Tidak Disangka! Hal Berikut Ini Ternyata Bisa Jadikan Berat Badan Kamu Naik Lho

Memiliki berat badan yang ideal sudah tentu menjadi idaman untuk semua orang, tak hanya kaum wanita saja. Tak heran jika penggiat diet makin lama makin banyak saja. Namun meski banyak yang melakukan diet, ternyata tak banyak yang bisa menurunkan berat badannya dengan maksimal sesuai goal yang ditetapkan. Justru berat badan naik dan terus naik. Apa sih yang salah?

Sebetulnya berat badan umumnya bertambah saat kalori yang dibakar oleh tubuh ketika melakukan aktivitas lebih sedikit dibanding kalori yang masuk saat konsumsi makanan. Namun, selain alasan tersebut ada juga berbagai macam faktor yang juga bisa menaikkan berat badan kamu secara tak terduga. Apa saja itu? Yuk simak ulasannya.

Stres

Saat kamu merasakan stres, maka tubuh pun akan bisa jadi tegang sehingga memproduksi hormon kortisol. Perlu diketahui jika hormon ini bisa jadi sebab utama nafsu makan yang meningkat sehingga menjadikan kamu dengam mudah untuk memakan makanan apapun demi bisa menenangkan diri. Tak heran jika kamu pun akhirnya makan banyak ketika stres melanda. Betul apa betul?

Kurang tidur

Kamu harus tahu jika kurangnya waktu tidur amat berhubungan erat dengan penambahan berat badan, misalnya ketika kamu kurang tidur maka kamu akan banyak merasakan lapar dan juga nafsu makan yang tidak terkontrol. Selain itu ketika kamu tidur larut malam maka akan bisa menjadikan kamu berpotensi lebih besar dalam konsumsi makanan ringan kala malam hari. Pastinya ini akan jadikan kalori yang ada di tubuhmu makin banyak dong. Ketika kamu kurang tidur, maka kamu pun cenderung akan lebih memilih makanan dengan sembarangan misalnya gorengan yang gurih dan lezat.

Konsumsi obat tertentu

Konsumsi obat tertentu ternyata bisa sebabkan berat badan naik juga lho. Beberapa obat yang bisa jadikan berat badan naik misalnya:

Antidepresan: obat yang satu ini kerapkali jadi sebab mengapa berat badan kamu bertambah. Alasannya adalah karena penderita dari depresi kerapkali memilih untuk lebih banyak di rumah dan berdiam diri sehingga menyebabkan kalori menumpuk. Selain itu, efek lain dari antidepresan terkadang bisa jadikan nafsu makan muncul lantaran suasana hati yang baik. Tak heran jika orang yang mengkonsumsinya bisa naik berat badannya.
Steroid: Obat anti inflamasi yang satu ini juga bisa jadikan nafsu makan bertambah lho. Selain itu steroid bahkan juga bisa menjadikan perubahan di area tubuh tertentu misalnya perut dan wajah dimana berfungsi menyimpan lemak.
Obat lainnya: obat lain yang bisa sebabkan bobot tubuh naik yakni obat untuk penyakit migrain, diabetes, kejang hingga obat antipsikotik.

Mengidap suatu penyakit tertentu

Faktor lainnya yang bisa menyebabkan berat badan naik tanpa kamu menyadarinya yakni ketika kamu mengidap suatu penyakit tertentu. Beberapa penyakit yang berpotensi yakni sindrom cushing, sindrom ovarium polikistik, hipotiroidisme dan lainnya.

Selain semua sebab itu, gaya hidup juga kerapkali menjadikan berat badan kamu naik tak terduga. Untuk itu ada baiknya mulai sekarang terapkanlah gaya hidup yang sehat dan pastinya banyak-banyak bergerak.

 

Baca Juga

^  REVIEW: Soroci Morning Drizzle Waterdrop Cream

^  Semua Sudah Berakhir. Kamu Berhak Untuk Bahagia dan Menikmati Hidup, Move On Ladies!

^  Enggak Ada Lagi Alasan Malas Puasa. Gak Cuman Beribadah, Ternyata Puasa Punya Banyak Manfaat Untuk Kecantikan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Makanan dan Minuman yang Akan Meningkatkan Kesehatan Wanita

Wanita memiliki sejumlah kebutuhan nutrisi yang unik, sehingga