Mengidam, kembung dan kelaparan adalah hal yang selalu kita alami saat sedang haid.  Selain itu, wanita yang saat haid juga  selalu merasa murung dan mudah tersinggung. Tapi pertanbyaannya adalah, mengapa kita lebih sering merasa lapar saat haid? Mari kita cari tahu di sini.

Bagi kebanyakan wanita, kembung adalah pengalaman umum selama had. Tapi, ada banyak wanita lain yang juga merasa lapar dan berubah selera makan. Tapi, mengapa mereka merasa lapar sebelum dan selama haid?

Fluktuasi hormon estrogen dan progesteron, karena mereka meningkat dan kemudian menurun, tepat sebelum periode itu dapat menyebabkan kelaparan. Rasa lapar yang mengintai ini benar-benar normal. Selama ovulasi, sekitar 12 hingga 16 hari sebelum haid, tubuh kamu bersiap-siap untuk hamil.  Sehingga hormon (estrogen dan progesteron) yang meningkat selama waktu ini memicu respons rasa lapar. Juga, selama waktu ini sebelum masa haid kamu, 15 persen kalori dibakar yang juga dapat membuat kamu merasa lebih lapar. Sementara siklus menstruasi aktif, minggu menstruasi kamu  membuat tubuh kamu melakukan beberapa pekerjaan tambahan seperti membakar lebih banyak kalori dan BMR kamu (Basal Metabolic Rate) naik. Dan untuk mendapatkan jumlah kalori yang cukup yang dibutuhkan, tubuh kamu mengirimkan sinyal ke otak yang mengatakan bahwa kamu lebih sering lapar.

Bagaimana cara mengendalikan rasa lapar kamu saat sedang ahid?Dengarkan tubuh kamu ketika kamu sedang haid. Karena kamu mungkin menginginkan cokelat, es krim atau mungkin apa pun yang akan memberi kamu kenyamanan daripada memberi nutrisi. Jika kamu merasa ingin makan burger, maka jangan memendam keinginan kamu. Jadi jika kamu benar-benar menginginkannya, maka kamu harus membelinya sekarang juga.

Jika Kamu mengalami peningkatan rasa lapar dan mengidam makanan, cobalah tips ini selama sedang haid.

1.      Bersikap Baik kepada Diri Sendiri

Image result for lapar saat haid

Jika kamu merasa sangat lapar dan emosional, jangan membenci tetapi berbaik hati kepada diri sendiri. Jika makanan tertentu adalah apa yang kamu inginkan selama waktu ini untuk membuat kamu merasa lebih baik, maka konsumsi mereka dalam jumlah yang tepat

2.      Jangan Membandingkan Diri Kamu dengan Wanita Lain

Hal terburuk yang dapat dilakukan wanita adalah membandingkan diri kamu dengan orang lain dalam hal PMS, kenaikan berat badan, peningkatan rasa sakit atau kram. Jadi, buat kamu wanita, jangan pernah membandingkan diri kamu dengan wanita lain, dan lakukanlah apapun yang menurut kamu nyaman.

3. Lakukan Latihan Dan Makan Yang Benar

Jika kamu mengalami kelelahan dan kram saat haid, cobalah melakukan latihan ringan seperti yoga atau berjalan. Dan makan sehat akan membuat kamu merasa lebih baik juga. Jadi, pilih makanan alami berserat tinggi seperti walnut, kurma, buah-buahan, dan sayuran. Dan makan juga cokelat hitam yang dikemas dengan antioksidan dan sifat anti-inflamasi.

 Baca juga Jaman Gini Masih Sering Bad Mood Gara-gara Haid?! Artinya Hal-hal Positif Ini Belum Ada Di Hidupmu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Makanan Berkalori Tinggi Dan Efek Sampingnya

Bagi para pejuang diet tentu sudah tidak asing