Tahukah kamu, bahwa benda-benda di sekitar rumah yang tampaknya biasa saja dan aman-aman saja ternyata bisa dikaitkan dengan masalah kesehatan. Terdapat beberapa benda yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin terbukti tidak sehat bagi kita. Berikut adalah daftar barang-barang yang bisa jadi berbahaya jika tidak digunakan dengan benar :

  • Aluminium foil
Image result for alluminium foil

Barang rumah tangga yang praktis ini bisa memiliki efek buruk bagi kesehatan karena partikel aluminium dapat ditransfer ke dalam makanan yang kamu konsumsi. Menurut sebuah penelitian, ketika kamu memasak makanan kamu dengan dibungkus aluminium foil, kamu mungkin mengonsumsi tingkat tawas yang lebih tinggi dari yang direkomendasikan.

  • Panci anti lengket
Image result for panci anti lengket

Peralatan dapur yang praktis ini sangat menghemat waktu kita dalam membersihkan panci, karena mereka memiliki sifat anti lengket. Tapi, mereka dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius, loh. Karena panci anti lengket dilapisi bahan kimia polyfluoroalkyl (PFC) yang dapat melepaskan gas dan bahan kimia beracun saat dipanaskan. Penelitian telah menemukan bahwa PFC dapat bisa masuk ke makanan kamu, PFC juga bisa berasal dari kemasan makanan. Bahkan, penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa 98% populasi Amerika Serikat ternyata memiliki PFC dalam darah mereka saat dilakukan pengetesan.

  • Tempat makan dari plastik

Wadah penyimpanan plastik berguna untuk membawa bekal makan siang kamu ke kantor, ke sekolah atau saat pergi piknik. Namun wadah itu mungkin juga memasukkan bahan kimia yang berbahaya ke dalam makanan kamu jika kamu menggunakan microwave untuk memanaskannya. Bahan kimia ini disebut BPA yang didapat dari plastik, seperti kotak penyimpanan atau botol minuman. Memanaskan kotak plastik dalam microwave menyebabkan kamu mengonsumsi  lebih banyak BPA, yang tampaknya berkaitan dengan efek kesehatan yang serius seperti penyakit kanker, infertilitas, diabetes dan obesitas.

  • Pengharum Ruangan

Kita semua menyukai pengharum ruangan, baik itu di rumah, di mall, bahkan di bank sekalipun. Pengharum ruangan bisa menghilangkan berbagai bau yang mengganggu, seperti bau binatang peliharaan misanya.  Namun ternyata, semprotan pengharum ruangan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Satu studi mengatakan bahwa pengharum ruangan dapat mempengaruhi perkembangan reproduksi dan studi lain menyiratkan bahwa pengharum ruangan juga dapat menyebabkan migrain dan masalah pernapasan.

  • Kapur barus

Kapur barus atau kamper adalah senjata yang paling praktis untuk menjaga pakaian kamu agar tetap segar dan harum. Tapi, produk yang satu ini ternyata bisa menyebabkan masalah kesehatan. Kapur barus mengandung naphthalene (bahan yang menguap dan mengeluarkan aroma kapur barus). Bahan ini dapat menyebabkan kerusakan pada sel darah merah kamu, lho. Menghirup kapur barus dapat berbahaya dan menyebabkan masalah kesehatan seperti katarak dan komplikasi hati. Jika digunakan secara tidak benar, kapur barus bisa berdampak buruk bagi kesehatan kamu dan seluruh anggota keluarga kamu.

  • Baterai

Kebanyakan produk baterai dibuat dengan asam sulfat yang berbahaya bagi kulit jika bocor. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa baterai lithium-ion (yang kita gunakan di handphone) bisa sangat berbahaya jika rusak. Ini karena baterai dapat melepaskan gas fluoride beracun yang berbahaya bagi kesehatan kita, terutama jika baterai terbakar.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/hati-hati-7-kebiasaan-buruk-yang-kamu-lakukan-setiap-hari-bisa-sangat-berbahaya/

http://www.tampilcantik.com/serba-serbi-bahan-pengawet-di-makanan-apakah-berbahaya-bagi-kesehatan/

http://www.tampilcantik.com/wajib-hindari-ladies-diet-berikut-ini-berbahaya-untuk-kesehatan-lho/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Produk Disinfektan Khusus Untuk Smartphone Kamu

Seperti yang sudah kamu ketahui, mencegah penyebaran Virus