Jamu menjadi minuman khas Indonesia yang dibuat dengan bahan-bahan berupa tanaman herbal alam dan rempah. Dengan berbagai khasiat yang dimilikinya, tidak heran jika jamu memberikan manfaat kesehatan yang sudah tidak diragukan lagi. Namun tak hanya kesehatan saja, karena jamu juga memberikan manfaat untuk kecantikan lho.

Tentu kamu tahu jika jamu bukanlah minuman yang sembarangan. Hal ini lantaran bahan yang dipilih untuk membuat jamu juga bukan bahan biasa. Berikut ini beberapa jamu tradisional Indonesia dengan ragam khasiat yang dimilikinya.

1. Kunyit asam

Minuman tradisional berupa kunyit asam sudah sangat dikenal luas oleh masyarakat. Banyak yang menyebut jika kunyit asam ini bisa pancarkan kecantikan alami seorang wanita. minuman ini pun dipercaya mampu turunkan berat badan, detoks racun dari tubuh, melancarkan haid, mencegah nyeri kala haid hingga redakan peradangan.

Bahkan dengan minum kunyit asam secara rutin, maka bau badan akan hilang serta kulit pun akan bisa nampak lebih awet muda dan bersih. Alasannya adalah karena kunyit asam mengandung vitamin berupa A dan C dimana bisa menjadikan kulit menjadi bersih dan bercahaya serta bisa terhindar dari jerawat. Sedangkan dalam hal menghilangkan bau badan, ada juga kandungan minyak atsiri sehingga produksi keringat bisa terkontrol dan bantu lawan bau badan.

2. Beras kencur

Umumnya beras kencur ini disukai semua kalangan karena rasanya yang manis dan menghangatkan badan. Selain bisa segarkan badan, beras kencur pun baik untuk diminum wanita lantaran bisa memberi efek dalam mengatasi masalah jerawat, jadikan kulit lebih kencang dan cerah sampai membantu membentuk tubuh untuk bisa tetap ramping.

3. Jamu pahitan

Sesuai namanya, jamu pahitan memang rasanya sangat pahit. Tapi jangan salah karena manfaat yang dibawanya sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Jamu ini biasa terbuat dari sambiloto, lempuyang, meniran, serai, brotowali dan masih banyak lagi rempah lainnya dimana hampir semuanya memberikan rasa pahit. Manfaat jamu pahitan ini adalah untuk lancarkan peredaran darah serta bisa mencegah jerawat. Bagi yang memiliki masalah gatal di kulit, maka jamu pahitan ini juga cocok untuk diminum.

4. Kunci sirih

Selanjutnya ada jamu kunci sirih dimana menjadi ramuan tradisional yang sudah melegenda. Manfaatnya juga sangat banyak yakni mengurangi keputihan, atasi bau tak sedap, organ kewanitaan menjadi rapat, hingga mampu cegah peradangan. Jika kamu tertarik membuatnya sendiri maka bisa dengan mengolah daun siri dan temu kunci ditambah gula merah. Jika ingin lebih terasa lagi, maka bisa ditambah dengan kencur, kunyit, kayu manis, jahe hingga serai.

5. Sinom

Umumnya sinom banyak dikonsumsi usai meminum jamu pahit. Bahan pembuatan sinom yakni daun asam jawa muda yang disebut sinom, kunyit, temulawak, kapulaga hingga kayu manis dan gula merah sehingga rasanya jadi lebih manis. Manfaat yang dibawa jamu sinom juga lumayan banyak yakni dengan membantu proses detoks di tubuh, kulit bebas jerawat hingga mencerahkan kulit. Anda pun bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah karena bahannya mudah didapatkan.

Baca Juga Manfaat Kesehatan Menakjubkan Dari Jahe

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Meskipun Harga Murah Meriah Tetapi Tau Ngak Sih Kosmetik KW Itu Jorok dan Ilegal? Yakin Masih Mau Beli?

Bagi wanita, kosmetik mungkin menjadi salah satu alat