Menurunkan berat badan memang bukanlah hal yang mudah. Tentunya hampir semua orang tahu itu. Jika menurunkan berat badan itu mudah, maka tentu banyak sekali orang yang tidak akan gagal saat menjalani program diet. Meski sulit, tapi diet bukan hal yang tidak mungkin dilakukan kok.

 

Diet bisa dijalankan dengan sukses asalkan kamu benar dalam melakukannya. Kegagalan dalam diet mungkin terjadi karena kesalahan diet yang kamu percayai dari orang atau sumber tertentu. Nah, berikut ini beberapa kesalahan diet yang banyak dipercaya orang dan harus diluruskan.

 

Karbohidrat jadikan tubuh gemuk

Untuk pernyataan yang satu ini tak sepenuhnya benar. Alasannya karena karbohidrat jika dikonsumsi di porsi tepat maka tak akan sebabkan kegemukan lho. Untuk itu, kamu pun hanya perlu cerdas dalam memilih jenis karbohidrat yang akan dikonsumsi sehingga bisa mendapatkan manfaat dari karbohidrat itu sendiri. Makanan dengan karbohidrat baik untuk dikonsumsi misalnya sayur dan buah dengan serat tinggi, biji-bijian hingga kacang-kacangan.

 

Tidak boleh sarapan agar berat badan cepat turun

Pernyataan ini keliru sekali lho karena sarapan justru jadi bagian yang amat penting ketika kamu melakukan diet. Apabila kamu tidak makan sarapan, maka kadar gula darah rendah akan bisa jadikan hormon lapar justru meningkat. Kamu akan merasa kelaparan yang teramat sangat ketika jam makan siang tiba dan bahkan sebelum waktu tersebut. Efek dari hal ini adalah dengan menjadikan kamu makan dalam jumlah besar dan seringkali memilih makanan yang justru tak sehat sebagai pelarian.

 

Makan malam juga dilarang

Sarapan sudah dilarang, makan malam pun tak boleh dilakukan. Siapa yang masih percaya dengan pernyataan tersebut saat diet? Faktanya, sampai saat ini tak ada bukti yang menunjukkan jika makan malam bisa meningkatkan berat badan lho. Tapi kamu juga harus ingat jika asupan makanan yang kamu konsumsi harus dibatasi. Selain itu kamu juga harus menghindari konsumsi makanan dengan kandungan kalori tinggi. Makan malam boleh, asalkan waktunya juga agak jauh dari waktu tidurmu sehingga organ pencernaan tetap bisa maksimal bekerja.

 

Asupan lemak wajib dihindari

Kamu harus tahu jika lemak pun sangat dibutuhkan untuk tubuh lho sehingga bisa memenuhi kebutuhan energi dan mampu perbaiki sel tubuh. Namun, bijaklah ketika memilih makanan berlemak yakni makanan dengan kandungan lemak sehat misalnya dari alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian hingga ikan. Batasilah makanan dengan kandungan lemak jenuh serta lemak trans misalnya mentega, daging merah hingga makanan olahan yang tak sehat.

 

Makin banyak olahraga berat badan makin cepat turun

Tidak olahraga itu tidak baik, tapi berlebihan dalam olahraga juga bukan hal yang baik. Menurunkan berat badan tentu harus olahraga, tapi bukan berarti olahraganya diforsir. Hindari olahraga ekstrim sekali waktu tapi membolos di hari lain. Lebih baik kamu olahraga ringan tapi rutin setiap hari.

 

Itulah beberapa kesalahan dasar yang seringkali dilakukan oleh para pejuang diet. Setelah tahu faktanya, tentu kamu bisa lebih berhati-hati dalam mempercayai sumber atau kata-kata dari orang lain.

 

Baca Juga :

Katanya Baik Untuk Diet, Yuk Kenali Lemak Nabati Lebih Dalam

Diet Yuk! Perut Buncit Ternyata Berbahaya Untuk Kesehatan Lho

Diet Tetap Terjaga Dengan Memilih Sarapan Yang Menyehatkan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ternyata Olahraga Berlebihan Itu Tidak Baik, Yuk Atur Lagi Jadwal Olahraga Untuk Dietmu

Olahraga rutin tentu sangat penting untuk rencana diet