Bagi kamu pencinta Drama Korea, pasti kamu sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Yap, Kimchi, makanan fermentasi yang sering kamu lihat di dalam adegan-adegan drama itu. Apakah kamu sudah pernah memakan kimchi? Apakah kamu menyukainya? Jika kamu menyukainya, wah, kamu beruntung. Karena ternyata Kimchi adalah salah satu makanan dengan segudang nutrisi dan manfaat kesehatan. Mau tahu apa saja? Simak manfaat Kimchi berikut ini :

  • Kimchi Baik untuk Ususmu

“Seperti halnya sayuran dan makanan fermentasi lainnya, kimchi kaya akan probiotik yang bermanfaat,” jelas ahli gizi Samantha Cassetty, RD yang berbasis di New York City. Makan kimchi dapat membantu meningkatkan keseimbangan bakteri baik dan buruk di usus kamu, yang pada akhirnya memberi manfaat bagi kesehatan usus kamu.

  • Kimchi Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuhmu

Manfaat pencernaan Kimchi juga terbawa sampai ke sistem kekebalan tubuh kamu. Probiotik dalam kimchi bermanfaat untuk fungsi kekebalan tubuh karena sebagian besar fungsi kekebalan terjadi di usus. Ketika usus kamu dalam kondisi yang baik, sistem kekebalan tubuh kamu lebih mampu berfungsi secara optimal.

  • Kimchi Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol

Meskipun hubungan yang tepat antara kimchi dan kolesterol tidak sepenuhnya jelas, beberapa penelitian telah menemukan bahwa orang yang makan kimchi secara teratur cenderung memiliki kadar kolesterol “jahat” (LDL) yang lebih rendah.

  • Kimchi Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selain mendukung kolesterol sehat, Kimchi juga dapat membantu jantung kamu dengan meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh kamu. Antioksidan membantu menstabilkan sel-sel yang rusak yang dapat mempercepat proses pemulihan penyakit, sehingga memiliki status antioksidan yang tinggi dapat melindungi kamu dari kondisi kronis, seperti penyakit jantung.

  • Kimchi Dapat Membantu Peradangan

Kelebihan atau peradangan kronis berdampak serius pada kesehatan kamu seiring berjalannya waktu, dan probiotik (seperti yang akan kamu temukan di kimchi) dapat memiliki efek anti-inflamasi pada usus. Jurnal Mikrobiologi menemukan bahwa strain probiotik spesifik yang ditemukan dalam kimchi mengurangi beberapa gejala peradangan di usus.

  • Kimchi Dapat Mendukung Kesehatan Otak

Manfaat dari usus yang sehat adalah otak bekerja lebih baik. Menjaga sistem pencernaan tetap sehat juga penting bagi otak, karena sistem saraf enterik di usus berkomunikasi dengan otak kamu. Koneksi usus-otak ini membutuhkan usus yang sehat agar berfungsi dengan baik.

  • Kimchi Membantu Penurunan Berat Badan.

Oke, jelas makan kimchi tidak akan secara ajaib membuat kamu menurunkan berat badan, ya! Namun, ini bisa menjadi alat yang sangat membantu dalam gaya hidup sehat kamu. Orang-orang cenderung makan berlebihan ketika makanan mereka membosankan atau hambar tetapi, ketika kamu menambahkan elemen beraroma seperti kimchi ke dalam makanan, lebih mudah untuk merasa puas dengan ukuran porsi yang lebih sedikit. Wah, ternyata banyak banget ya manfaat Kimchi untuk kesehatan? Jadi, bagi kamu yang belum mencoba Kimchi, kamu harus sesekali mencobanya. Siapa tahu kamu suka dan bisa sering mengonsumsinya untuk menjaga usus tetap sehat.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/manfaat-kimchi-yang-membuatmu-terkejut/

http://www.tampilcantik.com/ternyata-ini-alasan-kenapa-artis-korea-nampak-lebih-muda-dibanding-artis-hollywood/

http://www.tampilcantik.com/hati-hati-ini-4-makanan-yang-bisa-menyebabkan-kanker/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Hand Sanitizer vs. Cuci Tangan, Mana yang Terbaik untuk Mencegah Penyebaran Virus dan Kuman?

Tangan adalah bagian dari tubuh kita yang paling