Tak sedikit wanita yang mengalami masalah seperti PMS dan tubuh terasa lemas saat menjelang haid, hal ini dibenarkan oleh salah satu penelitian yang mengatakan bahwa 70 persen wanita akan mengalami PMS menjelang hari pertama haid mereka. Selama mengalami PMS ini setiap wanita pasti akan merasa tersiksa karena saat melakukan apapun akan tidak nyaman. Hal ini akan menyebabkan suasana hati menjadi emosional dan tidak bahagia.

Keadaan ini terjadi secara alami karena adanya perubahan hormon dalam tubuh beberapa hari sebelum haid atau menstruasi. Tapi jangan khawatir ladies, kamu bisa mengatasinya kok, kamu bisa tetap fit saat melewati masa PMS dengan melakukan beberapa kebiasaan berikut ini. Dikutip dari vemale.com kebiasaan ini dapat membuat tubuh tetap fit meski sedang PMS.

 

  • Minum Cukup

    Pastikan untuk minum air putih cukup. Sangat disarankan pula agar kamu meningkatkan asupan cairan dalam tubuh. Jika biasanya kamu hanya minum sebanyak 6 sampai 7 gelas perhari, usahakan agar minum 8 gelas atau lebih perharinya. Kecukupan asupan cairan ini akan bantu kamu menurunkan risiko perut kembung dan perasaan kurang nyaman akibat meningkatnya natrium dalam tubuh akibat PMS.

  • Konsumsi Kalsium Cukup

    Selain konsumsi air cukup, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan agar terhindar dari masalah PMS adalah konsumsi kalsium cukup. Beberapa makanan yang menjadi sumber kalsium antara lain adalah susu, tahu, tempe, susu dan keju. Makanan yang kaya akan kalsium dipercaya bisa menekan risiko PMS menjelang haid hingga 36 persen. Ini juga akan membuat organ tubuh khususnya tulang serta gigi selalu dalam kondisi sehat juga kuat.

  • Konsumsi Makanan Kaya Magnesium

    Di samping konsumsi makanan yang kaya akan kalsium, kamu juga sangat disarankan untuk konsumsi makanan kaya magnesium di hari-hari menjelang haid. Makanan yang kaya akan magnesium sangat baik buat otak dan kenyamanan perasaan. Beberapa makanan yang kaya akan magnesium sendiri antara lain adalah buah pisang, kacang-kacangan, biji bunga matahari, dan cokelat.

  • Kurangi Konsumsi Kafein

    Pastikan untuk mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein menjelang haid. Konsumsi kafein justru akan membuat perasaan semakin tidak nyaman. Ini juga memungkinkan kamu memiliki tidur yang sangat buruk saat malam.

  • Olahraga di Pagi atau Sore Hari

    Olahraga adalah salah satu aktivitas yang sangat penting untuk dilakukan. Kamu bisa melakukan olahraga di pagi atau sore hari. Olahraga akan membuat perasaan kamu menjadi lebih nyaman, tubuh lebih fit dan kamu pun terhindar dari risiko PMS yang buruk menjelang haid. Para ahli mengungkapkan bahwa olahraga terbaik adalah di pagi hari saat matahari mulai menampakkan dirinya di jam 5 sampai 7 pagi. Vitamin D pada sinar matahari tak hanya membuat tubuh kamu semakin sehat tetapi juga membuat perasaan kamu semangat semangat.

  • Stop Konsumsi Minuman Beralkohol

    Satu lagi yang sangat perlu kamu lakukan jika tak ingin mengalami PMS buruk menjelang haid adalah stop minum minuman beralkohol. Pada dasarnya, minuman beralkohol tak hanya membuat tubuh kamu kurang bugar. Lebih jauh, ini juga merusak suasana hati kamu dan merusak sistem kekebalan tubuh juga mengganggu kesehatan otak.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kesalahan Makeup yang Bikin Kamu Jadi Berjerawat

Mengalami jerawat saat masih anak-anak adalah sebuah hal