Tubuh yang ideal pastinya menjadi idaman semua orang. Dengan tubuh yang ideal maka penampilan pun akan menjadi lebih maksimal dimana kamu bisa memilih pakaian secara lebih mudah. Untuk bisa mendapatkan tubuh ideal tersebut, tak sedikit orang yang bersedia melakukan diet. Diet sendiri tak melulu harus menyiksa kok. Kamu bisa juga dengan mengganti makanan pokokmu berupa beras putih dengan beras jenis lain lho.

 

Beras menjadi makanan pokok orang Indonesia sehingga banyak orang merasa belum makan meski sudah makan mi, roti dan lainnya, tapi belum makan nasi. Dibanding sumber pangan lainnya, beras dianggap menjadi sumber karbo yang terbesar lho. Beras putih menjadi jenis yang paling umum dikonsumsi di Indonesia. Namun, kandungan gizinya cenderung lebih rendah. Jika ingin tetap makan nasi tapi dengan gizi tinggi, maka berikut ini beberapa rekomendasinya.

 

Beras merah

Beras merah cukup populer juga di Indonesia. Umumnya beras merah dipakai menjadi pengganti beras putih. Kebanyakan yang makan beras merah memang mengkhususkan dirinya untuk diet, dalam kondisi sakit, atau sudah sadar penuh akan kesehatan dirinya. Beras merah memiliki indeks glikemik rendah sehingga makanan tak akan langsung berubah jadi gula sehingga gula di darah pun akan stabil. Beras merah juga tinggi kandungan seratnya lho. Bahkan ada kandungan antioksidan dan vitamin B6 juga. Tapi tekstur beras ini cenderung lebih keras jika dibanding dengan beras jenis putih. Untuk itu, kamu bisa menambahkan waktu memasak dan juga air ketika memasaknya.

 

Beras ketan

Siapa yang suka makan ketan? Biasanya beras ketan sendiri bukan disantap sebagai makanan pokok, tapi lebih sering digunakan menjadi kue atau camilan tertentu. Beras ketan tersedia dalam jenis ketan putih dan hitam. Teksturnya lengket dengan rasa khas yang gurih. Bahkan, beras ketan memiliki manfaat untuk bisa tingkatkan fungsi otak dan juga sistem imun di tubuh.

 

Beras hitam

Nama beras hitam pastinya sudah tidak asing lagi di telinga dong. Beras hitam memang cukup jarang dikonsumsi di Indonesia karena warnanya hitam sehingga dirasa kurang membuat berselera. Padahal tekstur dari beras hitam ini enak dan sedikit pera lho jika disantap. Kandungan gizi di beras hitam sangat besar mulai dari antioksidan, antiinflamasi hingga vitamin E. Manfaatnya pun juga dikenal baik untuk kulit, mampu tangkal sinar UV hingga menurunkan diabetes. Wah, beras penuh nutrisi banget ya kan.

 

Beras coklat

Berbeda dengan beras putih yang mengalami proses cukup panjang, beras coklat sendiri tidak demikian. Beras coklat dihasilkan dengan cukup digiling untuk bisa hilangkan kulit beras dan warnanya pun menjadi coklat. Beras coklat sendiri kaya sekali dengan kandungan vitamin, mineral, fitonutrien hingga lemak esensial lho. Selain itu beras ini pun mampu turunkan risiko kolesterol, diabetes hingga kanker. Wow banget!

 

Ternyata banyak sekali jenis beras selain beras putih kan? Setelah mengetahui manfaat dan kandungan nutrisinya, maka kamu bisa jadikan jenis beras tersebut menjadi pilihan untuk pengganti beras putih termasuk juga saat kamu sedang diet.

 

Baca Juga :

Siapa Sih yang Tidak Tahu Beras Merah? Ito Loh Beras yang Mengandung Banyak Manfaat Kesehatan

Fakta Nutrisi Beras yang Bermanfaat untuk Bantu Kamu Tentukan Asupan Diet

Cara Luar Biasa yang Dilakukan Air Beras Untuk Kulit dan Rambut Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Air Es Bisa Turunin Berat Badan? Serius? Gimana Caranya? Ini Dia!

Tubuh yang ideal selalu menjadi dambaan untuk setiap