Ketika kamu diberi tahu oleh dokter jika kamu memiliki kadar kolesterol tinggi, maka jangan anggap sepele hal ini. Ini karena kolesterol sendiri bisa menjadi pintu awal beragam masalah kesehatan lain yang mengerikan lho. Jika sudah demikian, maka berusahalah untuk bisa menurunkan kadar kolesterolmu dengan pola hidup yang baik dan berbagai makanan sehat.

 

Mengenal kolesterol dengan lebih dalam

Kolesterol sendiri merupakan lemak yang ada di semua bagian organ tubuh. Koleterol sendiri dibutuhkan dengan jumlah yang kecil untuk bisa hasilkan hormon, vitamin D hingga zat penting yang lainnya. Kolesterol bia dibagi menjadi LDL dan HDL.

 

LDL umumnya disebut dengan kolesterol jahat dimana menjadikan penumpukan di saluran peredaran darah yang bisa menjadikan plak. Selanjutnya plak ini akan bisa sebabkan penyumbatan untuk pembuluh darah sehingga bisa menimbulkan penyakit lain. Penyakit yang paling sering terjadi yakni serangan jantung dan stroke. Sedang HDL dianggap menjadi jenis kolesterol yang baik dimana membawa lemak dari bagian tubuh menuju ke bagian hati.

 

Ada beberapa hal yang bisa memberikan pengaruh di kadar kolesterol tubuh mulai dari konsumsi makanan yang tinggi dengan lemak jenuh dan juga kolesterol tinggi, diet tertentu hingga aktivitas fisik yang kurang. Untuk itulah kamu membutuhkan konsumsi makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterolmu. Apa saja makanan ajaib itu? Berikut ini rekomendasinya.

 

Pisang

Pisang menjadi sumber serat yang akan bisa berguna untuk bisa turunkan kadar LDL yang ada di tubuh. Pisang pun juga menadi sumber kalium sehingga bisa berguna untuk dapat menurunkan kadar natrium di orang yang mempunyai riwayat penyakit darah tinggi.

 

Minyak zaitun

Kandungan baik yang ada di minyak zaitun yakni lemak tak jenuh tunggal serta vitamin E dimana bisa membantu untuk menurunkan kadar LDL yang ada di tubuh. Minyak zaitun bisa dipakai menjadi campuran salad ataupun mengganti minyak goreng kamu saat memasak.

 

Ikan salmon

Siapa yang tak mengenal ikan sehat yang satu ini? Ya, ikan salmon sendiri berguna sekali untuk menurunkan LDL di darah dan juga tingkatkan HDL di tubuh. Konsumsi ikan salmon pun akan bisa berikan efek kesehatan misalnya memperkuat organ jantung. Ini karena salmon mempunyai kandungan DHA dan juga EPA.

 

Alpukat

Selain dimakan langsung, alpukat juga bisa kamu konsumsi dengan salad, sop  buah dan lainnya. Alpukat juga banyak dimanfaatkan sebagai menu diet karena bisa berikan efek kenyang. Alpukat sendiri mempunyai kandungan berupa asam lemak tunggal tak jenuh dimana bisa berfungsi untuk tingkatkan HDL dan menurunkan LDL. Tapi karena kalorinya yang banyak, maka konsumsi alpukat juga harus dibatasi.

 

Kacang kedelai

Saat ini sudah banyak olahan yang sumbernya dari kacang kedelai misalnya susu kedelai, tempe, hingga jenis makanan lain. Kacang kedelai sendiri memiliki kandungan isoflavin dimana bisa menekan LDL agar tak berkembang di tubuh. Kamu bisa konsumsi secara rutin untuk menjadikan makanan yang kamu asup menjadi bergizi dan seimbang. Untuk pengolahannya, gunakan minyak zaitun dibandingkan pemakaian minyak goreng sehingga dipastikan kesehatannya.

 

Baca Juga :

Fakta Mengejutkan Tentang Kolesterol yang Wajib Kamu Ketahui Sekarang Juga

Hindari Kebiasaan Buruk Ini untuk Menjaga Kadar Kolesterol Kamu

Jika Level Kolesterol Dalam Tubuhmu Tinggi, Kamu Bisa Menurunkannnya Dengan Melakukan Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ternyata Makanan Ini Yang Menyebabkan Sembelit Saat Puasa

Ternyata Makanan Ini Yang Menyebabkan Sembelit Kala Puasa