Membuat kopi yang nikmat adalah hal yang sulit, tetapi lebih sulit lagi membuat rasa-rasa kopi yang unik tanpa menambahkan pemanis tambahan. Padahal, kopi yang ditambahkan dengan pemanis dan gula bisa membuat gula darahmu meningkat. Ketika pada akhirnya gula darahmu menurun lagi, kamu akan menjadi jauh lebih lelah dari sebelum mengonsumsi kopi. Gula tambahan juga meningkatkan resiko kamu terkena penyakit jantung. Bahkan, bukan hanya gula pasir saja yang bisa menyebabkan ini, begitu pula dengan madu dan berbagai jenis pemanis lain. Hanya gula alami di buah dan susu saja yang sehat untukmu.

Ini bukan berarti kamu tidak bisa membuat kopi yang kaya rasa. Berikut adalah cara-cara agar kamu bisa menjadikan kopimu tetap nikmat walaupun tanpa gula sebagi perasa manis.

Kayu Manis

Tinggalkan gula yang kamu konsumsi dan gantilah dengan satu sendok teh kayu manis untuk memberi rasa pada kopimu dan membuatmu terdistraksi dari rasa pahitnya. Kamu bahkan tak perlu menambahkan gula dan kalori. Pastikan kamu menggunakan kayu manis yang asli atau bubuk, tapi jangan sampai salah dengan gula kayu manis. Rasa kopimu akan menjadi lebih nikmat secara instan tanpa membuatmu menjadi semakin tidak sehat. Bahkan, kayu manis alami bukan hanya membuat kopimu menjadi lebih nikmat, tetapi juga mampu meningkatkan sensitivitas tubuhmu terhadap insulin. Ini adalah dampak yang berkebalikan dari gula tambahan, yang bisa berkontribusi terhadap resistensi insulin.

Bubuk cokelat

Pilihlah juga bubuk cokelat murni tanpa tambahan gula untuk membuat kopi dengan rasa nikmat tanpa tambahan gula. Ini akan membuat kopimu menjadi kaya flavonoid, tipe antioksidan yang bisa membantu melindungi tubuhmu dari kerusakan lingkungan. Selain itu, flavonoid juga bisa meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung. Bahkan, ini juga membuat kopimu menjadi kaya cokelat murni tanpa harus membuat kalorinya melonjak karena pemanis buatan, tak seperti mocha. Kamu hanya perlu mencari produk yang tidak ditambahi pemanis dan terdiri dari 100% bubuk cokelat.

Ekstrak vanila

Jika kamu adalah seorang pecinta minuman vanila late, kamu tidak harus berhenti mengkonsumsi minuman favoritmu untuk mengurangi jumlah gula. Ingatlah bahwa vanila hanyalah sebuah rasa, bukan pemanis, jadi tak apa-apa menambahkan ekstrak vanila ini untuk membuat kopi yang lezat sesuai seleramu. Ekstrak vanila memiliki 0 kalori dan 0 gula. Tetapi, sirup perasa vanila mengandung 80 kalori dan 20 gram gula. Karena itu, pilihlah ekstrak yang alami.

Jus jeruk

Mungkin kamu menanggap bahwa menambahkan jus jeruk ke kopi adlaah hal yang aneh? Di Arizona, Amerika Serikat tahun lalu, jus jeruk yang ditambahkan espresso menjadi minuman favorti baru. Walaupun aneh, tetapi menghasilkan gradien cantik yang Instagrammable. Coba juga deh, karena jeruk mengandung gula alamiah untuk membuat kopimu menjadi manis tanpa meningkatkan jumlah gula buatan.

Baca juga Wah, Jangan Lakukan 4 Hal Ini Karena Justru Merusak Kopi Favoritmu Yang Sebenarnya Sehat!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kamu Tidak Perlu Meminta Maaf Untuk 6 Hal Ini

Apakah kamu tipe orang yang sering meminta maaf