Jangan Kaget, Inilah Perubahan Tubuh Wanita Usai Melahirkan

Sebagai wanita, melahirkan tentu menjadi peristiwa yang amat istimewa. Di balik rasa sakit kala melahirkan, kebahagiaan tetap senantiasa mengikuti lantaran bisa melihat sang buah hati. Namun, kamu juga harus tahu jika melahirkan ini diikuti dengan perubahan yang ada di tubuh wanita usai melahirkan.

Ketika terjadi melahirkan, maka tubuh melakukan rangkaian proses yang bisa kuras energi. Usai prosesnya selesai, maka tubuh pun akan menyesuaikan diri lagi untuk melakukan pemulihan. Tapi jangan sampai kaget apabila kamu merasakan banyak hal yang tak biasa. Hal ini lantaran ada beberapa hal yang akan berubah di tubuh diantaranya:

Vagina dan saluran kemih

Usai melahirkan, kamu mungkin akan merasakan perubahan misalnya vagina merenggang dan sensitif. Bagian intim tersebut pun akan mulai keluarkan cairan dimana sebagian besarnya terdiri dari darah dalam beberapa minggu. Apabila kamu tidak menyusui, maka jadwal haid pun akan normal lagi usai 9 minggu dari waktu melahirkan. Tapi jika kamu menyusui, maka normal apabila kamu tidak haid dalam waktu beberapa bulan. Kamu pun akan kerapkali sulit menahan buang air kecil usai melahirkan. Kadang, wanita juga mengalami vagina kering dimana akan menjadikan rasa sakit saat melakukan hubungan seksual.

Perut

Banyak wanita berpikir jika perut akan langsung kembali normal usai melahirkan. Memang benar demikian, tapi butuh waktu dan tidak langsung. Biasanya butuh 1,5 hingga 2 bulan sebelum nantinya rahim kembali lagi ke ukuran sebelum kamu hamil. Perut pun akan timbul stretch mark kemerahan. Usai melahirkan, warna tersebut akan berubah dan mengkilap lalu berangsur samar lalu menyatu ke warna kulit kamu. Kamu bisa lakukan olahraga yang fokus pada perut sehingga bisa bantu kondisi perut layaknya semula.

Payudara

Setelah melahirkan pun payudara pasti akan berubah. Payudara kemungkinan akan bisa memerah, sakit, bengkak dan penuh dengan air susu. Namun ini hanya sekitar 2 hari dan di hari ketiga, bengkak bisa berkurang lalu payudara menjadi kendur. Payudara pun akan produksi banyak air susu dalam beberapa minggu sehingga mayoritas wanita kerap alami kebocoran di pakaian yang dipakai. Untuk mengatasi semua ini, maka menyusui bisa jadi solusi. Jika memang tidak menyusui, maka perah air susu tapi jangan sampai kosong karena payudara akan produksi lagi.

Kaki

Varises atau biasa disebut kaki bengkak kerap dialami bagi mereka yang baru melahirkan. Biasanya kondisi ini kemungkinan sudah terjadi semenjak hamil. Dengan rutin jalan kaki, maka hal ini akan bisa jadikan bengkak di kaki berkurang yang diiringi dengan menurunnya berat badan.

Kulit

Warna kulit juga kerapkali berubah dimana dialami oleh beberapa wanita pada sekeliling mata. Selain itu jerawat juga banyak tumbuh di beberapa bagian. Ini semua normal dan akan berkurang segera. Ada juga beberapa wanita yang alami ruam merah pada sekitar pipi, mulut dan kulit kering.

Usai melahirkan, ada baiknya untuk tetap memperhatikan diri meski sudah disibukkan dengan kehadiran si kecil. Selain itu pastikan kontrol dan lakukan pemeriksaan diri ke dokter terkait tubuh kamu

 

Baca Juga

^  REVIEW: Bio Essence 24K Bio-Gold Water

^  Kedewasaan Tidak Bisa Di Ukur Dari Usia Saja. Masih Banyak Orang Yang Usianya Dewasa Namun Masih Kekanak-kanakan

^  Hati Hati, Inilah Makanan yang Bisa Menggemukkan Bagian Tubuh Kamu Tanpa Kamu Sadari

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Makanan Berkalori Tinggi Dan Efek Sampingnya

Bagi para pejuang diet tentu sudah tidak asing