Kopi menjadi salah satu minuman yang banyak difavoritkan oleh kebanyakan orang. Jika biasanya kopi hitam yang banyak diperbincangkan, maka beberapa waktu belakangan ini justru popularitas kopi hijau yang sedang diunggulkan. Ternyata alasan popularitas dari kopi hijau adalah karena klaim yang menyatakan jika kandungan dari kopi hijau ini bisa menurunkan berat badan lho.

 

Kopi hijau sendiri merupakan biji kopi mentah tidak dipanggang. Umumnya kopi hijau yang dipakai untuk diet sudah dikemas dibentuk suplemen dari ekstraknya. Tentunya menggiurkan sekali ya jika kamu hanya meminum suplemen lalu berat badan bisa tiba-tiba turun beberapa kilo. Namun, apakah kopi hijau memang sudah terbukti mampu membantu diet?

 

Efektivitas kopi hijau dalam penurunan berat badan

Banyak yang menyatakan jika kopi hijau mempunyai banyak sekali manfaat kesehatan lantaran kandungan senyawa berupa asam klorogenat. Asam klorogenat sendiri dipercaya mempunyai efek berupa antioksidan sehingga bisa membantu dalam penurunan berat badan dan juga mencegah penumpukan lemak. Selain itu kopi hijau juga disebut-sebut mempunyai efek baik dalam menjaga kesehatan otak.

 

Perlu diketahui sebelumnya jika baik kopi biasa atau kopi hijau sebetulnya juga memiliki kandungan asam klorogenat kok. Tapi memang asam klorogenat dari kopi hijau ini memang lebih tinggi lantaran biji kopinya yang tidak dipanggang. Ya, proses pemanggangan bisa jadikan kandungan asam klorogenat menjadi berkurang. Nah, dari sinilah muncul anggapan jika kopi hijau pun berpotensi untuk membantu penurunan berat badan. Tapi ternyata, sampai saat ini penelitian belum ada yang menunjukkan efektivitas dari kopi hijau serta keamanannya untuk penurunan berat badan ataupun ketika dikonsumsi jangka panjang.

 

Risiko dan efek samping konsumsi kopi hijau dalam penurunan berat badan

Sama juga dengan kopi biasa, kopi hijau tetap memiliki kandungan kafein. Itulah mengapa ada beberapa efek samping ketika konsumsi kopi hijau sama seperti kopi hitam yakni sakit kepala, jantung berdebar, sulit tidur, sering buang air kecil, hingga gangguan pencernaan. Kandungan kafein ini juga menjadikan kopi hijau tidak cukup bagus dikonsumsi bagi penderita diabetes, darah tinggi, dan gangguan lainnya.

 

Selain itu, kopi hijau pun beresiko dalam menimbulkan interaksi pada obat pengencer darah dan juga obat stimulan, yaitu obat yang bisa tingkatkan aktivita di sistem saraf otak. Untuk itu, hindari kopi hijau apabila kamu sedang dalam masa konsumsi obat tersebut.

 

Apakah konsumsi kopi hijau diperbolehkan?

Tentu ini menjadi pertanyaan yang ada di benak kamu sekarang bukan? Sebetulnya meminum kopi hijau asalkan tidak memiliki beberapa gangguan dan kondisi khusus masih tidak mengapa. Namun, beda halnya jika kamu ingin konsumsi kopi hijau karena iming-iming bisa menurunkan berat badan lho ya. Jika ada yang menyatakan pernah mencoba dan membuktikan, maka jangan langsung percaya karena tubuh setiap orang berbeda-beda kondisinya.

 

Alangkah lebih bijak jika kamu tidak langsung tergiur dengan kabar di luar sana yang menyatakan jika produk A, B, C bisa menurunkan berat badan. Berkonsultasilah pada dokter dan ahli gizi jika memang ingin diet dan lakukan pola hidup sehat demi keamanan dan tentunya kesehatan jangka panjang.

 

Baca Juga :

Ini dia Manfaat teh Hijau yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Mengurangi Kebiasaan Minum Kopi yang Berlebihan

Minum Green Coffee Untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet dan Olahraga

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Sudah Diet Tapi Berat Badan Tak Turun Juga? Coba Cara Tradisional Yuk!

Berat badan kerap menjadi masalah pelik untuk sebagian