Kamu mengonsumsi produk seperti telur, buah dan roti hampir setiap hari tetapi bisa jadi selama ini kamu tidak memilih produk dengan kualitas yang baik. Kemasan berwarna cerah dan slogan-slogan yang menjanjikan sering kali membuat kita lupa untuk memeriksa kualitas produk yang kita beli. Nah, untuk membantu kamu memeriksa produk makanan yang baik, berikut beberapa tips untuk memilih makanan :

  • Tips memilih telur

Sebelum kamu membeli telur, buka kotak telur dan lakukan pemeriksaan secara visual.  Perhatikan bentuk telur. Beberapa telur yang terlihat kecil dan tampak lebih langsing dari yang lain dapat mengindikasikan adanya bakteri. Jika terdapat bubuk di kulit telur, ini mungkin mengindikasikan adanya jamur.

  • Jangan mudah percaya pada label “alami” atau “bebas lemak” pada kemasan produk

Tentu kamu sering melihat label yang menjanjikan seperti “alami” atau “bebas lemak” dan kamu percaya itu benar. Namun pada kenyataannya, ini bisa menjadi trik untuk membuat kamu membeli produk ini. Tanpa kamu ketahui, produk yang kamu beli masih mengandung bahan pengawet, fruktosa tinggi dan natrium. Periksalah kandungan nutrisi pada bagian label nutrisi. Jika kamu menemukannya, lanjutkan pencarian kamu dan bandingkanlah dengan produk lain untuk melihat apakah ada opsi yang lebih baik.

  • Tips memilih daging sapi

Ada beberapa langkah yang harus dilalui untuk memilih daging sapi yang baik. Langkah pertama, kamu harus memeriksa warnanya. Daging sapi yang segar harus mengandung lapisan lemak putih. Jangan takut untuk meminta tukang daging menunjukkannya kepada kamu. Jika ada warna abu-abu atau coklat pada potongan daging sapi, maka jangan beli daging itu. Langkah kedua, periksalah teksturnya. Daging sapi yang baik tidak boleh lengket.

  • Gunakan alat deteksi bahan kimia pada makanan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ternyata label nutrisi yang terdapat pada kemasan makanan tidak akurat hingga 20%. Tapi kita bisa melakukan tes keakuratan dengan membeli alat deteksi bahan kimia yang dapat kita dapatkan dengan mudah. Bahkan saat ini sudah ada alat deteksi yang bisa dipasang dalam smartphone. Menarik, bukan?

  • Tips memilih daging ayam

Kita mungkin memperhatikan warna daging ayam pada umumnya, tetapi kadang kita  mengabaikan kondisi kulit ayam. Masalah utamanya adalah tidak boleh ada warna abu-abu atau transparan pada kulit ayam. Karena jika demikian, ini berarti daging ayam itu tidak segar atau telah berada di toko untuk waktu yang lama.

  • Tips memilih mentimun

Mentimun yang baik adalah mentimun yang tampak kehijauan atau hijau tua. Sedangkan mentimun dengan bagian warna kuning dan putih memperlihatkan kualitas yang tidak baik. Selain warna hijau, mentimun yang baik juga sangat keras, tidak terlalu tebal dan tidak boleh terlihat kering.

  • Tips memilih / mengonsumsi pisang

Jangan membeli pisang batangan yang tidak memiliki ekor di pangkalnya.  Karena tanpa kamu ketahui, banyak bakteri di supermarket yang bisa masuk melalui lubang pisang yang tidak memiliki batang. Jika kamu sudah terlanjur membeli pisang yang terbuka, maka potonglah bagian yang terbuka dan konsumsi sisanya.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/7-cara-mengontrol-kecanduan-makanan-saat-diet/

http://www.tampilcantik.com/ternyata-tidak-semua-makanan-mengandung-lemak-harus-kita-hindari-loh-yuk-kenali-makanan-mengandung-lemak-baik-untuk-kesehatan-tubuh/

http://www.tampilcantik.com/6-perbandingan-makanan-untuk-meningkatkan-pola-makan-saat-diet/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kamu Harus Berhenti Mempercayai 7 Mitos Diet Berikut Ini

Tips diet telah tersebar di mana-mana dan membuat