Buah timun kerapkali dikonsumsi secara mentah untuk lalapan, dimasak menjadi acar, bahan campuran salad dan makanan lainnya. Timun juga kerap ditambah di air dingin untuk infused water hingga jadi bahan pembuatan es. Namun, selain segar untuk disantap timun pun juga kaya akan manfaat kecantikan lho. Tentu kamu sudah familiar sekali bahwa timun kerap dipakai untuk bahan kompresan mata sehingga kulit pada area mata lebih lembab dan segar.

 

Ternyata manfaat ini bisa didapatkan karena timun mengandun air dan antioksidan tinggi lho. Ya, hampir 95% kandungan di dalam timum adalah air. Selain itu, timun pun juga mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin hingga antioksidan. Wah, ternyata banyak sekali kandungan timun yang baik untuk kesehatan ya ladies. Nah, untuk mengenal manfaat timun lebih dalam maka berikut ini ulasannya.

 

Menurunkan berat badan

Kabar gembira untuk semua wanita dimana timun bisa membantu kamu dalam usaha untuk menurunkan berat badan lho. Ini karena kadar air tinggi serta kalori rendah di timun sehingga kamu bisa menjadikannya camilan super sehat. Bahkan studi sudah menunjukkan jika konsumsi sayur dengan kandungan air dan juga rendah kalori layaknya timun bisa bantu untuk turunkan berat badan lho.

 

Melancarkan pencernaan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika timun mengandung air yang tinggi dan juga serat. Ini penting banget untuk pencernaan kamu. Jika kamu ada masalah dengan konstipasi ringan, maka bisa mengupayakannya dengan menyantap timun. Baiknya kamu menyantap timun dalam kondisi segar sehingga bisa lebih nikmat.

 

Jaga kesehatan tulang

Ternyata timun juga bisa menjaga kesehatan tulang lho. Alasannya adalah karena timun mengandung vitamin K dimana secangkir timun yang utuh dengan masih ada kulit bisa cukupi 20% kebutuhan dalam memenuhi vitamin K harian kamu. Ini karena beberapa penelitian menunjukkan jika rendahnya vitamin K berhubungan dengan osteoporosis.

 

Memperlambat rusaknya sel

Efek radikal bebas di era modern ini memang menyeramkan. Yuk konsumsi timun untuk bisa membantu memperlambat kerusakan sel. Ini karena kandungan antioksidan tinggi di timun sehingga bisa bantu turunkan risiko penyakit karena radikal bebas misalnya jantung, alzheimer hingga kanker.

 

Bermanfaat untuk kecantikan

Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan manfaat timun yang dekat sekali dengan kecantikan. Ya, ini dibuktikan dengan banyaknya penggunaan timun untuk fungsi kecantikan hingga produk kecantikan dengan kandungan timun. Ini karena timun amat membantu untuk kesehatan kulit karena kandungan asam pantotenat, vitamin C hingga anti radang. Selain itu, menempelkan timun ke mata juga bisa sangat bermanfaat lho misalnya untuk mengatasi bengkak di area mata dan juga mencegah kerutan.

 

Untuk bisa dapatkan sensasi segar dari timun, maka kamu bisa menyimpan timun di kulkas sebelum disantap atau sebelum dipakai. Jika ingin digunakan untuk mengompres mata, maka baiknya kamu iris bagian kulitnya sehingga tidak ada sisa pestisidanya yang bisa iritasi mata. Kompres mata 15 menit lalu kamu bisa berbaring sambil rileks. Selain pemakaian kompres di mata, kamu juga bisa konsumsi jus timun untuk mendapatkan manfaat maksimalnya.

 

Baca Juga :

Hey Ladies, Yuk Siapkan Toner Mentimun Untuk Mengatasi Teriknya Panas Matahari

Perawatan Wajah Mentimun Buatan Sendiri Untuk Kulit Bercahaya yang Harus Kamu Coba

Jangan Ragu Lagi, Yuk Gunakan Mentimun Untuk Perawatan Kulit Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

3 Fakta Nutrisi Ini Adalah Mitos, Jangan Percaya!

Mitos tentang nutrisi telah beredar luas dan dipercaya