Gampang cemburu dalam sebuah hubungan adalah sebuah hal yang sangat umum, kadang ini adalah sebuah hal yang sangat alamiah. Namun, kecemburuan bisa jadi tak terkendali. Ketika ini terjadi, maka jadi masalah besar bagi dirimu secara pribadi maupun dalam hubungan tersebut. Kamu jadi tidak bisa tidur, bekerja, atau berfungsi di hidupmu. Ini adalah sebuah perasaan yang sangat menyebalkan dan bahkan walaupun kamu tahu rasa ini tidak rasional, rasanya bisa begitu mustahil untuk menghilangkannya. Gampang cemburu bisa mempengaruhi kondisi mental, kesehatan, dan hubunganmu. Seringkali, kecemburuan yang muncul juga sebenarnya sangat tidak sesuai dengan realita.

Karena itu, jika kamu termasuk individu yang gampang cemburu, kamu harus secara aktif mengubah dirimu. Apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menjauhi kebiasaan buruk ini?

Coba pahami dirimu sendiri dulu

Jika kamu tidak bsia berhenti cemburu, maka pertama-tama, adalah hal yang wajib dilakukan untuk memahami diri sendiri. Beberapa orang sangat gampang cemburu karena mereka punya perasaan insecure yang ada di dalam hati. Mungkin kamu pernah diselingkuhi. Mungkin kamu pernah menghabiskan banyak waktu dengan individu yang membuatmu jadi susah percaya pada orang lain. Jika kamu memiliki sejarah masa lalu yang kelam dalam soal hubungan, tak mengapa, tetapi jangan sampai kamu melampiaskannya pada pasanganmu yang sekarang.

Jangan hanya melihat hubungan cintamu. Bisa saja kamu ceemburu karena masalah keluarga dan lain sebagainya. Atau, bisa saja kamu punya masalah dengan kelekatan emosional.

Pelajari cara mengendalikannya

Kalau kamu merasa bahwa kamu gampang cemburu lebih karena sesuatu yang internal, maka sangat penting untuk belajar dan menemukan cara untuk mengendalikan dirimu sendiri. Ini bisa berarti mengambil langkah mundur dari hubunganmu dan mendapatkan kemerdekaan. Tanda yang menunjukkan kecemburuan ekstrim adalah ketergantungan emosional. Jika kamu menemukan dirimu sendiri mau cemburu, kamu mungkin butuh solusi jangka pendek. Kamu harus mencoba mendistraksi tubuhmu. Kecemburuan adalah sebuah sensasi dan ini merupakan pengalaman yang sangat tidak nyaman di tubuh. Cobalah lari, bersepeda, aerobik, atau lain-lain yang bsia mengubah sensasi itu agar tubuhmu terbantu ke kondisi normal.

Bicara pada pasanganmu

Bahkan jika kamu sadar bahwa kamu gampang cemburu karena hal yang tidak rasional dan ini tak bisa kamu hilangkan begitu saja, bicara dengan pasanganmu adalah hal yang penting. Bisa saja ada sesuatu dari hubungan tersebut yang memang kurang. Apa kamu butuh rasa aman dan validasi? Apa kamu ingin tahu bahwa kamu prioritas utama? Penting untuk menentukan apa yang jadi alasan dari kecemburuanmu. Sangat sering, ini memang hanya proyeksi masalahmu sendiri, namun tak ada salahnya mebicarakannya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Putus atau Jangan? Pertimbangan Berikut Ini Bisa Membantumu Membuat Keputusan

Jika terbesit dalam pikiran kamu tentang keinginan untuk