Bawang adalah sayuran, yang memiliki klasifikasi ilmiah Allium cepa. Mereka mengandung sejumlah senyawa antioksidan yang sangat efektif dalam menetralisir radikal bebas yang ada di tubuh manusia. Selain itu, mereka telah digunakan untuk tujuan pengobatan selama ribuan tahun.

Bawang telah menjadi salah satu tanaman pokok dalam makanan manusia selama lebih dari 7.000 tahun, dan selama sebagian besar waktu itu, mereka dibudidayakan. Masih ada spesies liar di wilayah tertentu di Asia, namun secara keseluruhan, bawang merupakan tanaman yang tumbuh secara global dan dibudidayakan. Daya tarik  bawang ini bisa berasal dari fleksibilitas dan ketersediaannya atau dari sifat obat dan khasiat yang mereka miliki.

Tanaman bawang dapat tumbuh di tanah yang dikeringkan dengan baik dan lembab. Kamu bahkan bisa menumbuhkannya di halaman belakang atau kebun kamu untuk menuai manfaat kesehatannya. Tidak hanya itu, bawang merupakan bagian penting dari banyak olahan kuliner dalam masakan di seluruh dunia dan mereka juga dikenal sebagai ‘tanaman pendamping’, yang berarti mereka tumbuh dengan baik di sekitar sayuran dan tumbuhan lainnya.

Bawang telah dikenal memiliki nilai kuratif sejak zaman purba. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa bawang  bermanfaat bagi orang-orang dengan nafsu makan berkurang dan mereka yang menderita aterosklerosis.

Karena kandungan nutrisi, vitamin, mineral, dan senyawa organic didalamnya, membuat bawang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kamu. Supaya kamu tidak penasaran dan bertanya-tanya, inilah beberapa manfaat dari bawang yang akan kamu dapatkan, antara lain :

  1. Meningkatkan Imunitas

Fitokimia hadir dalam jumlah yang signifikan pada bawang bertindak sebagai stimulan untuk vitamin C di dalam tubuh. Vitamin C ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu dengan melawan racun dan berbagai benda asing yang dapat menyebabkan penyakit.

  1. Mengelola Diabetes

Bawang mengandung kromium, yang merupakan mineral yang relatif tidak biasa ditemukan secara alami dalam makanan. Kromium dapat  membantu tubuh mengelola kadar gula darah dan memastikan pelepasan glukosa lambat ke otot dan sel tubuh. Karena itu, memakannya bisa membantu memodulasi kadar gula darah, yang sangat penting bagi penderita diabetes.

  1. Perawatan kulit

Jus bawang merah dicampur dengan madu atau minyak zaitun dikatakan sebagai pengobatan terbaik untuk mengobati gejala atau tanda-tanda jerawat. Hal ini juga anti-inflamasi di alam, sehingga senyawa aktif dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang umumnya terjadi karena  jerawat. Selain itu, bawang juga membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan kondisi seperti encok dan artritis.

  1. Mengatasi Anemia

Bahkan kondisi anemia pun bisa diperbaiki dengan mengonsumsi bawang merah bersama dengan jaggery dan air karena ini menambah kandungan mineral tubuh, terutama zat besi, yang merupakan bagian penting dalam memproduksi sel darah merah baru. Karena itu, anemia, juga dikenal sebagai zat besi, bisa dicegah dengan memasukkan bawang dalam makanan kamu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ngak Mau Kan Perut Buncit Terus..Yuk Cobain Beberapa Minuman Ini Yang Bisa Jadikan Perutmu Rata

Salah satu masalah dalam tubuh wanita adalah perut