Buang air kecil tentu menjadi aktivitas yang sudah sangat umum. Manusia juga diberikan kemampuan normal untuk bisa menahan rasa ketika akan buang air kecil sehingga tidak melakukannya secara sembarangan. Namun, bagaimana jika kemampuan menahan buang air kecil itu menurun? Ya, ini biasa dialami oleh wanita yang baru saja melahirkan.

Keluhan sulit menahan buang air kecil menjadikan para Bunda harus terus bolak balik kamar mandi. Bukan hanya merepotkan, tapi pastinya juga menyita waktu. Urin sendiri akan bisa keluar bahkan hanya karena saat kamu tertawa, bersin, lari, batuk atau mengangkat benda berat. Yuk kenali lebih dalam tentang keluhan ini.

Penyebab susahnya menahan buang air kecil usai melahirkan

Sampai saat ini sebetulnya penyebab pasti mengapa usai melahirkan maka wanita menjadi sulit dalam menahan buang air kecil belum diketahui. Tapi banyak yang menyatakan jika kondisi ini bisa terjadi lantaran cedera melahiran sehingga jaringan di area saluran kemih rusak. Tapi ada juga yang menyatakan jika kondisi ini adalah karena perubahan otot di saluran kemih saat hamil.

Mengatasi kondisi susahnya menahan buang air kecil usai melahirkan

Sebetulnya kondisi seperti ini akan bisa membaik dengan sendirinya nantinya. Tapi jika kondisi ini sangat mengganggu, maka kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara ini.

  1. Melakukan senam kegel

Cara yang banyak disarankan adalah dengan melakukan senam kegel. Apabila kamu melakukannya dengan tepat, maka senam kegel akan mampu menjadikan otot panggul lebih kuat sehingga kamu lebih mudah dalam mengontrol saat akan buang air kecil. Untuk cara tepat melakukan senam kegel kamu bisa berkonsultasi dengan bidan, dokter atau melihat di internet.

  • Tahan kantung kemih sebelum buang air kecil

Ketika kamu merasa ingin buang air kecil, maka latih dengan berusaha menahannya sebentar setidaknya 15 menit. Ini dilakukan untuk bisa melatih otot di area sekitar saluran kemih sehingga buang air kecil pun akan bisa terkontrol. Silangkan kaki sehingga otot panggul bisa kencang, terlebih saat bersin atau bahkan batuk sehingga terhindar dari urin keluar yang tak disadari.

  • Tetap cukupi kebutuhan cairan

Kondisi yang kamu alami seperti saat ini memang menjadikan kamu jadi malas minum. Kamu berpikir jika minum sedikit, maka pipis pun juga tak akan terlalu banyak. Namun, kebutuhan cairan di tubuh tidak ada perubahan lho meski kamu sedang menghadapi keluhan susah menahan buang air kecil. Untuk itu, kebutuhan cairan 8 gelas per hari tetap wajib dipenuhi.

  • Batasi kafein

Usai melahirkan, ada baiknya kamu berusaha untuk tetap membatasi makanan atau minuman yang berkafein, pedas dan berkarbonasi. Ini karena makanan dan minuman tersebut bisa jadikan buang air kecil makin sering lho.

Itulah beberapa hal penting terkait kondisi susahnya untuk menahan buang air kecil usai melahirkan. Ada baiknya untuk berusaha menerapkan gaya hidup dan juga konsumsi makanan sehat usai melahirkan sehingga recovery tubuh bisa lebih cepat dan mudah. Keluhan pun akan bisa lebih cepat hilang nantinya.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/ketahui-perubahan-vagina-usai-melahirkan-serta-cara-mengatasinya/

http://www.tampilcantik.com/kecilkan-kembali-ukuran-perut-usai-melahirkan-dengan-cara-ini/

http://www.tampilcantik.com/untuk-para-mama-muda-inilah-inspirasi-gaya-busana-pasca-melahirkan/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Inilah 7 Hal yang Dapat Kamu Lakukan untuk Mencegah Flu

Di musim yang sangat tidak menentu seperti saat