Menurunkan berat badan diakui memang bukan perkara yang mudah. Tak heran jika banyak sekali orang yang kerapkali stres, frustasi dan akhirnya menyerah untuk melakukan diet. Jika kamu memang sedang berusaha untuk diet, maka kamu bisa melakukan cara lainnya misalnya adalah dengan makan makanan pedas. Selain sajiannya enak, makanan pedas bisa membantu kamu untuk capai berat badan yang ideal lho.

Untuk sebagian orang, memang makanan pedas seringkali dijauhi lantaran mampu memberikan sensasi berbeda yakni panas di lidah dan bahkan perut ketika disantap. Makan makanan pedas itu boleh saja kok, asalkan tidak dikonsumsi berlebihan. Bahkan makan makanan pedas juga bisa membantu kamu untuk menurunkan tekanan darah, lancarkan pencernaan dan bahkan bisa bantu untuk turunkan berat badan. Ini adalah karena peran senyawa capsaicin yang menjadi sumber rasa pedasnya. Jika kamu memang sedang diet, maka inilah alasan mengapa kamu harus jadikan makanan pedas sebagai tambahan menu dietmu.

Mampu menekan nafsu makan

Penelitian sudah membuktikan jika konsumsi capsaicin bisa menurunkan asupan kalori ketika makan dengan menjadikan kamu merasakan kenyang lebih cepat. Hal ini karena efek sensasi rasa panas dari capsaicin di saluran cerna. Capsaicin pun bisa membantu untuk menghambat sinyal saat lapar dari pencernaan menuju otak sehingga bisa membantu dalam menurunkan nafsu makan. Kamu pun tidak akan terus menerus merasakan lapar sehingga bisa meminimalisir makan makanan yang tak sehat.

Mempercepat laju metabolisme tubuh

Metabolisme sendiri merupakan proses di tubuh untuk ubah kalori dari makanan yang diubah jadi energi. Ketika kamu konsumsi capsaicin, maka terjadi peningkatan temperatur di tubuh sehingga bisa tingkatkan metabolisme di tubuh sampai 5%. Artinya, sajian pedas akan bisa membantu membakar kalori lebih banyak dan juga menghambat lemak tersimpan. Penelitian pun bahkan menyebutkan jika konsumsi capsaicin bisa bakar energi 50 kalori lebih banyak untuk tiap harinya. Dari sinilah bisa disimpulkan jika makan makanan pedas bisa menurunkan berat badan.

Membantu untuk membakar lemak

Penelitian telah menunjukkan jika konsumsi capsaicin akan bisa menurunkan lingkar pinggang dan menjadikan lekuk tubuh ideal. Wah, kabar gembira ya ladies. Ini karena capsaicin mampu meningkatkan pembakaran lemak sampai 16% dan juga mencegah lemak bertumpuk di tubuh. Jika demikian, maka ada baiknya jika kamu menambahkan menu makanan pedas di menu diet harian kamu. Tapi ingat, tingkat kepedasan dan intensitasnya juga harus benar-benar dipertimbangkan dengan benar lho ya.

Konsumsi makanan pedas memang bisa membantu menjadikan berat badan kamu turun, asalkan disantap dalam jumlah yang wajar. Sebetulnya capsaicin sendiri terbilang aman serta tidak akan memberikan dampak negatif. Tapi jika kamu terlalu suka makanan pedas, maka waspadai juga efeknya karena bisa memicu gangguan di pencernaan, peradangan di saluran cerna, diare dan lain sebagainya jika terlalu keseringan. Untuk sebagian orang, bahkan konsumsi makanan pedas memang bisa jadikan nafsu makan pun meningkat. Tentunya hal ini wajib untuk kamu waspadai, terutama jika terus-terusan terjadi. Bisa jadi diet yang sudah kamu rencanakan justru gagal.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/stop-minuman-bersoda-inilah-efek-buruk-untuk-diet-dan-kesehatanmu/

http://www.tampilcantik.com/ternyata-olahraga-berlebihan-itu-tidak-baik-yuk-atur-lagi-jadwal-olahraga-untuk-dietmu/

http://www.tampilcantik.com/konsumsi-air-jeruk-nipis-untuk-diet-efektifkah/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Sudah Diet Tapi Berat Badan Tak Turun Juga? Coba Cara Tradisional Yuk!

Berat badan kerap menjadi masalah pelik untuk sebagian