Saat kamu sedang berdandan di cermin dan melihat ada jerawat di wajahmu, terkadang kamu merasa risi dan ingin memencetnya, berusaha menghilangkannya. Tapi percayalah, saat wajah kamu berjerawat, hal yang harus kamu lakukan adalah menjauhkan tanganmu dari jerawat itu sendiri. Segala upaya penghilangan jerawat yang menyebabkan kulit kamu pecah secara fisik, membuatnya lebih rentan terhadap infeksi dan masalah yang lebih besar.

Inilah beberapa jenis jerawat yang sering muncul dan tidak boleh kamu pencet sembarangan :

  • Jerawat Kistik

Jerawat kistik muncul sangat dalam di bawah permukaan kulit, membentuk benjolan merah dan lembut yang menyakitkan dan jauh lebih sulit untuk diobati dengan obat-obatan luar. Peradangan yang menyertai jerawat kistik dapat menghambat proses penyembuhan dan sering menyebabkan jaringan parut permanen yang tidak mungkin untuk dihilangkan.  Memencet benjolan di jerawat kistik tidak akan membantu.  gundukan di bawah kulit juga tidak akan membantu karena lokasinya sangat dalam. Kamu justru akan menyakiti kulitmu jika memaksakan untuk memencetnya.

  • Milia

Pernah perhatikan bagaimana benjolan-benjolan putih kecil di wajah kamu (seperti bruntusan) sangat mengganggu dan membuatmu tidak PD? Yah, yakinlah. Mereka benar-benar tidak dapat dihentikan – setidaknya tanpa bantuan dokter kulit. Milia sebenarnya tidak diisi dengan kotoran atau minyak. Mereka adalah kista kecil dan tidak berbahaya yang terjadi ketika sel-sel kulit mati terperangkap di bawah kulit kamu. Mencoba memencetnya  kemungkinan akan membuat kulit kamu merah, teriritasi, dan meradang. Milia pun tidak hilang.

  • Kutil

Kutil adalah pertumbuhan kulit ekstra yang biasanya terjadi pada leher dan ketiak. Tetapi ada alasan mengapa kamu tidak harus memilih untuk menghilangkan gundukan kecil bernama kutil ini.  Ketahuilah bahwa kutil terbuat dari daging, dan berusaha menghilangkannya dengan memencet atau usaha apapun itu (manual) akan menyebabkan rasa sakit dan kamu bisa berdarah. Hal ini bisa memicu infeksi. Kutil sering terjadi di daerah gesekan, seperti leher, ketiak, dan selangkangan, dan mereka diduga disebabkan oleh gesekan kulit pada pakaian. Biasanya kutil ditemukan pada orang yang kelebihan berat badan atau mereka yang memakai banyak perhiasan.

  • Komedo

Komedo adalah masalah yang paling sering muncul di wajah kamu, terutama di bagian hidung dan pipi. Meski demikian, kamu harus  jauhkan tangan kamu dari komedo. Komedo adalah pori-pori yang tersumbat oleh minyak. Meremas atau memencet komedo akan membuat bakteri menjadi lebih dalam masuk ke dalam kulit dan menyebabkan trauma pada kulit. Perawatan terbaik untuk mengatasi komedo adalah asam salisilat dan retinol. Pengelupas kulit ini meningkatkan pergantian sel, mencegah sel kulit mati dari menyumbat pori-pori kamu. Untuk menghilangkan minyak dan kotoran tanpa mengambil komedo atau memberikan tekanan, gunakan exfoliant bebas resep seperti Differin Gel. Ini akan berhasil untuk membawa komedo ke permukaan kulit dan memberimu wajah segar hanya dalam beberapa hari. Cari produk make up dan skincare  yang bebas minyak dan non-komedogenik, untuk memastikan apa yang kamu gunakan pada wajah kamu tidak akan berkontribusi pada komedo-komedo di masa depan.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/6-cara-menghilangkan-komedo-dari-wajahmu/

http://www.tampilcantik.com/bahan-alami-yang-bisa-kamu-gunakan-untuk-menghapus-kutil-dari-kulit/

http://www.tampilcantik.com/kebiasaan-buruk-sebelum-tidur-yang-dapat-menyebabkan-jerawat/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Cara Mendapatkan Classic Blue Hair yang Sempurna

Inilah sebuah panduan lengkap untuk kamu yang ingin