Dengan kehidupan yang semakin sibuk, tak heran banyak orang yang selalu lesu setiap harinya karenaa energi yang terkuras. Jika kelesuan yang kamu rasakan ini terkait hormon, seperti masalah depresi atau kurangnya testosteron, maka jelas kamu harus melakukan terapi yang sesuai. Begitu pun apabila rasa lesu dan lelahmu ini dikarenakan sakit fisik. Namun jika ini terkait dengan gaya hidup, maka ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk berhenti merasa selalu lesu dan meningkatkan level energimu.

Agar kamu berhenti merasa selalu lesu, lakukan ini.

Tidur lebih lama

Tidur adalah sesuatu yang bisa terabaikan ketika kamu sibuk. Dari mengulur-ulur waktu tidur untuk mengejar deadline sampai pagi atau kurang tidur karena shift kerja yang berantakan, banyak orang yang memangkas waktu yang seharusnya dihabiskan untuk tidur. Bahkan, diestimasikan ada sekitar 20% hingga 30% populasi pada umumnya yang mengalami kurang tidur, sehingga kehilangan waktu tidur yang sangat vital. Kurangnya tidur ini bisa membuatmu merasa selalu lesu, capek, dan juga mudah marah. Jika kamu sering merasa ini, mungkin kamu harus memikirkan kembali apakah kamu sudah tidur cukup. Direkomendasikan kamu tidur 7 jam setiap malam, walaupun beberapa orang membutuhkan waktu tidur yang lebiih banyak dan orang-orang lainnya butuh lebih sedikit. Jika kamu tidak tidur yang sebanyak kamu butuhkan karena kurang tidur, habiskan waktumu sebelum tidur untuk melakukan hal-hal yang membuat rileks seperti membaca buku atau mandi air hangat. Dan, jangan lupa untuk menjauhi ponsel dan layar.

Kurangi stress

Adalah hal umum bagi orang-orang dengan hidup yang sibuk untuk merasa stress atau cemas. Merasa sttes bisa berarti kamu kesulitan untuk berkonsentrasi, tidak bsia berhenti kepikiran, dan kesulitans antai. Ini bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan mentalmu. Stres juga bisa membuatmu terus menerus merasa lesu. Dalam banyak kasus, kamu memang tak bisa menghilangkan semua sumber stres dari hidupmu. Namun, jika kamu meminimalisirnya, maka kamu bisa meningkatkan energimu. Kamu juga bisa mencoba meditasi untuk membuat tubuhmu makin rileks.

Rajin olahraga

Olahraga yang teratur sangat penting sifatnya demi mengurangi resikomu terserang penyakit-penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Jika gaya hidupmu tidak banyak gerak, maka kamu juga harus rajin olahraga agar tidak terus menerus merasa selalu lesu. Ini mungkin kedengaannya aneh, karena, ketika kamu lelah, bangun saja rasanya sulit. Namun, kamu tak perlu berolahraga berat agar bisa mendapatkan manfaatnya. Bahkan, bersepeda atau berjalan-jalan 10 menit saja ketika kau capek bisa memberikan manfaat kepada tubuhmu yang tidak akan kamu duga, bahkan kamu pada akhirnya akan berhenti merasa lesu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Diet yang Akan Mengubah Hidupmu

Menurunkan berat badan, terutama menurunkan berat badam dalam