Menginginkan tubuh yang langsing dan ideal boleh saja. Tapi kamu harus mengimbanginya dengan usaha yang tepat sehingga tubuh yang langsing dan ideal itu bukan semata hanya keinginan saja dan bisa jadi nyata. Diet pun dilakukan dengan mati-matian misalnya menahan makan, menghindari ini dan itu dan cara ekstrim lainnya.

Daripada kamu bingung memilih cara diet yang kini sudah sangat bervariasi dan belum tentu cocok untuk tubuhmu, maka lebih baik kamu praktikkan cara sederhana yakni dengan jalan kaki sebanyak 10.000 langkah per hari. Aktivitas fisik yang satu ini tidak membutuhkan usaha keras. Jika kamu bisa menerapkan langkah 10.000 sehari ini akan bisa memberi banyak sekali manfaat untukmu.

Mengapa jalan kaki itu baik?

Menetapkan target untuk bisa menerapkan 10.000 langkah dalam sehari dapat menjadi cara yang menyenangkan dalam tingkatkan aktivitas fisik. Cara ini pun bisa dianggap menjadi salah satu cara untuk latihan olah tubuh. Dengan berjalan kaki, maka stamina akan bisa dibangun, kalori berlebihan akan terbakar hingga jaga jantung agar senantiasa sehat.

Jalan kaki adalah salah satu bentuk dari olahraga yang bisa dimasukkan ke rutinitas harian tanpa perlu ganggu aktivitas lainnya. Cara ini bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Dengan berjalan kaki, maka kamu sudah termasuk melakukan olahraga dengan intensitas yang sedang. Setidaknya olahraga intensitas sedang direkomendasikan selama 150 menit tiap minggunya. Jika kian banyak aktivitas fisik yang dilakukan, maka kian baik juga manfaat yang bisa didapatkan.

Menentukan banyaknya langkah yang dilakukan tiap hari

Sebalum menerapkan gerakan 10.000 langkah tiap hari, kamu juga harus tahu dulu seberapa banyak langkah yang umum kamu lakukan tiap harinya. Untuk rata-rata langkah yang dilakukan mayoritas orang yakni 3.000 sampai 4.000 langkah tiap harinya. Namun, angka ini dapat sangat berbeda bergantung dari seberapa banyak aktivitas yang dilakukan. Agar kamu bisa tahu jumlah langkah kamu tiap harinya, maka kamu bisa gunakan pedometer.

Penggunaan pedometer biasanya adalah dengan disemat pada bagian pinggang. Alat ini kemudian akan bisa hitung otomatis jumlah langkah yang sudah kamu lakukan tiap hari. Pakai pedometer setidaknya 3 hari sehingga kamu bisa ukur aktivitas yang biasa dilakukan secara rata-rata. Di tahap ini lakukan aktivitas secara normal sehingga perhitungannya bisa tepat sehingga nanti bisa diketahui harus menambah berapa langkah.

Kalori terbakar dengan 10.000 langkah

Perlu diketahui jika mereka yang bisa melakukan gerakan berupa 10.000 langkah tiap harinya maka bisa membakar sampai 3.500 kalori dalam seminggu. Ini sudah diteliti oleh American Council on Exercise sehingga hasilnya pun pastinya valid. Saat kamu bisa membakar kalori sebanyak itu, maka pastinya lemak di tubuh pun akan bisa berkurang. Meski demikian, asupan makanan juga perlu diperhatikan lagi sehingga jika kamu ingin turun berat badan maka bisa lebih cepat.

Penerapan gerakan 10.000 langkah tiap hari

Jika jumlah langkah kakimu rata-rata adalah 5.000 langkah (bisa kurang atau lebih), maka tambah langkah kaki menjadi dua kali lipatnya. Tambah 5.000 langkah lagi sehingga bisa capai target yakni 10.000 langkah. Tidak perlu satu kali aktivitas, tapi bisa dibagi waktu seharian.

Baca Juga Manfaat Olahraga Jalan Kaki yang Sering Kamu Lupakan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Fakta-Fakta Seputar Miss V yang Wajib Diketahui Para Wanita

Mengulas masalah organ intim wanita memang seolah tak