Mengenal Penyakit Hernia Yang Biasa Diidap Oleh Wanita

Penyakit hernia menjadi salah satu penyakit yang banyak ditakuti. Hernia sendiri biasa disebut turun berok. Kondisi hernia ini bisa terjadi karena kelemahan hingga kelainan di otot sehingga menjadikan organ tubuh tidak dapat tersangga di tempat yang sebenarnya.

Untuk jenis penyakit hernia ada cukup banyak. Ada beberapa jenis hernia yang bisa ditemukan pada pria, namun ada juga beberapa jenis yang kerap ditemui pada wanita. Berikut ini beberapa jenis hernia yang sering ditemui pada wanita.

Hernia Fermoralis

Yang pertama ada Hernia fermoralis dimana kondisi ini dapat terjadi saat usus mencuat di bagian atas paha ataupun selangkangan. Hasilnya pun akan menjadikan ada tonjolan di area itu. Hernia fermoralis beresiko pada wanita lebih tinggi dibanding pria. Jika kamu hamil atau obesitas, maka risikonya akan bisa lebih tinggi. Kadang Hernia fermoralis sulit terlihat jika ukurannya masih kecil. Penderita pun sering sekali tidak merasakan apa-apa. Tapi jika ukurannya kian besar, maka kian sakit terasa hernia tersebut.

Hernia Hiratus

Selanjutnya ada Hernia hiatus. Anda bisa disebut memiliki Hernia hiatus saat ada tonjolan di bagian diafragma menuju arah rongga dada. Tonjolan ini bisa muncul lantaran adanya bagian organ di perut yang naik menuju atas lalu lewat di celah diafragma. Kondisi Hernia hiatus ini lebih tinggi risikonya pada wanita, apalagi yang mengalami obesitas hingga wanita di usia 50 tahun lebih. Hernia hiatus tidak memunculkan gejala ketika ukuran masih kecil. Tapi waspadalah jika ukurannya sudah lebih besar dimana nyeri akan mulai muncul di bagian perut atau dada, asam lambung naik hingga sulit menelan.

Hernia umbilikus

Saat ada usus, lemak hingga cairan mencuat pada dinding rongga perut yang ada di dekat pusar, maka Hernia umbilikus ini terjadi. Dengan demikian maka akan ada tonjolan pada bagian sekitaran pusar. Hernia umbilikus lebih sering menimpa wanita, terutama ketika wanita tersebut memiliki banyak anak atau memiliki kondisi obesitas.

Hernia inguinalis tak langsung

Hernia inguinalis biasanya menjangkit para pria. Namun jika jenis Hernia inguinalis tak langsung, maka wanita lebih sering mengalaminya. Hernia inguinalis tak langsung ditandai ketika ada tonjolan di bagian selangkangan kamu. Tonjolan ini dapat terasa seperti terbakar atau sakit sekali terutama ketika penderota sedang membungkuk, mengangkat benda berat hingga batuk. Umumnya Hernia inguinalis tak langsung ini terjadi lantaran kondisi tidak normal di cincin inguinal internal dimana risikonya terjadi kian tinggi ketika wanita sedang hamil.

Bagi kamu atau mungkin orang terdekat jika merasakan ada tonjolan pada area paha atas, pusar hingga selangkangan, maka ada baiknya untuk langsung konsultasi pada dokter. Dengan demikian, akan bisa diketahui apakah itu hanya tonjolan biasa atau justru hernia. Biasanya ada pemeriksaan fisik untuk mengetahui apakah itu hernia atau bukan yakni akan diminta berdiri, mengejan atau batuk. Dengan demikian tonjolan akan bisa dilihat dan kemudian diperiksa. Dokter pun biasanya akan melakukan USG atau foto rontgen demi mengetahui benar kondisi pasien yang terkait.

Baca Juga:

^  REVIEW: Ponds Angel Face Natural Mattifying Face Powder

^  Mengejutkan, Hal-Hal Ini Ternyata Bisa Membuatmu Kena Penyakit Tekanan Darah Tinggi!

^  Pacaran dengan Wokaholic? Lakukan Ini Biar Bahagia

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Olahraga yang Efektif Untuk Mengurangi Lemak Samping

Bagi kamu yang sedang berusaha untuk mengurangi berat