Menstruasi menjadi hal alami yang terjadi pada tubuh wanita yang menandakan jika organ reproduksinya sudah siap. Memang selama menstruasi banyak sekali wanita yang mengalami ketidaknyamanan. Beberapa keluhan yang sering dirasakan mulai dari kram pada perut, pegal di bagian pinggang, payudara nyeri hingga mual. Meski memang mengganggu kenyamanan, sebetulnya kebanyakan keluhan yang dialami oleh wanita tersebut sebetulnya tidak berbahaya.

Ketika menstruasi, hormon bernama prostaglandin akan keluar dari tubuh. Hormon ini yang diyakini menjadikan nyeri hingga mual terjadi pada wanita selama menstruasi. Tak heran jika aktivitas wanita pun kerap terganggu karena mual yang dirasakan. Itulah mengapa penting sekali untuk kamu tahu bagaimana cara mengatasi keluhan tersebut. Berikut ini beberapa tipsnya.

Minum teh jahe

Sudah sejak lama jahe kerapkali dipakai untuk bisa mengatasi mual. Meski sampai saat ini para peneliti masih belum mengetahui cara kerja dari jahe ini di tubuh, tapi jahe memang sudah terbukti bisa meminimalisir mual yang dirasakan dengan alasan apapun. Para ahli yakin jika jahe mempunyai kandungan mirip dengan obat antimual yang kerapkali ada di pasaran. Untuk bisa mengkonsumsinya, maka kamu bisa membuat teh jahe dengan cara merebus jahe dan langsung minum selagi hangat.

Makan dengan porsi kecil

Saat menstruasi, beberapa wanita mengalami peningkatan nafsu makan. Namun tak sedikit juga yang memiliki keluhan berupa mual sehingga tidak bisa makan apapun. Jika kamu mengalami kondisi ini, maka kamu bisa konsumsi makanan dengan porsi yang kecil ketika menstruasi karena mampu meredakan mual. Kamu pun juga bisa menjaga gula darah dengan cara ini lho. Selain itu, kamu harus berusaha untuk hindari sementara makanan dengan bau yang terlalu menyengat. Kamu juga bisa memilih makanan bertekstur lembut seperti nasi, pisang, hingga roti sehingga bisa cegah rasa mual untuk muncul.

Hindari konsumsi makanan berat di waktu sebelum tidur

Untuk bisa mencegah mual, ada baiknya jika kamu konsumsi makanan berat dan berlemak di waktu sebelum tidur. Beberapa makanan yang dimaksud misalnya fast food, makanan goreng-gorengan dan lain sebagainya. Jika memang kamu merasakan lapar, maka kamu dapat konsumsi jus buah, yoghurt, atau susu hangat.

Rutin olahraga

Memang tidur-tiduran saat menstruasi dirasa lebih nyaman. Tapi jangan sampai kamu malas-malasan terus ya ladies. Ada baiknya jika kamu aktif bergerak dengan rutin berolahraga juga selama masa menstruasi. Olahraga bukan hanya bisa jadikan kamu semakin sehat, tapi juga bisa atasi rasa mual, nyeri dan ketidaknyamanan yang kamu rasakan lho. Kamu cukup melakukan olahraga ringan misalnya jalan kaki, hingga bersepeda.

Konsumsi suplemen

Agar rasa mual ketika menstruasi bisa mereda, maka kamu pun bisa konsumsi suplemen dengan kandungan vitamin dan mineral. Kamu bisa konsultasikan dengan dokter untuk jenis suplemen yang dimaksud.

Tubuh kamu ketika menstruasi memang mengalami perubahan ladies. Untuk itu pahami jika kamu juga butuh istirahat lebih demi mencukupi kebutuhan tidur. Jika memang mual semakin parah dan tidak mereda, ada baiknya kamu pergi ke dokter untuk mengkonsultasikan kondisimu.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/bingung-membedakan-darah-menstruasi-dan-flek-awal-kehamilan-begini-caranya/

http://www.tampilcantik.com/percaya-mitos-tentang-menstruasi-cek-faktanya-dulu-yuk/

http://www.tampilcantik.com/menstruasi-tiba-tiba-gak-berhenti-berhenti-ini-mungkin-alasannya/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Makanan Berkalori Tinggi Dan Efek Sampingnya

Bagi para pejuang diet tentu sudah tidak asing