Berbicara mengenai kecantikan kulit memang tak bisa jauh-jauh dari produk perawatan kulit. Meski terdapat banyak sekali cara tradisional dengan bahan-bahan alami untuk menjaga kulit menjadi tetap kenyal, mulus, serta bersinar, tapi tetap saja yang paling sering digunakan adalah produk-produk perawatan kulit. Bukan begitu?

Sebenarnya tak ada salahnya menggunakan berbagai jenis produk perawatan kulit. Namun perlu diperhatikan ada 7 bahan berbahaya yang rupanya hingga saat ini masih sering ditemukan di berbagai produk. Bahkan beberapa dari 7 bahan berbahaya yang akan kami kupas di bawah ini, mungkin tak kamu sadari bahayanya.

1. Pewangi atau fragrance

Saat ini banyak sekali produk perawatan dan kecantikan yang menggunakan berbagai jenis pewangi atau fragrance. Ini salah satunya digunakan untuk menarik perhatian konsumen. Padahal, menggunakan bahan berbahaya ini bisa memicu munculnya reaksi alergi, serta penyakit asma. Belum lagi bahan ini juga menimbulkan kerusakan lingkungan dan mengganggu ekosistem ikan.

2. Paraben

Bahan paraben bisa ditemukan nyaris di semua produk kecantikan, dan perawatan tubuh. Produk ini seringnya digunakan agar partikel make up atau skin care lebih mudah merasuk ke dalam kulit. Sudah banyak studi yang membuktikan paraben memicu gangguan hormon serta dihubungkan dengan kanker payudara. Perhatikan juga ya, produk dengan label paraben-free pun biasanya menggunakan bahan kimia turunan paraben seperti “methylparaben” or “propylparaben.”

3. Triklosan

Triklosan merupakan bahan anti-bakteri yang ada di produk pencuci tangan, sabun wajah, bahkan pada pasta gigi. Kandungan anti bakteri pada triklosan rupanya bisa mengakibatkan kebalnya jenis bakteri tertentu. Belum lagi kandungan ini bisa menyebabkan gangguan hormon.

4. Sodium Lauryl Sulphate

Sodium Lauryl Sulphate atau dikenal juga dengan SLS atau SLES merupakan bahan yang membuat busa, seperti pada shampoo, sabun mandi, sabun wajah, hingga deterjen. Penggunaan bahan ini memang sudah diketahui memiliki banyak bahaya salah satunya sebagai salah satu karsinogen, yaitu mineral penyebab kanker.

Sayangnya meski sudah dilarang, masih banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan ini.

5. Phthalates

Nah bahan Phthalates merupakan bahan yang cukup wajar ada di produk parfum, atau di beberapa produk kecantikan dengan aroma yang kuat. Di label ingredients pun bahan ini hanya sering ditulis sebagai “parfum”. Bahan satu ini memiliki bahasa salah satunya penyebab kemandulan pada pria.

6. Oxybenzone

Bahan Oxybenzone sudah tak asing lagi ada di produk dengan kandungan spf yang tinggi. Kadang juga terdapat di berbagai sunscreen. Tak banyak yang tahu, produk ini rupanya bisa memicu kerusakan kulit serta menyebabkan kanker kulit.

7. Petrolatum

Ya, tak menyangka bukan bahwa bahan yang sering terdapat di berbagai produk kecantikan, mulai dari di moisturizer, lipbalm, hingga produk perawatan kulit dan rambut ini berbahaya untuk tubuh? Petrolatum sering terkena kontaminasi polycyclic aromatic hydrocarbons (PAHs) yang akhirnya menjadi pemicu karsinogen.

Nah, sudah cek kandungan dan bahan pada produk kecantikan kamu?

Baca juga Apa Yang Akan Kamu Lakukan Apabila Kosmetikmu Sudah Kadaluarsa? Dibuang Atau Tetap Disimpan?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Efek Air Berkarbonasi Untuk Kulit Kamu

Air berkarbonasi, atau air mineral, hanyalah air yang