Mungkin kita populer dengan anjuran untuk menghindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang tinggi, karena dianggap kurang baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi ternyata tidak semua makanan mengandung lemak itu memberikan efek buruk pada kesehatan loh karena terdapat lemak baik atau sehat.

Lemak sehat mengacu pada lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh dianggap sehat karena dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung, membantu mengurangi kolesterol.

Dana Hunnes, Ph.D., M.P.H., R.D., ahli diet senior di UCLA Medical Center dan asisten asisten profesor di Fielding School of Public Health menyebutkan bahwa lemak baik dapat ditemukan pada beberapa makanan berikut ini;

Alpukat

201 gram (g) alpukat mengandung sekitar 29 gram (g) lemak dan 322 kalori. Jumlah tersebut cukup tinggi terkandung dalam asam lemak tak jenuh tunggal yang disebut asam oleat, yang diyakini memberikan beberapa manfaat kesehatan.

Penelitian menunjukkan bahwa asam oleat bertindak sebagai anti inflamasi dan dapat berperan dalam pencegahan kanker. Studi pada hewan menunjukkan bahwa minyak alpukat dapat membantu mengurangi potensi penyakit jantung dan diabetes.

Kacang-Kacangan

Kacang kenari, pistachio, kacang mete, dan kacang almond memiliki banyak manfaat, menurut beberapa penelitian. Jenis kacang-kacangan tersebut kaya akan lemak sehat, protein, serat, vitamin, mineral, antioksidan, dan pitosterol yang dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2.

Penelitian 5 tahun terhadap lebih dari 373.000 orang, yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition, melaporkan bahwa orang yang mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin dan teratur lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung 6,67 g lemak per 100 g, terutama tidak jenuh tunggal, bersama dengan 13,3 g serat.

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa senyawa dalam zaitun yang disebut oleuropein dapat membantu mencegah diabetes. Para peneliti menemukan bahwa Oleuropein membantu tubuh mengeluarkan lebih banyak insulin, sementara juga memurnikan molekul yang disebut amylin yang berkontribusi terhadap perkembangan diabetes.

Ikan Salmon dan Ikan Tuna

Kedua jenis ikan tersebut mengandung lemak baik berupa omega-3 yang dibutuhkan oleh tubuh. The American Heart Association merekomendasikan untuk makan setidaknya dua porsi ikan (terutama ikan berlemak) setiap minggu untuk mendapatkan manfaat terbaik bagi tubuh.

Dark Chocolate

Meskipun dark chocolate mengandung lemak jenuh, akan tetapi juga mengandung lemak baik serta nutrisi lainnya seperti kalsium, zat besi, kalium, magnesium, dan flavonoid. 1 ons dark chocolate juga mengandung 3 gram serat.

Telur

Telur adalah sumber protein yang populer, terutama bagi vegetarian. Setiap 50 g telur rebus memiliki 5,3 g lemak, 1,6 di antaranya jenuh, dan hanya 78 kalori. Sebuah studi 2018 yang dilakukan pada orang dewasa  di Cina, melaporkan mengkonsumsi 1 telur sehari dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Tahu

Tahu dianggap sebagai makanan sehat karena mengandung banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu mengandung protein nabati padat, natrium dan kalsium. Selain itu tahu juga merupakan sumber lemak tak jenuh. 3 ons tahu mengandung 5-6 gram lemak tak jenuh dan sekitar 1 gram lemak jenuh.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/katanya-baik-untuk-diet-yuk-kenali-lemak-nabati-lebih-dalam/

http://www.tampilcantik.com/alasan-mengapa-menambahkan-lebih-banyak-lemak-ke-diet-kamu-adalah-hal-yang-baik/

http://www.tampilcantik.com/hilangkan-lemak-perut-dengan-buah-terbaik-ini/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Cara Mengencangkan Payudara Setelah Menurunkan Berat Badan

Meskipun payudara yang kendur adalah hal yang normal