Menikah memang menjadi momen yang amat sakral dan penting dalam hidup. Hal ini lantaran pernikahan tersebut diharapkan menjadi momen sekali seumur hidup hingga akhir hayat. Momen menikah pun bukan hanya menjadi momen kebahagiaanmu dan pasangan, tapi juga menjadi kebahagiaan keluarga, kerabat, teman dan banyak orang di sekitarmu. Ya, pernikahan memang se-membahagiakan itu.

 

Karena alasan itulah mengapa banyak orang rela untuk menghamburkan uang hingga ratusan juta dan bahkan tak sedikit yang merogoh kocek sampai milyaran demi menggelar pernikahan yang ramai dan meriah. Namun coba pikir lagi deh, segitu harusnya kah menghamburkan uang untuk menggelar pesta pernikahan? Inilah beberapa alasan sebetulnya menikah itu tak harus dengan budget besar.

 

Kamu akan didera pusing dan lelah sejak berbulan-bulan sebelum pernikahan

Menikah dengan mewah bukan bisa terjadi begitu saja. Jangan anggap ketika kamu bahkan memiliki uangnya, maka pernikahan mewah itu bisa langsung terjadi dengan menjentikkan jari saja. Kamu harus mempersiapkan, mempertimbangkan, mencatat, menghitung, menghitung ulang dan menghitung lagi segala yang akan kamu butuhkan. Apa saja sih kebutuhannya? Banyak banget! Mulai dari gedung, katering, pakaian, make up hingga pertimbangan dari vendor dan budget yang dimiliki. Pusing dan lelahnya hal ini akan dimulai berbulan-bulan sebelum acara pernikahan lho. Belum lagi kepusingan pasca acara pernikahan dimana tagihan menumpuk, barang yang harus diganti, hingga hutang yang mungkin kamu miliki.

 

Kesakralan pernikahan tidak ditentukan dari banyaknya tamu yang datang dan mewahnya acaramu

Urusan undang mengundang tentu menjadi hak kamu. Mau undang keluarga saja, teman dekat atau bahkan target sampai ribuan undangan, semuanya boleh banget! Namun, kamu harus ingat jika semakin banyak undangan yang disebar, maka semakin banyak juga budget yang harus kamu persiapkan. Tapi jika memang tidak punya budget besar atau memang sedang ingin berhemat demi masa depan, maka undangan tidak begitu banyak juga tidak mengapa kok. Asalkan keluarga dan teman dekat sudah hadir, tentunya sudah cukup membahagiakan. Ingat ya, kesakralan dari pernikahanmu bukan ditentukan dari ramai dan banyaknya tamu undangan kok. Justru jika tamu yang datang adalah orang terdekat, maka kamu benar-benar bisa menjamu dan bertemu mereka dengan lebih maksimal. Ah, betapa indahnya.

 

Menikah mewah bukan jaminan rumah tangga akan adem ayem saja selamanya

Saat ini menikah mewah memang mampu menunjukkan gengsi yang tinggi. Namun, tak sedikit orang yang mendewakan gengsi tapi kemudian harus hutang sana sini demi bisa nampak wow di mata orang lain. Dibandingkan menikah mewah tapi pusing belakangan karena hutang ratusan juta, maka lebih baik menyelenggarakan pernikahan semampunya. Yang terpenting adalah bagaimana tamu bisa terjamu dengan baik dan merasa nyaman. Selain itu, menikah dengan mewah pun bukan berarti rumah tangga kamu nantinya akan bebas dari prahara juga kok.

 

Nikah mewah itu tidak salah. Jika memang memiliki budgetnya, maka boleh saja menyelenggarakan pernikahan semewah yang kamu mau. Tapi bukankah lebih bijaksana jika uang yang dimiliki itu dipergunakan untuk persiapan dan tabungan membangun rumah tangga?

 

Baca Juga :

Hilangkan Frase-Frase Berikut Ini dari Kosa-Kata Pernikahan

Hal Penting Yang Perlu Kamu Pahami Sebelum Kamu Memutuskan Untuk Memasuki Jenjang Pernikahan

Pernikahan Adalah Suatu Komitmen Yang Indah. Jangan Malah Berpikir Pernikahan adalah Sebuah Tragedi!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ternyata Menikah Memberikan Manfaat Dari Sisi Kesehatan Lho, Cari Tahu Yuk!

Menikah menjadi hal yang sangat istimewa dalam kehidupan.