Rambut menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan dari wanita. Bahkan lantaran saking pentingnya, maka rambut disebut sebagai mahkota karena memang mampu memancarkan aura kecantikan seorang wanita. Meski kamu adalah wanita berhijab pun, rambut tetap menjadi bagian penting yang harus dirawat dan dijaga keindahannya. Salah satu cara yang biasa dilakukan agar rambut nampak menarik adalah dengan mewarnai rambut.

Tren mewarnai rambut memang belakangan ini kian ramai diperbincangkan. Pilihan warna rambut yang semakin banyak hingga model pewarnaan rambut juga semakin heboh saja. Tidak heran jika para wanita gandrung sekali dengan tren mewarnai rambut dan bergonta-ganti mewarnai rambut. Meski demikian, tantangan rambut yang diwarnai adalah rentan rapuh dan kering. Tak heran jika banyak sekali wanita yang pusing menghadapi hal ini.

Namun tenang saja, sebetulnya ada beberapa perawatan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan.

1. Pilih shampo khusus

Rambut kamu kini memiliki kondisi khusus mengingat sudah diwarnai dan dilakukan berbagai macam prosedur. Itulah mengapa kamu butuh perawatan yang spesial. Dalam hal ini shampo biasa tidak akan bisa penuhi kebutuhan nutrisi untuk rambut kamu. Untuk itu gunakan shampo khusus yang biasanya tersedia di salon umum. Selain itu satu hal yang butuh diperhatikan adalah hindari menggunakan shampo anti ketombe lantaran memiliki kandungan zat kimia cukup keras sehingga menjadikan warna rambut akan cepat pudar dan kian mudah kering.

2. Cuci rambut dengan air dingin

Mandi dengan air hangat tentu boleh-boleh saja, namun jangan sampai Anda mencuci rambut dengan air hangat tersebut. Jika sedang mandi air hangat, usahakan pakai shower cap sehingga rambut tidak akan terkena air hangatnya. Alasannya adalah bagian kutikula di rambut akan mudah terbuka sehingga kelembaban rambut akan bisa berkurang. Khusus untuk rambut yang diwarnai, mencucinya dengan air dingin lebih baik.

3. Senantiasa jaga kelembaban rambut

Setelah rambut diwarnai, umumnya kamu akan merasa jika rambut jadi lebih kering dibanding dengan sebelumnya. Memang hal ini wajar. Namun, pastikan untuk menyiasatinya dengan memberikan perawatan rambut lebih rajin lagi sehingga kelembabannya tetap terjaga. Kamu bisa aplikasikan bahan alami misalnya minyak zaitun sebelum melakukan keramas. Tambahkan kondisioner seusai keramas dan pakai masker rambut setidaknya seminggu sekali sehingga kelembaban rambut akan bisa lebih terjaga.

4. Pakai serum rambut

Jika kamu sudah menggunakan shampo khusus, maka jangan lupa juga tambahkan ritual untuk menggunakan serum rambut. Serum memikiki kandungan vitamin yang banyak sehingga bisa memperbaiki kondisi rambut dengan maksimal setelah dilakukan prosedur pewarnaan rambut. Pakai serum ketika rambut dalam kondisi setengah kering sehingga kandungannya bisa masuk ke bagian folikel rambut.

5. Kurangi hair styling

Usai mewarnai rambut, maka rambut akan sangat rapuh dan kering. Demi bisa hindari kerusakan kian parah, usahakan untuk mengurangi proses styling di rambut misalnya pelurusan atau keriting. Hal ini lantaran panas dari alat styling yang mengenai rambut usai diwarnai akan menjadikan rambut makin rapuh dan cepat sekali rusak.

Baca Juga Hindari Kesalahan Ini Saat Mewarnai Rambut

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Hindari Kesalahan Make Up Berikut Agar Kamu Tidak Terlihat Aneh Saat Berada Di Publik

Berpenampilan cantik tentu selalu diupayakan oleh setiap wanita.