Memiliki wajah yang mulus dan bebas jerawat pastinya menjadi dambaan untuk setiap wanita. Bahkan, demi bisa mendapatkan tampilan wajah yang demikian maka kerapkali wanita menggunakan make up demi bisa menutupinya. Tapi terkadang make up juga menjadikan jerawat kian parah. Untuk itu, bagi kamu yang memiliki tipe kulit berjerawat wajib tahu kosmetik apa saja yang harus dihindari agar kulitmu tidak semakin rusak.

 

Bedak padat

Ketika kamu jerawatan, maka usahakan untuk hindari pemakaian bedak padat. Memang sih bedak padat lebih mudah set ke kulit sehingga banyak dipilih oleh para wanita. Meski demikian, bedak padat memiliki formula yang cenderung berat. Selain bisa menjadikan jerawat makin parah, make up kamu pun akan nampak pecah atau crack. Tentu kamu tidak menginginkan hal ini terjadi bukan? Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan bedak tabur kok untuk set make up kamu. Teksturnya yang ringan akan bisa memberi ruang pada kulit sehingga dapat bernapas dengan lebih baik.

 

Foundation dengan dewy finished

Kulit berjerawat juga tidak boleh asal memilih foundation lho. Mungkin kamu berharap dengan memilih foundation yang finishingnya dewy maka akan menjadikan kulit bisa nampak lembab dan lebih manusiawi. Namun, sayangnya ini salah besar lho ladies. Foundation dengan dewy finished baiknya dipakai untuk jenis kulit kering dan bukannya kulit berminyak dan berjerawat. Pilih foundation lain ya girls.

 

Pigmen merah

Apakah semua make up dengan base warna merah harus dihindari oleh pemilik kulit berjerawat? Sebetulnya tidak kok ladies. Namun, ada informasi yang menyatakan jika pigmen dengan warna merah pada lip tint yang juga bisa dipakai untuk blush on pipi ternyata mampu memicu jerawat lho. Ini karena di lip tint ada bahan comedogenic dimana merupakan turunan coal tar. Itulah mengapa kamu harus hindari pigmen merah ini ya. Pakai saja blush on biasa.

 

Kosmetik dengan kandungan alkohol

Kandungan alkohol di dalam kosmetik tentu sudah menjadi hal yang umum. Ini karena alkohol memiliki kemampuan untuk mengawetkan produk. Kandungan alkohol di kosmetik pun sebetulnya juga tidak terlalu banyak sehingga pada umumnya masih aman untuk kulit secara umum. Namun, jika kulitmu berjerawat ada baiknya untuk menghindari kosmetik dengan kandungan alkohol di dalamnya. Alasannya adalah karena kosmetik seperti ini akan bisa memperparah jerawat kamu. Kandungan alkohol pun bahkan bisa menjadikan kulit makin berminyak lho.

 

Kosmetik dengan kandungan minyak

Last but not least, kamu harus hindari banget kosmetik yang di dalamnya ada kandungan minyak. Ini karena belakangan cukup banyak kosmetik oil based dimana ada bahan cocoa butter hingga mineral oil. Pemakaian produk semacam ini hanya akan bisa menjadikan kadar minyak di wajah makin banyak sehingga jerawat juga pastinya makin banyak.

 

Itulah beberapa jenis kosmetik yang harus kamu hindari ketika kamu memiliki kulit berjerawat. Dibanding menutup dan menyembunyikannya dengan make up, ada baiknya kamu lakukan perawatan terbaik untuk jerawat di kulitmu ladies. Istirahatkan juga kulit dari ragam produk yang memang tidak perlu hingga benar-benar sembuh.

 

Baca Juga :

Atasi Jerawat Batu Membandel Dengan Cara Ini, Girls

Hindari! Inilah 4 Makanan yang Sukses Datangkan Jerawat

Hati-hati Ladies! Ini Beberapa Kesalahan Make Up Yang Bisa Menyebabkan Jerawatan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Yuk, Ketahui Cara Shading Hidung Dan Pipi Untuk Wajah Nampak Tirus Untuk Pemula

Dunia make up memang sudah berkembang dengan sangat