Sebagai wanita karir, tentunya kamu memiliki tuntutan untuk menjadi pribadi yang seolah sempurna dengan bisa melakukan ini dan itu. Meski di tempat kerja kamu harus bersikap profesional, tapi sebetulnya tekanan demi tekanan yang kamu rasakan pastinya bisa menjadikan kamu stres. Jangan dibiarkan lho ladies. Hal ini lantaran stres berat akibat dari pekerjaan bisa mempengaruhi kondisi mental hingga kesehatan.

 

Pastinya stres saat di tempat kerja pun bisa menjadikan kamu malas untuk pergi ke kantor dan juga bisa menjadikan kamu terasa lelah terus menerus sehingga lebih mudah sakit, sulit konsentrasi hingga sulit tidur. Beberapa penyebab stres berat di dunia kerja sendiri bisa disebabkan karena beban kerja yang berat, tuntutan dan tekanan kerja, gaji rendah, kurang menguasai pekerjaan, kurang mendapat apresiasi dari pihak atasan hingga hubungan dengan rekan kerja yang kurang mendukung.

 

Dampak stres di dunia kerja

Untuk jangka pendeknya, stres di tempat kerja bisa menyebabkan kamu mengalami sakit kepala, kelelahan, nyeri di dada, mual, muntah hingga sakit perut. Jika tidak diatasi dengan tepat sesuai penyebabnya, maka stres di pekerjaan bisa sebabkan hal yang lebih buruk lagi lho. Berikut ini beberapa dampaknya:

  • Migrain

Stres akan bisa jadikan otot menjadi tegang. Untuk jangka panjangnya, maka ketegangan otot tersebut akan bisa menyebabkan nyeri kronis dan migrain lho.

  • Tekanan darah tinggi

Ketika kamu stres, maka kadar dari hormon kortisol di tubuh bisa mengalami peningkatan. Jika peningkatan ini terus terjadi, maka bukan hanya sakit kepala saja yang bisa kamu rasakan tapi juga bisa menjadikan risiko tekanan darah tinggi kian besar.

  • Diabetes

Kok bisa sih stres berdampak pada diabetes? Bisa dong, ini karena kenaikan gula darah saat stres lantaran pengaruh hormon stres hingga lantaran perubahan dari pola hidup karena stres kamu. Itulah mengapa risiko diabetes bisa kian besar.

  • Depresi

Stres yang terlalu lama dipendam juga bisa menjadi momok menyeramkan karena menuju pada kondisi depresi. Depresi ini merupakan kondisi stres super berat dimana bisa menyebabkan kelainan mental lho. Wah gawat banget kan?

 

Mengatasi stres di dunia kerja

Dampak buruk stres di dunia kerja memang tidak boleh dianggap enteng. Untuk itu, kamu juga harus bisa mengelola pikiran kamu sehingga ketika memang merasa stres tapi tetap bisa diatasi. Berikut ini cara pengelolaan stres yang bisa kamu lakukan:

  • Ketika ada masalah dan keluhan, upayakan untuk segera membicarakannya pada atasan langsung, manajer atau HRD kantor sehingga mereka bisa membantu.
  • Kamu bisa melakukan perubahan di dunia kerjamu sehingga bisa kurangi tingkat stresmu. Dalam hal ini, biasanya kamu membutuhkan orang lain untuk bisa melakukan perubahan tersebut.
  • Mulailah atur pekerjaan dengan baik dan jika bisa buat daftar pekerjaan yang disesuaikan dengan prioritas kamu.
  • Hindari untuk menyimpan stres itu sendiri. Kamu bisa menceritakan pada pasangan dan orang terdekat sehingga mereka bisa memberi dukungan lebih.
  • Ambillah waktu libur untuk istirahat atau liburan sehingga stres bisa lepas, bukan malah lembur kerja.

 

Baca Juga :

Tips Diet Mudah Untuk Pekerja Kantoran

5 Tanda Jika Sebaiknya Kamu Berhenti Dari Pekerjaan Kamu

5 Tanda Kamu Stres karena Pekerjaan dan Cara Mengatasinya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Faktor Yang Memungkinkan Pasangan Untuk Yang Sulit Memiliki Keturunan

Anak tentu menjadi anugrah yang amat besar untuk