Memiliki perut buncit tentu menjadikan kepercayaan diri berkurang. Bukan hanya dari segi penampilan, tapi perut buncit juga lama-kelamaan membahayakan kondisi kesehatan lantaran adanya penimbunan lemak di perut lho. Tak heran jika banyak sekali yang berusaha untuk diet sehingga perut buncit itu bisa lenyap.

 

Lemak yang ada di perut ini ada dua jenis yakni lemak subkutan yang merupakan lemak di bawah kulit dimana bsa terlihat dan dicubit. Ada juga jenis lemak viseral yang merupakan lemak yang ada di sekitaran organ di dalam tubuh dan menjadikannya tidak nampak. Lemak viseral kerapkali dihubungkan dengan adanya obesitas pada perut. Lemak ini juga bisa jadi sebab penyakit jantung dan penyakit berbahaya lainnya lho.

 

Sebab perut buncit

Perut buncit sendiri bisa timbul karena asupan makanan yang lebih dari energi yang dibutuhkan untuk aktivitas keseharian. Kondisi ini sama seperti kondisi obesotas. Jika makanan yang masuk terlalu banyak, apalagi makanan tinggi kolesterol dan gula, serta kurangnya olahraga, maka penumpukan lemak pun bisa terjadi.

 

Seperti apa perut buncit berbahaya?

Perut buncit sendiri bisa dikatakan berbahaya ketika ukurannya sudah terlalu besar. Coba kamu ukur lingkar pinggang sehingga kamu bisa tahu apakah kamu obesitas atau tidak. Coba pakai meteran dengan diposisikan sejajar ujung pusar dan tulang panggul. Laki-laki bisa dikatakan obesitas jika lingkar pinggangnya lebih dari 102 cm dan untuk wanita adalah lebih dari 89 cm. Kamu juga harus memantau status dari gizi dengan penghitungan indeks massa tubuh.

 

Bahaya perut buncit

Jika memang perut buncitmu dikarenakan dengan banyaknya lemak, maka ada baiknya kamu waspada lantaran kondisi ini mampu tingkatkan risiko penyakit berbahaya. Lemak yang ada di tubuh mampu keluarkan senyawa peradangan serta hormon yang bisa mengganggu metabolisme dari tubuh. Senyawa itu disebut sitokin dimana bisa menjadikan peradangan di tubuh dan tingkatkan risiko penyakit jantung, hipertensi dan bahkan stroke. Bahkan, lemak di perut pun kerapkali dikaitkan dengan kanker usus, kanker kerongkongan sampai kanker pankreas. Wah bahaya banget ya.

 

Tips mengecilkan perut buncit

Perut buncit sendiri bisa kamu atasi dengan melakukan diet dan juga olahraga. Mengecilkan perut buncit memang bukan perkara yang mudah, tapi beberapa tips berikut ini bisa kamu coba lakukan.

  • Perhatikan apa yang kamu makan beserta kalori yang masuk. Cobalah untuk mengurangi kalori di tubuh setidaknya 500 kalori setiap harinya dari kebutuhan total. Kurangi karbohidrat dan mulailah untuk konsumsi banyak sayur dan buah hingga susu rendah lemak.
  • Perbanyak aktivitas fisik kamu mulai dengan olahraga dan juga latihan beban. Jika memang kamu masih belum biasa melakukan latihan berat, maka jalan kaki atau yoga bisa jadi pilihan.
  • Waktu istirahat juga bisa mempengaruhi kondisi tubuh kamu. Usahakan kamu harus tidur cukup setidaknya 7 hingga 9 jam dalam sehari.
  • Perut buncit juga bisa jadi karena kamu sering stres lho. Jadi, upayakan untuk selalu handle tekanan yang ada di luaran dan kelola stres ke hal yang baik, bukan makan.

 

Baca Juga :

Ngak Mau Kan Perut Buncit Terus..Yuk Cobain Beberapa Minuman Ini Yang Bisa Jadikan Perutmu Rata

Malu Karena Punya Perut Buncit? Makanya Jangan Malas Olahraga Yaa

Kalau Gak Mau Punya Perut Buncit Kayak Emak-emak, Sebaiknya Jauhi Kebiasaan Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Sudah Diet Tapi Berat Badan Tak Turun Juga? Coba Cara Tradisional Yuk!

Berat badan kerap menjadi masalah pelik untuk sebagian