lihat Jawabannya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ternyata Olahraga Berlebihan Itu Tidak Baik, Yuk Atur Lagi Jadwal Olahraga Untuk Dietmu

Olahraga rutin tentu sangat penting untuk rencana diet