Kamar tidur seharusnya menjadi sebuah tempat perlindungan nyaman dimana setiap malam kita bisa memulihkan diri dengan tenang. Tidur yang baik seharusnya menjadi saat dimana kita bisa berbaring, rikeks, dan melupakan semua kekhawatiran dan stres yang kita alami sepanjang hari. Namun, seringkali kesalahan-kesalahan desain sederhana bisa menghancurkan ketenangan kamar tidur kita, dan bukannya justru membuat kita tenang, malah mendorong rasa cemas dan gelisah. Jika kamu pada dasarnya rentan dengan gangguan kecemasan, ini malah bisa memperparah kondisi kamu. Ingin mendesain ulang kamar tidur kamu agar bisa jadi senyaman mungkin untuk tidur yang nyenyak setiap malamnya? Perhatikan hal-hal berikut ini.

Pencahayaan Lembut

Pencahayaan di kamar tidur kamu sangat penting perannya karena selain bisa mengatur tone dari ruangan itu, juga bisa mempengaruhi mood kamu. Pencahayaan yang terlalu terang bisa menstimulasi rasa kacau atau resah serta berpotensi membuatmu pusing. Tempatkanlah lampu yang lembut dan menenangkan untuk menciptakan area yang damai dan tidak membuat mata kamu sakit.

Warna-warna Menenangkan

Apapun warna favorit kamu: pink, hijau, atau bahkan kuning, sangatlah penting untuk memilih warna-warna yang membawa kebahagiaan dan membuatmu merasa damai di kamar tidur. Warna-warna pastel dikenal memberikan efek menenangkan ini, tapi, kamu tak harus menggunakan warna-warna ini. Jadi, selama warna pilihanmu membuatmu bahagia, kamu akan bebas cemas.

Kasur Nyaman

Setelah akhirnya kamu berbaring di ranjang setelah seharian yang melelahkan dan banyak masalah, hal terakhir yang kamu inginkan adalah merasa tidak nyaman. Inilah mengapa sangat penting untuk memiliki tempat tidur yang sangat nyaman higga kamu rindu-rindukan tiap malam. Gagal tidur nyenyak karena ketidaknyamanan selalu membuat keesokan harinya menjadi lebih buruk, penuh dengan rasa cemas dan gampang emosi. Jadi jangan ragu-ragu untuk berinvestasi membeli kasur premium, bantal guling empuk, dan selimut yang nyaman.

Karpet Sempurna

Bila kamar tidur kamu berkarpet namun kamu harus memakai kaus kaki atau sandal ketika berjalan di atasnya, berarti karpet kamu kurang nyaman! Karpet kamu harus mennyenangkan secara estetik, namun yang terpenting juga harus nyaman untuk disentuh. Kecemasan bisa diam-diam merasuk ketika anggota tubuhmu terkontak permukaan yang tidak menyenangkan, jadi wajib hukumnya punya karpet nyaman.

White Noise

Kadang, sunyi justru bisa membuat gelisah. Berbaring sendirian di kasur yang hening kadangala bisa menyebabkan rasa cemas berlebih karena kamu menjadi terfokus pada pikiran kamu. Terlalu banyak berpikir sebelum tidur jelas bukan hal yang bisa membuat kamu tenang. Karena itulah, coba pasang latar belakang suara tetes hujan atau air terjun dari aplikasi smaprtphone favorit kamu. Suara-suara itu akan mengantarkanmu pada  tidur pulas semalaman!

Jangan Menumpuk Sampah di Kamar

Jelas bahwa memiliki tumpukan sampah di rumah adalah hal buruk, namun, di kamar tidur, ini bisa benar-benar jadi musibah! Kalau di lantai tempat tidur kamu berserakan barang-barang kotor atau tidak penting, kamu tidak akan bisa merasa nyaman, walaupun kamu tidak komplain secara sadar. Fokuslah agar area tempat tidur kamu rapi sehingga ketika kamu mulai bersiap merebahkan diri tiap malamnya, mood-mu bisa perlahan menyesuaikan dengan atmosfir menenangkan dari sekelilingmu.

Aromaterapi

Ini juga bisa membantu buat banyak orang. Ada berbagai cara untuk membuat kamarmu nyaman dengan aromaterapi. Kamu bisa menguapkan minyak esensial di kamar, menyalakan lilin aroma, atau bahkan menempatkan bunga segar di atas mejamu.

Selamat mendesain kamarmu!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Apa Yang Bisa Dilakukan Polusi Udara Pada Kulit Kamu?

Selama beberapa tahun terakhir, kualitas udara perkotaan telah