Hampir semua orang pasti menyukai makanan yang satu ini, yaitu mie instan. Mie instan memang terkenal sebagai makanan yang simpel tetapi enak. Sehingga banyak orang yang menjadikannya pilihan saat keadaan buru-buru. Tetapi kadang ada beberapa orang yang menjadikan mie instan sebagai makanan pokok mereka. Sebenarnya mengonsumsi mie instan tidak boleh terlalu sering bahkan sampai setiap hari. Tidak hanya mie instan, semua jenis makanan jika dikonsumsi secara berlebihan juga tidak akan baik untuk tubuh. Selain itu, mengonsumsi mie instan dalam jangka waktu berkepanjangan juga tidak baik untuk tubuh kamu. Padahal mie instan adalah makanan yang selalu membuat kita rindu. Jika kamu memang termasuk pecinta mie instan, kamu harus memakannya secara sehat. Ini ada beberapa tips sehat yang bisa kamu lakukan untuk makan mie instan, antara lain :

  1. Mengganti Air Rebusan Mie

Tips sehat pertama yang bisa kamu lakukan untuk makan mie instan adalah mengganti air rebusan mie instan. Kebanyakan orang langsung menggunakan air rebusan pertama untuk kuah. Padahal jika kamu membuat mie instan kuah, kamu harus mengganti air rebusannya terlebih dahulu. Setelah itu kamu baru merebus air yang baru untuk digunakan sebagai kuah. Hal ini karena air rebusan pertama mengandung sisa-sisa pemrosesan mie dan juga zat pati yang tidak baik jika kamu konsumsi. Jadi saat merebus mie, ganti air rebusannya dulu yaa.

  1. Mengurangi Bumbu Mie Instan

Tips sehat selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk makan mie instan adalah mengurangi bumbu mie instan. Bumbu yang ada dalam mie instan ternyata mengandung sodium yang tinggi hingga 70% angka kebutuhan harian. Padahal mengonsumsi sodium yang berlebihan dapat membuat kamu sering haus dan risiko darah tinggi. Jadi, sebaiknya kamu tidak menggunakan semua bumbu mie instan. Akan lebih baik jika kamu menggunakan sepertiga atau tiga per empay bungkus bumbu saja. Dengan begitu kamu tidak akan terlalu banyak mengonsumsi sodium.

  1. Menambahakan Sayuran dalam Mie

Tips sehat selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk makan mie instan adalah menambahkan sayuran dalam mie. Dengan menambahkan sayuran dalam mie maka kamu tetap akan mendapatkan asupan serat dan juga nutrisi. Kamu bisa menambahkan sayuran seperti wortel, kol, atau sawi hijau.

  1. Jangan Makan Mie dengan Nasi

Tips sehat selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk makan mie instan adalah jangan makan mie dengan nasi. Mie instan dan nasi mengandung karbohidrat yang sama-sama tinggi dan serat serta protein yang rendah. Jadi, jika kamu mengonsumsinya secara bersamaan akan membuat berat badan kamu naik.

Baca juga Kamu Pasti Mau Punya Tubuh yang Sehat Kan? Makanya Jangan Lupa Terapkan Langkah Sehat Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mual Saat Menstruasi Bisa Diatasi Dengan Cara Ini Ladies

Menstruasi menjadi hal alami yang terjadi pada tubuh