Sebagian orang memiliki rutinitas minum kopi dipagi hari sebelum memulai aktifitas sebagai teman sarapan, apakah kamu salah satunya ? melihat banyaknya kebiasaan ini, pasti akan ada pertanyaan apakah memiliki kebiasaan ngopi dipagi hari itu menyehatkan ? Bolehkah kebiasaan ini dipertahankan ? Menurut ahli, bagi beberapa orang minum kopi bisa memberikan manfaat dan menyehatkan bagi tubuh, tapi bagi beberapa orang lainnya, minum kopi dipagi hari justru bisa membahayakan kesehatan.

Seperti yang kita ketahui setiap orang memiliki kekebalan tubuh yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya, selain itu setiap orang juga memiliki resiko penyakit yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena perbedaan inilah, ada beberapa orang yang akan baik-baik saja meskipun memiliki kebiasaan minum kopi dipagi hari, serta beberapa orang lainnya mungkin akan mengalami masalah kesehatan mulai dari yang ringan hingga yang serius.

Dikutip dari vemale.com, para ahli mengungkapkan jika orang-orang yang menderita darah rendah akan sangat baik jika ia minum kopi di pagi hari. Minum kopi akan membuat tekanan darahnya berada di kondisi normal. Tapi bagi mereka yang memiliki riwayat darah tinggi, kolesterol dan beberapa risiko berbahaya lain, minum kopi di pagi hari justru akan membuat penyakit yang ada di tubuhnya semakin parah. Kandungan kafein dan senyawa aktif di dalam kopi dikatakan mampu meningkatkan risiko berbagai penyakit termasuk risiko meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Konsumsi kafein yang berlebih juga bisa membuat suasana hati menjadi buruk dan emosi kurang stabil.

Salah satu penelitian yang dilakukan di University of Connecticut yang melibatkan 130 ribu sampel usia 17 hingga 45 tahun, menemukan bahwa mereka yang rajin minum kopi di pagi hari sementara memiliki berbagai masalah kesehatan, mereka akan cenderung lebih mudah tumbang dan sakit. Sebaliknya, mereka yang tidak konsumsi kopi di pagi hari akan memiliki kesehatan yang terjaga.

Selain Penelitian ini, Fakta lain disebutkan dalam dalam sebuah jurnal ilmiah yakni International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism yang terbit pada tahun 2002 yang menyebutkan bahwa kandungan kafein di dalam kopi bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Ketika seseorang yang mengalami masalah kesehatan terkait kolesterol, minum kopi di pagi hari dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi kesehatannya.

Namun meskipun kafein dalam kopi mampu meningkatkan kolesterol dalam tubuh, nutrisi senyawa lain yang terkandung di dalam kopi dipercaya mampu mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Kafein dan senyawa juga antioksidan dalam kopi juga dipercaya mampu menurunkan berbagai risiko penyakit kardiovaskular lainnya. So, buat kamu yang memiliki riwayat kolesterol berlebih, cobalah untuk lebih menghindari kopi. Dan buat kamu yang tidak memiliki riwayat kolesterol berlebih, pastikan untuk tetap membatasi asupan kopi setiap harinya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kesalahan Makeup yang Bikin Kamu Jadi Berjerawat

Mengalami jerawat saat masih anak-anak adalah sebuah hal