Ketika melakukan diet, kamu pastinya akan sangat bersahabat dengan benda yang bernama timbangan. Ya, timbangan memang jadi patokan utama dalam program penurunan berat badan ataupun mempertahankannya. Namun, harus diketahui jika sebetulnya timbangan saja bukanlah bisa jadi petunjuk utama dan patokan lho ladies.

Memang timbangan baik dipakai untuk mengukur gerakan dari angka berat badan kamu. Namun, pemakaian timbangan ketika kurang tepat akan bisa menjadikan pemakainya pun keliru untuk memahami perubahan angka dari timbangan tersebut. Untuk itu, kamu bisa cek beberapa fakta berikut ini dalam menimbang berat badan.

Tidak usah menimbang setiap hari

Berat badan sebetulnya adalah cerminan yang terjadi dalam tubuh kamu di suatu periode lama. Untuk itu, cara mengurangi makanan atau bahkan menambah makanan dalam sehari tidak akan bisa langsung terpantau di timbangan. Itulah mengapa tidak ada gunanya kamu dalam menimbang berat badan setiap hari terus menerus. Justru aktivitas menimbang berat badan terus menerus ini akan menjadikan kamu bisa terobsesi dengan angka yang ada di timbangan. Jadi, kamu bisa memantau perubahan dari berat badanmu seminggu sekali saja sudah cukup. Kamu pun harus tahu jika naik turun berat badan pun bisa dipengaruhi dengan faktor kondisi cuaca, adanya perubahan hormon, hingga konsumsi makanan asin dan bertepung.

Menimbang pada waktu yang sama

Jika kamu ingin hasil timbangan yang lebih akurat, ada baiknya jika kamu menimbang berat badan pada waktu yang sama yakni di hari dan juga jam yang sama di tiap minggunya dengan memakai timbangan yang sama juga serta pakaian serupa. Jangan lupa jika ketika kamu mengenakan sepatu atau pakaian tebal, maka ini akan bisa memperberat timbangan kamu lho. Waktu yang tepat untuk menimbang berat badan yakni pagi hari dimana di waktu ini bobot tubuh belum terpengaruh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Direkomendasikan untuk menggunakan timbangan jenis digital sehingga bisa menunjukkan angka yang lebih tepat dan mudah terbaca. Jika kamu ragu, maka ada baiknya kamu mencoba untuk menimbang di pusat kebugaran, puskesmas, klinik atau praktik dokter.

Perhatikan posisi timbangan

Coba kamu lihat timbangan kamu. Pastikan jika timbangan yang kamu pakai ada di permukaan yang memang rata. Ketika timbangan diletakkan di karpet empuk atau tebal, maka ini akan bisa menjadikan tingkat akurasi timbangan berkurang. Jadi, posisi timbangan menentukan prestasi bobot kamu juga lho ladies.

Pakai cara lain juga bisa

Tak melulu berpatokan dengan timbangan, cobalah kamu menimbang dengan hitungan indeks massa tubuh juga. Dengan penghitungan menggunakan dua cara tersebut, maka kamu akan tahu bobot tubuh kamu masuk kategori yang mana. Memang sih metode IMT tidak bisa dipakai untuk tahu presentase dari otot ataupun lemak tubuh. Tapi setidaknya dengan cara ini kamu akan tahu apakah kamu termasuk obesitas atau tidak.

Dibandingkan terus fokus menimbang, maka ubah mindset dan lebih fokus untuk menjalani gaya hidup yang sehat. Jangan lupakan juga untuk berolahraga secara rutin sehingga tubuh pun makin sehat.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/timbangan-berat-badan-naik-turun-dalam-sehari-yuk-ketahui-penyebabnya/

http://www.tampilcantik.com/timbangan-badan-masih-ngak-turun-turun-meskipun-udah-diet-ekstrem-ayuk-ikutin-tips-berikut-untuk-mendapatkan-berat-badan-idealmu/

http://www.tampilcantik.com/susah-menurunkan-berat-badan-air-pada-tubuh-yang-bikin-timbanganmu-nampak-melonjak-ini-mungkin-alasannya/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Olahraga yang Efektif Untuk Mengurangi Lemak Samping

Bagi kamu yang sedang berusaha untuk mengurangi berat